Lumpuh dan Tuli, Wanita Ini Sukses Jadi Orang Terkaya ke-9 di Turki

Suna Kıraç (sondakika.com)

Dalam dunia bisnis, nama Suna Kirac memang sudah tak asing lagi. Apalagi soal perjuangannya menjadi seorang miliarder sukses di balik kekurangan yang ia miliki.

Miliarder asal Turki ini menderita penyakit langka, yaitu Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) yang dideritanya sejak tahun 2000. Penyakit tersebut terbilang serius dan bahkan dapat menyebabkan pelemahan otot yang dapat memicu kecacatan hingga kematian.

Meski begitu, wanita berusia 77 tahun ini terus berjuang melawan penyakitnya dan bahkan sukses menjadi seorang miliarder dengan kekayaan mencapai US$ 1,4 miliar atau sekitar Rp 20,2 triliun menurut Forbes.

Gak usah berlama-lama, mending langsung aja yuk simak perjalanan Suna Kirac menjadi seorang miliarder di tengah perjuangannya melawan penyakit mematikan ini.

Mengenal sosok Suna Kirac

suna-kirac
Mengenal sosok Suna Kirac (artfulliving)

Suna Kirac lahir di Ankara Turki pada tahun 1941. Ketertarikannya dalam dunia bisnis memang sudah diturunkan dari sang ayah, yaitu Vehbi Koc yang merupakan seorang pendiri Koc Holding.

Koc Holding merupakan salah satu perusahaan besar di Turki yang bergerak di bidang energi, otomotif, makanan, dan keuangan.

Tak bisa dipungkiri, Kirac memang tumbuh menjadi anak orang kaya yang sangat dimudahkan oleh harta orangtuanya. Ya, namanya juga anak bungsu dari pengusaha kaya dan ternama.

Meski begitu, sejak kecil Kirac sudah dikenal senang menantang dirinya sendiri untuk menjadi sosok yang produktif.

Dia juga tidak menggunakan fasilitas yang diberikan oleh orangtuanya lho. Berbeda banget dengan kebanyakan anak orang kaya lainnya.

Saat kuliah, Kirac memilih untuk fokus di bidang perbankan dan keuangan. Ia pun kemudian pertama kali kerja di Vehbi Koc tahun 1960 sebagai asisten.

Setelah lima tahun bekerja, Kirac mendapat promosi dan berhasil menjadi seorang sekretaris di perusahaan tersebut.

Di tahun 1980, Kirac ditunjuk menjadi wakil presiden direktur oleh dewan direksi perusahaan. Sejak saat itu, ia pun menjabat di berbagai posisi di anak perusahaan Koc Holding, baik sebagai presiden maupun dewan.

Peduli pendidikan dan berjiwa sosial

suna-kirac
Peduli pendidikan dan berjiwa sosial (gazeteekonomi)

Kesuksesannya di dunia bisnis gak membuat Kirac lantas melupakan dunia pendidikan. Bahkan, secara pribadi ia mendanai konstruksi Suna Kirac Hall di Robert College.

Gak cuma itu aja, ia juga mendirikan berbagai yayasan, di antaranya Koc Ozel dan juga Koc University.

Bahkan bersama sang suami, Inan Kirac, ia mendirikan Pera Museum yang memamerkan berbagai barang antik dan lukisan oriental.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Terserang penyakit mematikan

suna-kirac
Terserang penyakit mematikan (businessht)

Di tengah kariernya yang sedang menanjak, Kirac justru terserang penyakit mematikan, yaitu Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) yang melumpuhkan hampir semua otot tubuhnya. Sejak saat itu, Kirac hanya dapat berkomunikasi menggunakan mata.

Tapi bukan Kirac namanya jika menyerah begitu saja. Meski ia hanya dapat komunikasi lewat mata, nyatanya ia tetap produktif dan bahkan masih menjalankan pekerjaan telah ia emban selama ini.

Ya, perjuangan Kirac memang patut diacungi jempol. Pasalnya, dengan segala kekurangan yang dimiliki, Kirac terus berusaha keras hingga berhasil mendulang kesuksesan di dunia bisnis.

Kirac membuktikan kalau penyakit bukanlah halangan baginya untuk meraih mimpi dan kesuksesan yang ia dambakan.

Setelah beberapa tahun divonis memiliki penyakit saraf progresif, Suna Kirac justru menorehkan namanya menjadi salah satu wanita terkaya di dunia.

Menurut Forbes, kekayaan yang dimilikinya saat ini sebesar US$ 1,4 miliar atau sekitar Rp 20,2 triliun. Gak cuma itu aja, Kirac bahkan dinobatkan sebagai orang terkaya ke-9 di Turki.

Nah, itu dia kisah sukses miliarder Turki yang mendulang kesuksesan meski tengah diserang penyakit mematikan. Kirac membuktikan kepada dunia kalau kekuatan dan kerja keras dapat mengalahkan segala kelemahan. Inspiratif banget kan?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →