Di-Bully hingga Ingin Bunuh Diri, Ini 3 Orang Ini Jadi Pengusaha Sukses

Pengusaha sukses korban bully [TEMPO/STR/Dasril Roszandi]

Siapa pun bisa menjadi pengusaha sukses, termasuk mereka yang masa kecil-mudanya pernah jadi korban bullying.

Ini bukan mitos, tapi fakta yang terjadi emang pernah kejadian. Ada beberapa orang  yang dulunya dipandang sebelah mata sekarang malah dipuji banyak orang.

Bullying gak jadi penghalang mereka buat terus maju. Bisa jadi orang-orang memandang hidup harus berjalan terus, dan gak boleh menyerah oleh keadaan.

Dan itu satu-satunya jalan buat mengubah keadaan. Siapa aja mereka?

1. Ollie Forsyth

 

https://www.instagram.com/p/BMProEjBWXv/?taken-by=ollieforsyth

 

“Kamu bakal jadi jutawan.” Gitu ungkapan pembimbing Ollie Forsyth yang terus diingat.

Rupanya kata-kata itu menjadi kenyataan. Ollie menjadi pengusaha sukses dengan kekayaan mencapai miliaran Rupiah di usianya yang baru 16 tahun.

Pria Inggris kelahiran 1998 ini pernah di-bullying teman-temannya gara-gara mengidap disleksia, gangguan yang menyerang penglihatan dan pendengaran sehingga penderitanya mengalami kesulitan dalam belajar.

Ollie sempat berpikir buat mengakhiri hidupnya aja. Untungnya nih, sebelum itu terjadi, ia berkonsultasi dulu dengan sang guru. Alangkah bersyukurnya Ollie punya guru pembimbing yang baik dan selalu memberi support penuh.

Perlahan-lahan rasa percaya diri Ollie kembali lagi. Ia kemudian memberanikan diri membuka usaha dengan menjual barang secara online tahun 2010.

Usaha yang diberi nama Ollie’s Shop ini membuahkan sukses. Ia berhasil meraup omzet hingga 13 ribu pound sterling atau Rp 248 juta di tahun pertama. Bahkan, ia pernah meraih omzet hingga 30 ribu pound sterling atau sekitar Rp 573 juta.

Dengan kesuksesan itu, Ollie mulai berani membuka usaha-usaha lain. Pada November 2014, ia mendirikan usaha media yang bernama The Budding Entrepreneur Magazine.

Berkat usaha-usaha yang dirintisnya tersebut, Ollie bisa memiliki kekayaan dengan nilai mencapai 280.239 pound sterling atau sekitar Rp 5,35 miliar.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

2. Kylie Jenner

 

 

Perempuan cantik yang satu ini belum lama ini dinobatkan sebagai konglomerat wanita termuda versi majalah Forbes. Di usianya yang baru 20 tahun, Kylie menjadi pengusaha sukses dengan kekayaan mencapai US$ 900 juta atau sekitar Rp 13 triliun.

Kylie memiliki bisnis kosmetik yang mencetak omzet yang gila-gilaan. Kylie Cosmetics yang didirikannya tahun 2015 memberikan pemasukan hingga US$ 330 juta atau Rp 4,84 triliun sepanjang tahun lalu.

Lebih dari itu, perusahaan dengan produk unggulannya The Kylie Lip Kits ini diperkirakan bakal memiliki omzet hingga US$ 630 juta atau Rp 9,24 triliun ke depan.

Gak ada yang menyangka kalau waktu kecil Kylie Jenner pernah jadi korban bullying.

Karena hujatan yang dilayangkan kepadanya, rasa percaya diri Kylie perlahan-lahan hilang. Sampai-sampai beberapa bagian tubuhnya dianggapnya sebagai kekurangan. Mulai dari bibir yang tipis hingga postur tubuh yang gak kayak perempuan pada umumnya.

Di luar dugaan Kylie mengambil keputusan yang terlampau berani. Ia menjalani lip injection buat mempertebal bibirnya.

Walaupun kembali dihujat karena bibirnya itu, Kylie sepertinya udah gak peduli. Dia fokus dengan pilihan hidupnya hingga akhirnya meraih kesuksesan.

3. Sudhamek

 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Pengusaha sukses pemilik Garudafood ini juga pernah mengalami bullying. Ia pernah di-bullying karena namanya dianggap aneh.

Gara-gara mengalami kejadian gak enak ia sampai pengin ganti nama. Namun urung dilakukan karena nama itu dianggap membawa keberuntungan.

Gak cuma namanya, ternyata status ekonominya pernah jadi bahan olok-olok. Sudhamek pernah diledek miskin. Sampai-sampai kakak temannya bilang gini ke teman Sudhamek, “gak usah pergi sama orang kere.” Tentu aja hati Sudhamek sakit dengar hal tersebut.

Namun, seakan gak menyerah dengan ejekan yang datang pada dirinya, Sudhamek memilih jalan terus. Lulus dari Universitas Kristen Satya Wacana, Sudhamek memilih bekerja di PT Gudang Garam Kediri. Padahal saat itu usaha yang dirintis ayahnya udah mulai sukses.

Sudhamek memilih melanjutkan usaha keluarga setelah ayahnya wafat. PT Tudung kemudian berkembang berkat menjual “Kacang Garing Garuda”.

PT Tudung pun berubah nama menjadi PT Garuda Putra Putri Jaya atau Garudafood yang pasti kamu udah kenal.

Karena usahanya dalam membesarkan Garudafood, Sudhamek dinobatkan menjadi orang paling kaya urutan ke-38 di Indonesia. Kekayaan yang dimilikinya mencapai Rp 11 triliun.

Tiga orang ini jadi bukti kalau bullying bukan akhir dari segalanya. Tiga orang di atas bisa melawan keadaan dan menjadi pengusaha sukses dengan nilai kekayaan yang fantastis.

Sungguh luar biasa ya mereka itu. Salut deh!

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →