Walau Single Parent, 6 Wanita Ini Berhasil Jadi Pengusaha Sukses

Melissa Kieling (laurilevenfeld.com)

Menjalankan bisnis sampai jadi pengusaha sukses pastinya butuh kerja keras. Di sisi lain, membesarkan seorang anak seorang diri juga bukan hal yang mudah buat dilakukan. Keduanya sama-sama butuh kegigihan, kecerdasan, hingga kreativitas.

Gimana jika dua hal tersebut dijalani pada saat bersamaan? Wuih, gak terbayang berapa banyak dan berat tanggung jawab yang perlu diemban.  

Tapi, tantangan tersebut berhasil ditangani oleh enam ibu muda ini. Mereka berhasil merintis bisnis dari nol hingga menjadi pengusaha sukses sekaligus ibu yang baik bagi anak-anaknya.

Kira-kira apa yang buat mereka bisa menaklukan rintangan yang ada, baik sebagai ibu tunggal sekaligus pengusaha sukses?  

Buat tahu jawabannya, mari belajar langsung dari mereka.

1. Angela Benton, CEO NewME

https://www.instagram.com/p/BlY6x6cldRo/?taken-by=abenton

Butuh waktu lama bagi Benton buat memutuskan apa yang seharusnya dia lakukan. Mulanya, Benton bekerja lepas sebagai graphic designer di suatu majalah. Sambil bekerja, ia mempelajari bahasa pemrograman sampai akhirnya berhasil mendirikan perusahan berbasis platform online, NewME.

Sejak didirikan, perusahaan ini telah mampu membantu lebih dari 300 startup berkembang pesat sekaligus membantu mereka mengumpulkan pendanaan lebih dari $ 17 juta atau setara Rp 248 miliar. Sejak itu Benton didaulat sebagai salah satu pengusaha sukses.

Benton juga pernah masuk dalam daftar 100 Pengusaha Paling Menginspirasi di Goldman Sachs dan daftar Marie Claire’s 50 Women Who Rule pada tahun 2013.

Menurut Benton, menjadi single parent bukanlah suatu kekurangan. Malah, ia jadi memiliki banyak keahlian yang berguna dalam menjalani bisnis. Misalnya, kemampuan multitasking, kreativitas, mengatur keuangan, hingga menyelesaikan masalah dengan cepat.

2. Lisa Stone, co-founder BlogHer

pengusaha sukses
(Image: PRWeek)

Lisa Stone adalah salah satu pengusaha sukses pendiri BlogHer, media platform komunitas perempuan terbesar di Amerika Serikat dengan lebih dari 100 juta pembaca.

Sebagai ibu tunggal, waktu yang Lisa miliki terbatas banget. Oleh sebab itu, salah satu tips sukses versinya ialah gak berurusan dengan orang-orang negatif yang dapat buat kita jadi gak percaya diri atau malah ikut-ikutan negatif.

3. Karla Campos, founder Social Media Sass

pengusaha sukses
(Image: ePRNews)

Menjadi ibu tunggal bukanlah suatu hal yang perlu diratapi. Itulah yang diyakini oleh Karla Campos, pendiri Social Media Sass, sebuah perusahaan digital marketing di Florida.

Menurut Campos, jadi pengusaha sama halnya dengan menjadi ibu. Keduanya bukanlah pekerjaan yang punya jam kerja yang tetap. Ia bisa bangun sejak pukul 03.00 pagi buat bekerja dan mengantarkan anaknya ke sekolah pada pukul 07.00 pagi dan kerja hingga malam.

Aktivitas tersebut tentunya rentan banget terkena stres. Campos menyiasatinya dengan menonton video-video komedi dan banyak tertawa.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4.  Natalie Angelillo, CEO SwopBoard.com

pengusaha sukses
(Image: SeattleMagazine)

Sebagai orangtua, seringkali kita merasa bersalah karena merasa belum memberikan yang terbaik buat anak-anak. Hal inilah yang dulu sering dirasakan oleh Natalie Angelillo, CEO stratup penggalangan dana sekolah, SwopBoard.com sekaligus pendiri dan pemilik salon Swink Style Bar. Ibu dua anak yang juga pengusaha sukses menempati posisi C-Level di Getty Images, PhotoDisc, dan PhotoZone.

Buat mengatasi perasaan bersalah yang sering dirasakannya, Angelillo selalu mencoba melihat dampak positif dari tindakannya. Misalnya, meski kesibukan bikin dia jarang berinteraksi dengan anak-anaknya, tapi hal tersebut buat anak-anak mampu menjadi mandiri sejak dini.

Natalie juga gak ragu mengajak anaknya ke kantor buat mempelajari caranya bekerja.

5. Nusha Pelicano, pemilik Orange Leaf

Nusha Pelicano adalah ibu tunggal dari tiga orang anak. Ia pendiri perusahaan yogurt, Orange Leaf yang telah memiliki lima toko cabang.

Pelicano mengaku gak mudah melalui proses buat sampai pada titik ini. Bukan sekali dua kali ia pernah berpikir buat berhenti. Terkadang, Pelicano bahkan gak percaya telah berhasil menjadi pengusaha sekaligus seorang ibu tunggal.

Menurutnya, keseimbangan dalam mengatur anak sekaligus mengelola perusahaan gak pernah ia temukan. Sekali waktu, ia pernah memusatkan seluruh perhatian cuma kepada anaknya, lalu di lain waktu beralih kepada perusahaan.

Salah satu kuncinya jadi seorang pengusaha sukses adalah memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perubahan.

6. Melissa Kieling, pemilik PackIts

pengusaha sukses
(Image: latimes)

Meski kini dikenal sebagai pengusaha sukses, Melissa Kieling sebetulnya gak pernah memiliki pengalaman berbisnis. Buat meningkatkan pengetahuannya dalam berbisnis, dia belajar dari orang yang emang udah terjun lebih dulu.

Upayanya gak sia-sia karena kini Kieling menjadi pemilik perusahaan pendingin bernama Packlt yang dihargai senilai $14 juta atau setara dengan Rp 204 miliar.

Baginya, ketidaktahuan bukanlah alasan seseorang buat gak melakukan sesuatu, sebab semua hal selalu bisa dipelajari.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Status sebagai single parent bukanlah halangan buat mencapai kesuksesan. Meski gak mudah, para perempuan di atas membuktikan bahwa jadi ibu tunggal malah memberi mereka banyak kemampuan buat bisa jadi pengusaha sukses.

Gimana menurutmu? Setuju gak?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →