Apa Perbedaan Spooring dan Balancing? Ini Pengertiannya

perbedaan spooring dan balancing - Lifepal

Perbedaan spooring dan balancing perlu diketahui oleh setiap pemilik kendaraan. Khususnya pemilik kendaraan roda empat. 

Meskipun sama-sama merupakan servis dalam hal ban, tapi perbedaan keduanya sebenarnya sangat jelas terlihat.

Istilah spooring dan balancing umumnya kita temui pada toko ban mobil atau saat pengecekan ban di bengkel resmi. Untuk mengetahui lebih lanjut apa perbedaan spooring dan balancing, berikut ini ulasannya.

Apa perbedaan spooring dan balancing pada mobil?

Untuk mengetahui beda spooring dengan balancing, kamu perlu memahami definisi dari masing-masing istilah tersebut. Berikut penjelasannya.

Pengertian spooring

Secara umum, spooring adalah proses menyetel sudut kemiringan roda dari caster dan camber pada bagian kaki-kaki yang terhubung dengan velg. 

Pada spooring, akan dilakukan setting ulang angka standar pabrik pada sudut toe dan chamber. Proses ini akan mengembalikan setelan kaki-kaki pada mobil sesuai produksi. 

Banyak profesional merekomendasikan kalau spooring sebaiknya dilakukan rutin setiap 20.000 km. Dengan perawatan yang rutin, tentu mobil akan memiliki performa yang baik dan tahan lama.

Pengertian balancing

Sedangkan, balancing mobil adalah suatu proses memperlancar putaran roda dengan menyamakan berat seluruh roda. 

Setelah mengganti ban atau velg, mobil perlu di-balancing agar putaran bannya tetap seimbang. Balancing biasanya dilakukan pada mobil tua karena kebanyakan mobil tua memiliki ban yang tidak rata.

Ada cara balancing ban mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Akan tetapi, kalau belum ahli, sebaiknya balancing dilakukan di bengkel untuk menghindari kerusakan ban mobil.

Tanda-tanda mobil perlu spooring dan balancing

Beda spooring dan balancing sebenarnya cukup signifikan. Tapi, keduanya sama-sama dianjurkan untuk dilakukan secara berkala. 

Kedua proses ini sebaiknya dilakukan secara berkala maksimal 20 ribu km. Namun, jika jalur yang sering dilalui jalanan rusak maka sebaiknya lebih cepat, yaitu setiap 10 ribu km. 

Kamu juga bisa melakukannya ketika ban mobil kamu sudah menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan saat berkendara. Jika hal ini terjadi, maka segera bawalah ke bengkel. Berikut ini tanda-tandanya:

1. Ban tampak miring

Salah satu ciri ban perlu melakukan spooring dan balancing adalah kondisi ban yang tampak aus dan tidak rata. Hal ini akan sangat terlihat saat mobil dalam kondisi diparkirkan di permukaan datar dan ban terlihat miring.

2. Mobil sulit berbelok atau belok sendiri

Tanda lainnya, saat dikendarai mobil akan terasa berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan, atau selalu bergerak ke arah tertentu.

Selain itu, saat mobil dibelokkan, setir tidak mau kembali berputar ke posisi semula meski sudah dilepaskan. Ini dipengaruhi oleh kondisi ban yang aus.

3. Setir mobil bergetar

Kamu juga akan merasakan tanda berupa setir bergetar sendiri pada kecepatan tertentu. Penyebab setir mobil bergetar karena roda depan berkaitan langsung dengan mekanisme kemudi

4. Ban belakang tidak sejajar

Selain itu, ban bagian depan mobil juga akan tampak tidak sejajar lurus dengan bagian belakang. Ini disebabkan oleh kondisi ban belakang yang bergeser atau tidak presisi dari tempatnya semula.

Biaya spooring dan balancing

Perbedaan spooring dan balancing juga dapat dilihat dari biayanya. Biaya ini juga tergantung pada jenis mobil serta bengkel yang menyediakan jasa. 

Biaya spooring mobil sendiri dapat berubah-ubah berdasarkan promo yang ditawarkan saat melakukan spooring dan balancing. Namun, untuk kisaran harganya sendiri masih sangat terjangkau, ya. 

Untuk tarif spooring pada mobil kecil, seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Suzuki Karimun, dan juga Toyota Agya berkisar antara Rp150-175 ribu per roda. 

Lalu, untuk mobil berukuran besar, seperti Toyota Alphard, Pajero, dan Outlander adalah sekitar Rp200 ribu per roda. Sedangkan untuk tarif balancing pada umumnya dikenakan Rp10-45 ribu per roda. 

Jika kamu melakukan spooring dan balancing secara bersamaan, maka harganya berkisar antara Rp225-250 ribu per roda.

Kapan perlu melakukan spooring dan balancing?

Waktu spooring balancing sebaiknya dilakukan saat sudah mengalami tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas. 

Akan tetapi, selain itu, spooring dan balancing juga perlu dilakukan kalau mobil sudah dipakai berkendara sampai jarak tertentu. 

Disarankan untuk melakukan spooring dan balancing ban mobil jika jarak tempuh mobil sudah mencapai 20.000 km. Hal ini bisa dicek pada odometer mobil.

Kalau kamu sering menggunakan mobil untuk berkendara di jalanan yang rusak, maka akan lebih baik lagi kalau spooring dan balancing dilakukan secara rutin setiap 10.000 km.

Bengkel spooring balancing terbaik di Jakarta

Apabila kamu perlu melakukan spooring dan balancing ban mobil, sebaiknya kunjungi bengkel terdekat. 

Karena, teknisi bengkel pasti lebih ahli dan sudah tahu cara spooring mobil maupun balancing yang paling sesuai dengan kondisi ban. Berikut ini lokasi terdekat di sekitar wilayah Jakarta.

Spooring dan balancing di Jakarta Barat

No.Nama BengkelAlamatNo. Telepon
1.Berkat BanJalan Permata Taman Palem Blok B3 No. 35, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat(021) 54369956
Jl. Tambora IV No.28D, RW.1, Tambora, Kec. Tambora, Jakarta Barat.(021) 6347123
2.Bina BanJl. Tanjung Duren Raya No.27, RT.1/RW.5, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Jakarta Barat.(021) 5672400
3.Ichiban Tyre & AutoserviceJl. Kb. Raya 2 No.25, RT.7/RW.7, Duri Kepa, Kec. Kebon Jeruk, Jakarta Barat(021) 5674323
4.Kedoya Raya Ban & MotorJl. Kedoya Raya No.29, Kedoya Selatan, Kec. Kebon Jeruk, Jakarta Barat.(021) 5810380
5.Subur BanJl. Tanjung Duren Raya No.113, RT.1/RW.4, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Jakarta Barat.(021) 5670209
6.Velindo BanJl. Daan Mogot KM. 11 No.43, Kedaung Kali Angke, Kec. Cengkareng, Jakarta Barat.(021) 5451122
Jl. Daan Mogot Rd No.75, RT.5/RW.1, Jelambar, Kec. Grogol petamburan, Jakarta Barat.(021) 5673201

Spooring dan balancing di Jakarta Timur

No.Nama BengkelAlamatNo. Telepon
1.AFJ MotorsportJl. Jend. Basuki Rachmat No.1 No. 40, RT.3/RW.2, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur.(021) 8620770
2.Autobacs KalimalangJl. Inspeksi Kalimalang Blok E/4A, RT.2/RW.16, Duren Sawit, Jakarta Timur.(0811) 9180123
3.Auto BravoJl. Raya Jakarta-Bogor No.KM. 19 No. 25, RT.3/RW.10, Kp. Tengah, Kec. Kramat jati, Jakarta Timur.(021) 80878058
4.Banzai RimsJl. Kolonel Sugiono No.20, RT.2/RW.3, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur.(0811) 96212460
5.Espede Ban RawamangunJl. Pemuda No.11, RW.4, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur.(021) 4701054
6.Pemuda BanJl. Pemuda No.298, RT.3/RW.1, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur.(021) 4713864
7.Remaja Adijaya BanJl. Raya Pd. Gede No.6, RT.6/RW.1, Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Jakarta Timur.(021) 8408615
8.Trijaya Ban 83Jl. Otista Raya No.83, RW.9, Bidara Cina, Kec. Jatinegara, Jakarta Timur.(021) 8198681

Spooring dan balancing di Jakarta Utara

No.Nama BengkelAlamatNo. Telepon
1.Arema BanJl. Gedong Panjang II No. 3, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.(021) 6907108
2.Paramita Ban Cabang SunterJl. Griya Utama No.22, RT.3/RW.5, Sunter Agung, Tj. Priok, Jakarta Utara.(021) 22656212
3.Shell Helix Autocare Mentari BanJl. Terusana Bandengan Utara No.1, Pejagalan, Penjaringan, RT.6/RW.16, Pejagalan, Jakarta Utara.(021) 6612519
4.Start Tire ServiceJl. Muara Karang Raya No.243, Pluit, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara.(021) 6697420
5.TireZone Citra Jaya BanJl. Muara Karang No.133, RT.20/RW.2, 12, Pluit, Jakarta Utara.(021) 6631144

Spooring dan balancing di Jakarta Selatan

No.Nama BengkelAlamatNo. Telepon
1.1 Station Lebak BulusJl. Lebak Bulus Raya No.27, RT.10/RW.7, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Jakarta Selatan.(021) 75918611
2.Andala Autocare Jl. Radio Dalam Raya No.F1, RT.5/RW.4, Gandaria Utara, 

Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan.

(021) 7252358
Panglima Polim St No.62, RT.3/RW.5, Pulo, Kby. Baru, Jakarta Selatan.(021) 7247782
3.Maharaja BanJl. Warung Buncit Raya Pulo No.405, RT.10/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan.(021) 7983939
4.Megah Warna BanJl. Warung Buncit Raya No.7, RT.12/RW.9, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan.(0812) 9066131
5.Surya Aneka BanJl. Gandaria 1 No: 40, Jl. Gandaria 1 No.40, RT.1/RW.10, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan.(021) 7394391

Spooring dan balancing di Jakarta Pusat

No.Nama BengkelAlamatNo. Telepon
1.Espede Ban Sawah BesarJl. Sukarjo Wiryopranoto, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat.(021) 3453272
2.Bengkel Mobil Sinar BahagiaJl. Gn. Sahari No.60-63, RT.2/RW.1, South Gunung Sahari, Kemayoran, Jakarta Pusat.(021) 4208314
3.Saputra BanJl. KH. Hasyim Ashari No.9, RT.6/RW.8, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.(021) 6329187
4.Start Tire ServicePecenongan St No.25, RT.1/RW.4, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat.(021) 3440680
5.TS BANJl. Pecenongan No.4A, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat.(0816) 708044

Berapa lama pengerjaan spooring balancing?

Durasi pengerjaan spooring balancing di bengkel tidak memakan waktu yang terlalu lama. Untuk spooring dan balancing empat ban, durasinya sekitar 20-30 menit.

Kalau ban yang melalui proses spooring dan balancing lebih sedikit, maka durasinya bisa lebih cepat. Selain itu, bengkel yang kamu datangi juga akan mempengaruhi durasi ini.

Tapi, perlu diperhatikan bahwa durasi ini hanya berlaku apabila tidak ada antrian panjang di bengkel. Jika teknisi bengkel perlu melayani banyak pelanggan, kamu mungkin perlu menunggu lebih lama.

Fungsi spooring dan balancing

Ada juga perbedaan dari segi fungsi atau manfaat spooring dan balancing. Secara garis besar, fungsi spooring adalah menjaga kestabilan kendaraan, seperti: 

  • Membuat kemudi menjadi ringan
  • Menimbulkan gaya putar kembali setelah belok
  • Mencegah kendaraan belok sendiri saat kemudi dilepas
  • Mengurangi keausan pada bagian-bagian ball-joint dan roda
  • Sementara, balancing memiliki fungsi lain. Fungsi dari balancing pada mobil adalah sebagai berikut: 

  • Menyeimbangkan kembali semua ban mobil
  • Memastikan apakah ban sudah seimbang pada titik pusat rodanya atau belum
  • Pentingnya asuransi kendaraan

    Tips dari Lifepal! Meskipun biaya spooring dan balancing kendaraan masih relatif terjangkau, namun tidak ada salahnya kamu mengasuransikan kendaraanmu. Pahami tentang asuransi mobil di video berikut.

    Masih ada banyak perbaikan lainnya yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kondisi mobil tetap baik, apalagi jika komponen mobil mengalami kerusakan. Tentunya biaya perbaikan ini bervariatif.

    Asuransi mobil bisa menanggung biaya perbaikan dan perawatan mobil yang kamu butuhkan. Apalagi, kalau menggunakan jenis asuransi mobil all risk, manfaat pertanggungannya mencakup kerusakan ringan hingga berat.

    Nah, kalau sudah pakai asuransi mobil, akan ada premi yang harus kamu bayarkan secara berkala. Coba hitung perkiraan preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

    FAQ seputar perbedaan spooring dan balancing

    Perbedaan spooring dan balancing sebenarnya cukup signifikan. Spooring adalah proses menyetel sudut kemiringan roda dari caster dan camber pada bagian kaki-kaki yang terhubung dengan velg. Fungsinya untuk menjaga kestabilan kendaraan. 

    Sementara, balancing adalah proses memperlancar putaran roda dengan menyamakan berat seluruh roda. Tujuan balancing adalah menyeimbangkan titik pusat roda mobil.

    Sesuai namanya, asuransi all risk adalah jenis asuransi mobil yang menanggung segala bentuk risiko. Pertanggungan jenis asuransi mobil ini lebih komprehensif, menanggung kerusakan ringan dan berat, hingga kehilangan akibat pencurian mobil.