Perhatikan Hal-hal Ini Agar Mudah Mendapatkan Pekerjaan di Jepang

kerja di jepang

Jepang memang punya daya tarik tersendiri bagi banyak orang. mulai dari anime, gundam atau idol grupnya. Tak menutup kemungkinan lowongan kerja di Jepang menjadi incaran juga bagi yang menyukai negeri yang satu ini. 

Selain menikmati musim semi di Jepang, mimpi untuk memiliki pekerjaan di negeri sakura itu pun jadi mimpi banyak orang. Sistem kerja menarik, lingkungan yang produktif, dikelilingi teknologi paling canggih. 

Siapa yang bisa menolak bekerja di Jepang? Jika kamu juga sama, sangat ingin bekerja di Jepang. Lifepal bakal bantu kamu buat mempersiapkannya dari sekarang. Seperti member AKB48, yang menjadikan idol grup tersebut sebagai batu pijakan awal. 

Maka untuk memulai bekerja jauh dari negara kelahiranmu. Ada baiknya pelajari dulu ke mana nih jenjang kariernya.  Kanal dan profesi apa saja yang jenjang kariernya jelas. 

Sebenarnya sama aja sih kayak kamu bekerja di negeri sendiri. Jadi biar gak buang-buang waktu di Jepang, biar gak cuma sebentar doang meniti karir di sana. Carilah jenjang karier yang jelas minimal buat 10 tahun ke depan. 

Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan, biar direkrut jadi karyawan dan kerja di Jepang. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Pelajari Bahasa Jepang

Kuasai dulu bahasa Jepang sebelum berlama-lama di Negeri Sakura dengan mengambil kurus atau les bahasa. Jangan tahunya hanya “Nani” dan “yakiniku” saja. Minimal pelajarilah bahasa keseharian mereka yang selalu digunakan untuk berdialog.

Bagi kamu yang ngefans AKB48, anime atau masakan Jepang biasanya sih hafal kata-kata dasar percakapan dalam bahasa mereka. Jika mau serius, kamu bisa lho mengikuti JLPT alias Japan Language Proficiency Test. 

Ujian tersebut kayak TOEFL buat bahasa Inggris. Nah, seenggaknya kamu harus mencapai level JLPT N2 yaitu level mengerti percakapan atau berita dalam kecepatan normal.

Kerja dengan Perusahan Jepang di Indonesia

Kamu bisa mencoba trik ini, dengan melamar kerja di perusahaan Jepang di Indonesia. Mungkin kamu akan lebih mudah diterima jika bekerja di sini. Walau begitu, kesempatan kamu untuk bekerja di Jepang jauh lebih besar.

Pada umumnya, perusahaan asli Jepang di Indonesia pasti bakal meminta karyawan terpercayanya untuk bekerja di negara yang terkenal dengan kartunnya ini untuk membangun perusahaan Jepang dengan sumber daya manusia dari Indonesia. Bisa jadi dia lebih percaya kamu untuk membangun bisnisnya.

Sebagai contoh, kamu bisa mencoba bergabung jadi member JKT48. Idol member asli Jepang ini, selain membuatmu tenar di Indonesia, juga berpeluang mengajakmu bekerja dengan mereka di Jepang langsung. Tentunya apapun itu, kamu harus serius menjalaninya agar semua mimpi itu tercapai.

Sebuah kesempatan besar untuk bisa meningkatkan kualitas kamu dengan bekerja di Jepang. Dipercaya oleh orang Jepangnya langsung, mimpi apa coba semalam jika benar kejadian seperti ini.

Tipis-tipis mencoba magang terlebih dahulu

Kamu bisa loh cobain magan di perusahaan Jepang. Kesempatan ini bisa kamu raih lewat bantuan Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) di Indonesia. Ini karena Depnaker bekerja sama dengan IMM-Japan yang bisa ngasih kamu kesempatan jadi karyawan di perusahaan Jepang. Walaupun hanya magang, satu kali pengalaman ini tentu jadi kesempatan yang sangat bagus.

Bukan hanya itu saja, untuk magang lewat jalur IMM-Japan kamu tak perlu berpendidikan tinggi. Cukup lulusan SMA, biasanya bisa, karena pekerjaannya berkaitan dengan pabrik, peternakan, atau pertanian. Misalnya saja operator mesin atau teknisi.

Bisa jadi modal pula kelak jika kamu sudah lulus kuliah dan ada tawaran bekerja di Jepang. Kamu pasti dipertimbangkan karena pernah magang di Jepang, sudah paham kultur kerjanya, bahasanya dan sudah pernah kerja jauh dari Indonesia. Ayo buat kamu yang masih menunggu skripsi, bisa loh dicoba.

Cari sekolah di Jepang

Agak repot memang dengan jalur ini, karena jalannya bakal panjang banget. Hal ini karena prosesnya cukup panjang yaitu dengan mencari sekolah di Jepang. Nantinya administrasi kamu bakal diurus kantor.

Nantinya setelah lulus kamu bakal lebih mudah untuk bekerja di Jepang. Satu karena punya ijazah sana, kedua ya administrasinya lebih mudah karena sudah diurus oleh oleh perusahaan tempat kamu bekerja nanti. 

Kamu bisa minta bantuan tempat kamu sekolah untuk menghubungkan kamu dengan perusahaan Jepang. Atau kamu bisa mencarinya langsung dari situs pencarian kerja di sana. 

Persunting orang Jepang

Ini sih cara yang paling bagus karena yang kamu dapatkan bisa dua sekaligus. Selain bisa mengejar mimpi bekerja di Jepang, kamu juga punya pasangan orang sana. 

Jadi sekaligus, kamu punya rencana jangka panjang di Jepang. Kamu tidak perlu memikirkan balik ke Indonesia setiap hari, karena selalu ada orang yang dekat di Jepang. Toh bisa jadi penyemangat kamu secara langsung, agar makin rajin mencari nafkah di negeri sakura.

Mencoba program careworker

Jika kamu tahu, beberapa waktu terakhir banyak sekali loh tawaran untuk orang luar menjaga lansia di Jepang. Ya, kita tahu bersama orang Jepang ini punya umur yang di atas rata-rata, sehingga jumlah lansia mereka terus bertambah dan banyak sekali.

Untuk itu Jepang membuka program Kaigofukushishi dan kangoshi untuk membantu mereka merawat lansia. Kamu akan merawat mereka baik di rumah pribadi, sampai di panti jompo. Program Kaigofukushishi bisa diikuti oleh kamu yang belum punya pengalaman atau fresh graduate. Sedangkan kangoshi khusus bagi perawat. 

Walaupun tidak banyak syarat, minimal banget bahasa Jepang kamu sudah sangat dikuasai ya. Namanya merawat orang tua, kita harus lebih banyak peka dan paham mau mereka. Tentunya dengan paham bahasa mereka dong.

Guru Bahasa Inggris

Jika kamu mempunyai modal bisa bahasa Jepang dan Inggris sekaligus bisa lho mencari pekerjaan di Negeri Sakura ini. Maka kamu bisa menawarkan diri menjadi guru bahasa Inggris bagi orang Jepang. 

Di Jepang memang mayoritas masyarakatnya lebih mengandalkan bahasa mereka ketimbang bahasa asing lainnya seperti bahasa Inggris. Oleh karena itu beberapa perusahaan internasional di Jepang biasanya membutuh guru bahasa Inggris.

Untuk memudahkan mencari pekerjaan tersebut, kamu bisa buka situs GaijinPot, Jobs in Japan, dan Daijob. Kamu tinggal menulis resume dan CV maka tariklah perhatian banyak perusahaan Jepang

Jadi sukarelawan

Jepang adalah negara yang sering sekali menggelar event besar atau ada peristiwa akbar. Untuk itu biasanya akan ada banyak dibutuhkan sukarelawan di beberapa event internasional di Jepang. Kamu bisa mendapatkan info ini dari grup-grup pecinta Jepang dan lain-lain.

Pengalaman bekerja bareng orang Jepang, di perusahaan Jepang tentu jadi pengalaman yang sangat berharga. Ini bakal jadi background yang bagus dan menjual untuk diterima bekerja di Jepang. 

Jadi sukarelawan tentunya tidak sukarela sukarela banget. Pasti ada komisi yang diberikan kepadamu untuk sedikit tambahan jajan. Tapi walaupun tak diberi komisi, minimal kamu sudah punya pengalaman berharga bekerja bareng di Jepang. 

Itulah beberapa kesempatan yang terbuka untuk kamu agar bisa merasakan bekerja di Jepang. Jepang merupakan negara yang indah dan sangat bagus untuk bekerja maupun belajar. Keuletan warganya, keindahan kotanya, dan kemajuan teknologinya sangat bagus untuk mengembangkan diri. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →