Persiapan Kerja Lagi Setelah Sekian Lama Nganggur

persiapan kerja lagi

‘Alhamdullilah…akhirnya, setelah 8 bulan nganggur, bulan depan aku bisa kerja lagi!’ Doyok berjingkrak kegirangan sambil memeluk sahabatnya.

Jangan kaget sama reaksi Doyok yang kayak gitu ya. Maklum saja, 8 bulan yang lalu Doyok di-PHK. Setelah berusaha melamar ke banyak perusahaan, perjuangannya itu akhirnya membuahkan hasil, yakni pekerjaan baru.

Tapi sebelum mulai kerja lagi, Doyok mesti mempersiapkan diri. Delapan bulan bukan waktu yang sebentar loh. Kelamaan nganggur bisa bikin Doyok kehilangan sentuhan dunia kerjanya.

Ini nih yang harus dipersiapkan ketika sudah terlalu lama menganggur dan kembali bekerja:

1. Persiapan Fisik

Bukan cuma atlet yang harus nyiapin fisik buat bertanding. Kembali bekerja setelah nganggur lama juga butuh persiapan.

Misalnya mulai dari persiapan mengatur waktu tidur. Kalau selama nganggur bisa tidur pagi bangun sore, ya pasti harus berubah ketika mulai kerja lagi di kantor yang 9-to-5.

persiapan kerja lagi
Walau banyak duduk, kerja kantoran butuh fisik kuat juga loh! (Kerja Kantoran / Qerja)

Usahakan untuk mengatur ulang jam tidur kamu. Gak ada lagi tuh nonton drama Korea sampai dini hari atau dvd marathon walking dead. Kurangi juga jam nongkrong dari yang tadinya bebas jadi terbatas.

Saat sudah kerja, lebih baik simpan pikiran dan tenaga biar fresh dan siap bekerja. Bisa sulit kalau kebiasaan begadang dan hangout sampai larut malam masih sering dilakukan.

2. Persiapan Mental

Setelah sekian lama gak kerja, pasti bakal kaget masuk ke perusahaan dengan beragam tipe dan karakter karyawan. Di sinilah mental kamu bakal diuji. Jangan langsung menilai si A jutek atau gak friendly sebelum kamu punya kesempatan mengenal lebih jauh.

Siapkan mental kamu menerima instruksi atasan yang bisa saja bakal bikin bete. Jangan berharap semua orang di kantor bakal bersikap manis dan memanjakan kamu. Pokoknya harus tahan banting deh. Ingat, kamu datang untuk bekerja dan dibayar oleh perusahaan.

3. Membekali Diri

Membekali diri di sini maksudnya bukan bawa bekal makanan dari rumah ya. Eh, tapi itu boleh juga deh, biar hemat sampai terima gaji pertama hehehe.

Jejali otak dengan semua informasi penting tentang perusahaan tempat kamu akan mulai bekerja. Semuanya, mulai dari budaya perusahaan dan tentu saja job desc kamu nanti.

persiapan kerja lagi
Yang namanya belajar itu selamanya bro! (Mempelajari / Hipwee)

Kalau perlu siapkan ide-ide yang bisa memberi kontribusi buat perusahaan atau sistem-sistem kerja untuk divisi kamu. Tampil all out dalam profesi deh pokoknya.

4. Transportasi

Perhitungkan jarak tempuh dari rumah ke kantor termasuk akan menggunakan transportasi apa supaya tiba tepat waktu. Kalau perlu survey dulu jalur tercepat dan gak terlalu macet menuju kantor.

Emangnya penting gitu? Ya iyalah biar gak terlalu stres di jalan. Gak enak banget, udah stres di jalan ditambah sama stres kerjaan. Kalau stres sudah melanda, hasil kerja bisa amburadul.

Datang ke kantor tepat waktu tuh penting dan bakal dilihat perusahaan sebagai salah satu bukti kesungguhan kamu bekerja.

5. Rekening Bank

Masih punya tabungan setelah sekian lama nganggur itu bagus. Tapi, kalau tabungan sudah kering alias kosong, pastikan untuk mengaktifkan kembali rekening bank kamu. Ini supaya pihak HRD bisa dengan mudah mentransfer gaji kamu.

Kalau gak mempersiapkan, bukan gak mungkin gaji bakal dipending sampai punya rekening aktif. Gak semua perusahaan mau membayar gaji karyawan secara cash. Lagian gak aman bawa duit jutaan rupiah di dalam tas dan naik transportasi umum.

persiapan kerja lagi
Ayo rajin ke bank, nanti dibantu mbak staf bank yang cantik hehehe (Pergi ke Bank / Bisnis)

6. Inisiatif

Sebagai karyawan baru kamu harus punya inisiatif tinggi. Jangan ragu buat kenal dengan semua karyawan dari mulai level bawah sampai atas.

Inisiatif di sini juga termasuk aktif dan gak malu untuk bertanya jika memang ada kesulitan dalam pekerjaan. Ingat, jangan inisiatif yang kepedean atau sok tahu ya. Sewajarnya saja.

Dekat dengan para karyawan senior pasti bakal bikin kamu cepat betah dan bisa mengejar ketinggalan.

Bagi kita yang sudah terbiasa bekerja, jadi pengangguran apalagi dalam kurun waktu lama pasti bikin jengah. Nah, pas lagi nganggur lebih baik isi waktu yang ada dengan kegiatan bermanfaat.

Jangan biarkan otak keseringan gak dipakai dan melamun, apalagi melamun jorok. Saat diterima kerja lagi kita sudah siap dengan amunisi. Jadilah manusia yang berkualitas di manapun berada ya.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Benarkah Bekerja Mengikuti Passion Omong Kosong Belaka]

[Baca: Cari Kerja Idaman Ini 5 Keuntungan Buat Kamu yang Bekerja Sesuai Passion]

[Baca: 4 Hal Baik Diperoleh Berlibur Sambil Bekerja]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →