Trik Negosiasi Standar Gaji Perusahaan di Bandung

Baru saja lulus dan mau bekerja di salah satu perusahaan di Bandung? Sudah tahukah jika standar gaji perusahaan di Bandung sekitar Rp3 jutaan? 

Wah, sepertinya kecil, ya? Bagaimana caranya agar gaji yang kita terima bisa lebih tinggi dari standar gaji perusahaan di sana? 

Penentuan Standar Gaji Perusahaan Secara Umum

Standar UMK perusahaan di Bandung tahun 2018 ditetapkan pada kisaran angka Rp3,3 jutaan.

Walikota Bandung sendiri pun mengatakan bahwa besaran UMK perusahaan di Bandung ini sudah cukup dan sudah didasari kesepakatan dari serikat buruh, perusahaan, dan pemerintah. 

Penentuan standar gaji secara umum sebetulnya juga tidak mudah. Bahkan bisa memengaruhi citra perusahaan dan menjadi bargain power untuk pasar tenaga kerja dalam kategori perusahaan sejenis. 

Tentu saja standar gaji yang tinggi terlihat menarik bagi para calon tenaga kerja yang merasa memiliki keterampilan mumpuni, bukan?  

Ada beberapa komponen yang dipertimbangkan seperti cashflow perusahaan, keterampilan dan target yang perusahaan tetapkan, serta peraturan pemerintah. 

Nah pada umumnya, tawaran gaji dari perusahaan kepada kita memang telah mempertimbangkan banyak hal tersebut. Namun pertanyaannya, bagaimana jika standar gaji tersebut tidak sesuai dengan harapan kita? Berani negosiasi?

Trik Negosiasi Gaji bagi Fresh Graduate

Menjadi seorang fresh graduate memang sering membuat kita ragu untuk mengajukan besar gaji yang diharapkan. Khawatir jika akhirnya malah kehilangan calon pekerjaan, biasanya menjadi penyebab utamanya. 

Tapi jika memang gaji yang diberikan tidak sesuai dengan harapan kita, tidak ada salahnya mengajukan tawaran yang lebih tinggi. Tentu saja dengan cara yang cerdas, jadi tidak sekadar mengandalkan memiliki almamater tertentu saja, bukan? Di lain sisi, kita bisa terapkan cara-cara berikut.

1. Lakukan riset standar gaji di tempat lain

Keterbukaan informasi saat ini tentu saja sangat menguntungkan. Bahkan standar gaji dari sebuah perusahaan saja dapat kita intip jumlah nominalnya. 

Karena itu saat ingin mengajukan gaji yang lebih tinggi, lakukan dulu riset pada beberapa situs seperti Glassdoor, job-like.com, dan situs-situs jasa pencarian kerja lainnya. 

2. Jangan terpaku hanya pada angka 

Gaji pokok yang ditawarkan sebuah perusahaan terkadang memang kecil. Seperti yang sudah disampaikan di atas, besar-kecil gaji pun terpengaruh oleh biaya operasional perusahaan. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Karena itu beberapa perusahaan memang menawarkan gaji pokok yang kecil, tapi menambah fasilitas lain selain gaji yang memungkinkan karyawannya lebih sejahtera. 

Misalnya menawarkan dana pensiun, fasilitas kesehatan yang memadai, jenjang karier yang lebih jelas, fasilitas untuk pelatihan keterampilan baru, tunjangan, bonus kehadiran, dan lain sebagainya. 

Dalam beberapa kasus, biaya belajar keterampilan baru harganya bisa lebih mahal dibanding jika kita membayar sendiri, lho

Jadi, pertimbangkan juga poin plus selain gaji pokok ini. Jangan sampai hanya karena kesepakatan gaji pokok tidak tercapai, tawaran pekerjaan malah dikesampingkan. 

3. Gunakan pengalaman saat magang atau kerja volunteer

Tidak ada seorang pun yang berharap seorang fresh graduate sudah memiliki pengalaman kerja profesional. Yang perusahaan inginkan adalah calon karyawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pada level tertentu sesuai yang dibutuhkan. 

Karena itulah, beri tahu juga pengalaman saat magang atau bekerja sukarela pada lembaga tertentu sebagai bahan pertimbangan untuk negosiasi gaji. 

Tentu saja keterampilan atau keahlian yang kita coba tawarkan harus selaras dengan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka, ya. Atau paling tidak, cobalah sorot bagaimana pengalaman tersebut membuat kita berbeda dari kandidat lainnya. 

4. Berlatih terlebih dahulu

Bahkan seorang pembicara profesional pun masih butuh latihan di depan cermin agar mampu menyampaikan bahasan dengan lancar. Jadi, cobalah latihan negosiasi di depan cermin. Atau minta seorang kawan sebagai sparing partner negosiasi. 

Ulang-ulang terus  dan pastikan bagaimana sebaiknya kalimat-kalimat negosiasi akan diucapkan. Tapi ingat, jangan menyinggung soal kendala pribadi saat bernegosiasi gaji. Misalkan kebutuhan bulanan yang terus meningkat, pinjaman biaya kuliah, atau malah masalah sewa rumah. Itu semua bukan urusan perusahaan. 

Fokuskan negosiasi pada keterampilan dan kontribusi apa yang bisa kita berikan pada perusahaan. 

Baik bagi calon pekerja fresh graduate maupun berpengalaman yang mau melamar bekerja di perusahaan di Bandung atau di kota besar lainnya; negosiasi gaji sebetulnya tidaklah mudah. Tapi sayangnya, bonus, kenaikan gaji, dan bahkan besaran THR turut ditentukan dari gaji standar ini. 

Karena itu, pandai-pandailah menawar, sambil terus memastikan jika kita memiliki nilai lebih bagi perusahaan. Meski di saat itu, kita belum memiliki pengalaman bekerja sedikitpun. Nyatanya ada saja sebagian perusahaan yang memprioritaskan perekrutan calon pekerja fresh graduate yang cerdas dan bersemangat untuk belajar secara profesional.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →