5 Perusahaan Besar Ini Didirikan oleh Sosok Remaja

Marc Zuckerberg pendiri Facebook

Gak sedikit perusahaan besar yang ternyata dibangun seorang remaja. Kesuksesan para founder perusahaan besar ini pun gak instan, namun akhirnya para founder itu menjadi crazy rich di masa depan.

Dalam dunia medis, remaja diartikan sebagai seorang yang usianya masih belasan tahun. Mereka belum layak disebut dewasa, namun juga gak bisa disebut anak-anak.

Wikipedia menyebutkan, seseorang disebut remaja ketika usianya berada pada rentang 11 hingga 22 tahun.

Kalau dipikir-pikir, mereka yang masih remaja tentu masih disibukkan dengan hal-hal seputar sekolah atau kuliah. Uang jajan pun masih diberikan orangtua.

Namun, jangan salah, beberapa orang di bawah ini ternyata sudah bisa mendirikan perusahaan saat masih remaja. Sekarang bisnis mereka pun jadi perusahaan besar. Ada yang kapitalisasi pasarnya sampai ratusan triliun rupiah!

Mau tahu apa saja? Yuk, simak ulasannya di sini: 

1. WordPress Foundation

wordpress foundation
WordPress Foundation (Instagram/@wordpressdotcom)

Di tahun 2001, Michel Valdrighi menciptakan sebuah sistem manajemen konten alias CMS yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs di internet. CMS itu bernama b2/cafelog.

Anak muda bernama Matt Mullenweg pun menggunakannya untuk situs blog pribadi. Namun, Mullenweg sangat kesal dengan kendala-kendala teknis yang dialami b2/cafelog.

Alhasil, dia menciptakan versi terbaru yang akhirnya dikenal dengan nama WordPress. Saat itu, Mullenweg masih berusia 19 tahun lho.

Saat ini, WordPress telah berhasil menciptakan 20 miliar halaman di internet yang dikunjungi 409 juta pengguna internet setiap bulannya.

2. Oculus VR

seorang pria memakai Oculus VR
Oculus VR (Instagram/@oculus)

Seorang remaja berusia 15 tahun, Palmer Luckey, memang sangat tertarik dengan dunia game virtual reality (VR) yang sangat sensasional. 

Alhasil, Luckey menciptakan headset VR pertamanya yang bernama PR1 saat usianya menginjak 17 tahun. Headset itu ternyata berhasil menciptakan sensasi bermain game yang luar biasa seru, karena pemainnya bisa serasa masuk ke dunia lain.

Produk itulah yang menjadi cikal bakal Oculus VR, sebuah perusahaan yang memproduksi perangkat keras dan lunak virtual reality

Oculus pun akhirnya dijual ke Facebook dengan harga US$ 2,3 miliar di tahun 2014. 

3. Subway Restaurant

tumpukan kebab sayur daging
Subway Restaurant (Instagram/@subway)

Brand ini mungkin bukan yang gak berasal dari dunia teknologi. Namun, tetap saja dulunya didirikan seorang remaja.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Adalah Fred DeLuca, pria kelahiran 1947 silam yang mendirikan Subway Restaurant. Saat itu, tepatnya pada tahun 1965, DeLuca butuh uang untuk melanjutkan studinya di sebuah universitas.

Akhirnya, DeLuca mendirikan bisnis kuliner dengan meminjam uang sebesar US$ 1.000 ke pria bernama Peter Buck. Restoran bernama Pete’s Super Submarine akhirnya dibuka di Connecticut. 

Singkat cerita, nama resto itu diubah jadi Subway Restaurant dan saat ini mereka menjadi salah satu raksasa makanan siap saji di Negeri Paman Sam. 

Mereka sudah punya 24.008 outlet yang tersebar di AS, DeLuca pun masih menduduki kursi direksi hingga tutup usia di tahun 2015. 

4. Dell

sebuah laptop bermerek Dell
Dell (Instagram/@dell)

Kamu tahu dong sama laptop merek Dell. Nama perusahaan ini diambil dari nama pendirinya, yaitu Michael Dell. 

Saat Dell masih kuliah di University of Texas tahun 1984, dia mulai gencar mencari duit lewat mengutak-atik komputer. Di tahun sama, dia malah di-drop out, namun Dell sudah bisa menghasilkan uang sebesar US$ 80 ribu lewat pekerjaannya.

Di saat usianya menginjak 19 tahun, Dell akhirnya berbisnis dengan mendirikan PC Limited yang menjadi cikal bakal Dell Computer Corporation. 

Sekarang, perusahaan perakit komputer itu memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 45 miliar atau Rp 617 triliun.

5. Facebook

facebook lama dan baru
Facebook (Instagram/@facebook)

Saat masih kuliah di Harvard pada tahun 2003, Mark Zuckerberg mendirikan sebuah situs bernama Facemash. Situs ini adalah jejaring sosial khusus para pelajar.

Setelah situs ini dinon-aktifkan, Zuck bersama Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, Andrew McCollum, dan Chris Hughes langsung mendirikan Facebook. Saat itu, usia Zuck masih 20 tahun. 

Di tahun 2004,  Facebook mendapat suntikan dana pertama sebesar US$ 500 dari seseorang yang bernama Peter Tiel. Di April 2005, Accel Partner pun menyuntik dana sebesar US$ 12,5 juta ke Facebook. Alhasil, valuasi Facebook pun meningkat jadi US$ 98 juta.

Setahun kemudian, mereka berhasil mendapatkan investasi seri B dari Greylock Partners dan Meritech Capital. Jumlah investasi mereka adalah US$ 27,5 juta, berkat itulah valuasi Facebook kembali naik hingga mencapai US$ 500 juta.

Di tahun 2007, Microsoft pun ikutan. Berkat Microsoft, valuasi Facebook naik jadi US$ 15 triliun! Sekarang, Zuck menduduki posisi keempat sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes. Total kekayaannya mencapai US$ 74,8 miliar atau Rp 1.028 triliun. 

Itulah lima perusahaan besar yang ternyata didirikan oleh seorang “remaja.” Gak nyangka kan, perusahaan tersebut masih ada hingga saat ini dan produknya juga makin laris.

Intinya, siapapun memang berkesempatan untuk sukses dengan menciptakan sesuatu. Terlepas dari apakah mereka masih muda atau sebaliknya.

Kira-kira saat masih remaja kamu lagi sibuk apa nih? Kalau ditarik mundur ke belakang, apakah kamu mau jadi seperti mereka? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →