Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Mentok di Kisaran 5 Persen, Tertinggikah Se-Asean?

Pertumbuhan Ekonomi Negara Asean (Ilustrasi by Shutterstock).

Pertumbuhan ekonomi dunia dilaporkan melambat, gimana dengan pertumbuhan ekonomi negara Asean? Apakah seluruh negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, mengalami perlambatan ekonomi?

Bulan Oktober yang lalu International Monetary Fund (IMF) mengumumkan penurunan kisaran angka pertumbuhan ekonomi dunia pada tahun 2020 nanti. Seperti yang diberitakan Suara, IMF menurunkan kisaran angka sebesar 0,1 poin menjadi 3,4 persen pada tahun depan.

Bukan tanpa alasan lembaga PBB ini menurunkan perkiraan angka pertumbuhan ekonomi tahun 2020. Sejumlah faktor penyebab penurunan dikemukakan IMF, mulai dari perang dagang Amerika Serikat-China, Brexit, hingga krisis-krisis geopolitik lainnya.

Kalau IMF aja udah menyebut angka pertumbuhan ekonomi dunia turun pada tahun 2020, gimana dengan Indonesia? Meskipun lembaga internasional memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sekitar 5,1 persen, Pemerintah Indonesia lewat Menteri Keuangan Sri Mulyani menargetkan angka pertumbuhan sebesar 5,3 persen.

Padahal, tahun 2019 ini aja pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun diprediksi sebesar 5,05 persen jauh dari target yang berada di angka 5,3 persen. Kalau bercermin dari tahun 2018, pertumbuhan ekonomi saat itu berada di angka 5,17 persen.

Nah, dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi negara Asean, apakah pencapaian Indonesia lebih baik? Atau justru di bawah pencapaian negara-negara Asia Tenggara lainnya? Buat menjawab pertanyaan tersebut, cari tahu yuk jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Ini daftar pertumbuhan ekonomi negara-negara Asean

Pertumbuhan ekonomi Negara Asean
Perekonomian negara ASEAN (Ilustrasi by Shutterstock).

Sejauh ini angka pertumbuhan ekonomi negara Asean yang telah pasti hasilnya adalah angka pertumbuhan ekonomi tahun 2018. Informasi mengenai angka pertumbuhan tersebut bisa diketahui dari data yang dirilis The World Bank.

Berikut ini adalah daftar pertumbuhan ekonomi negara-negara Asean, termasuk Indonesia. Negara mana yang mencatatkan angka yang tinggi? Cek daftarnya di bawah ini.

 

Negara Asean Pertumbuhan ekonomi 2018 Pertumbuhan ekonomi 2017
Kamboja 7,52 7,02
Vietnam 7,08 6,81
Laos 6,50 6,85
Filipina 6,24 6,68
Myanmar 6,20 6,76
Indonesia 5,17 5,07
Malaysia 4,72 5,89
Thailand 4,13 4,02
Singapura 3,14 3,70
Brunei Darussalam 0,05 1,33

 

Dari tabel di atas, rupanya pertumbuhan ekonomi yang dicatatkan Indonesia gak lebih baik dibandingkan negara-negara Asean lainnya. Kamboja tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi di kawasan Asean tahun 2018.

Kemudian disusul Vietnam, Laos, Filifina, dan Myanmar. Indonesia sendiri berada di urutan ke-6 di atas Malaysia, Thailand, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Pertumbuhan ekonomi itu apa sih?

Pertumbuhan ekonomi Negara Asean
Proses ekspor barang (Shutterstock).

Sekalipun sering disebut-sebut dalam pemberitaan, masih ada orang yang belum paham betul apa itu pertumbuhan ekonomi. Dalam artikel Pertumbuhan Ekonomi Itu Apa Sih? Ini Teori dan Cara Ukurnya, kamu bisa menemukan definisi dari pertumbuhan ekonomi.

Singkatnya, pertumbuhan ekonomi adalah meningkatnya kapasitas ekonomi buat menghasilkan barang dan jasa dalam suatu waktu tertentu. Definisi ini bisa pula diartikan sebagai naiknya produksi barang dan jasa dalam suatu negara yang kemudian mendorong perubahan positif terhadap kondisi ekonomi. Semakin tinggi angkanya, semakin bagus kondisi ekonomi negara.

Umumnya pertumbuhan ekonomi suatu negara mengacu pada Produk Domestik Bruto (PDB)? Apa itu Produk Domestik Bruto (PDB)? Produk Domestik Bruto atau Gross Domestic Product adalah nilai moneter dari barang dan jasa di suatu negara dengan menghitung tingkat konsumsi, belanja Pemerintah, investasi Pemerintah, dan ekspor-impor.

Produk Domestik Bruto (PDB) diformulasikan rumus: PDB = C + G + I + (N – X).

  • PDB: Produk Domestik Bruto
  • C: Tingkat konsumsi
  • G: Belanja Pemerintah
  • I: Investasi Pemerintah
  • N: Ekspor
  • X: Impor

Itu tadi informasi mengenai perbandingan ekonomi negara-negara Asean dengan Indonesia serta definisi dari pertumbuhan ekonomi itu sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).