Pesangon PHK Bukan Satu-Satunya Berkah Tersembunyi Saat Dipecat Lho

pesangon phk

Sebuah peristiwa selalu punya dua sisi: positif dan negatif. Meski sepertinya cuma sisi negatif yang ada, tetap saja sisi positifnya bisa ditemukan. Salah satunya adalah ketika dipecat.

Buat beberapa orang, dipecat bisa jadi berkah. Gak percaya? Coba deh minta dipecat sama bos.

Eh, jangan ding. Cuma bercanda.

Tapi serius, dipecat bisa menjadi hal yang patut disyukuri. Dan ini gak cuma pesangon PHK aja ya. Masih ada hal lain yang bisa jadi berkah saat dipecat. Berikut ini alasannya:

1. Mendapat pesangon PHK

pesangon phk
Pekerja yang di-PHK berhak atas pesangon PHK. Kalau gak dapet, bikin rame! (panduancara.com)

Menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, setiap pekerja yang dipecat berhak atas pesangon PHK. Tapi pastinya bukan yang dipecat karena berbuat salah, apalagi kriminal.

Duit pesangon PHK yang jumlahnya bisa sampai dua kali gaji ini bisa dimanfaatkan buat hal yang dirasa mendesak. Misalnya ada utang jatuh tempo yang perlu segera dilunasi.

Bila pakai gaji per bulan, mungkin dana gak akan cukup. Duit pesangon PHK  bisa jadi solusi, terlebih masih ada upah penghargaan masa kerja serta upah pengganti hak yang juga diberikan dalam situasi tertentu.

[Baca: Tiba-tiba Di-PHK dan Dapat Pesangon, Segera Lakukan Hal Ini]

2. Bisa cari kerjaan yang lebih “jodoh”

pesangon phk
Daripada lama menyesali pemecatan, mending langsung cari inspirasi mau membawa karier ke mana (nemesis-group.org)

Ketika dipecat, kesempatan untuk cari kerjaan yang dirasa lebih cocok pun terbuka. Pemecatan itu juga bisa menjadi pembuka jalan menuju terang bila sebelumnya merasa gak nyaman kerja.

Mungkin ada orang yang sengaja gak serius kerja karena memang mau keluar tapi takut minta resign. Bisa jadi ada denda penalti bila resign, atau entah hal lain.

Buat mereka, dipecat bisa jadi berkah. Namun disarankan resign baik-baik bila memang merasa gak jodoh dengan perusahaan sekarang. Sebab, aksi sengaja minta dipecat bisa saja malah bikin repot kolega. Mau dipandang negatif?

3. Luangin waktu lebih buat keluarga

pesangon phk
Waktu buat keluarga jadi lebih banyak, siapa yang bisa menolak? (facebook.com)

Keluarga mungkin sering ditinggalkan ketika masih bekerja. Nah, saat dipecat, waktu untuk keluarga pun jadi lebih banyak.

Sembari mencari kerjaan baru, puas-puasin deh kesempatan berkumpul dengan keluarga. Bawa liburan ke mana gitu dengan uang pesangon PHK yang diterima.

Tapi tetap harus diperhatikan soal bujet ya. Ingat, sudah gak ada lagi penghasilan tetap per bulan. Meluangkan waktu bareng keluarga gak harus keluar duit banyak.

[Baca: Gak Perlu Mahal-Mahal, Yuk Ajak Anak ke 10 Tempat Rekreasi di Jakarta dengan Bujet Rp 50 Ribu Ini!]

Kumpul di rumah saja sudah cukup asal ada kebersamaan di sana. Bakar jagung bareng sambil gitaran, atau nonton film maraton bisa jadi ide bagus rekreasi murah bareng keluarga.

4. Kesempatan untuk menekuni passion

pesangon phk
Semua orang pasti mau melakukan apa pun demi bisa kerja yang sesuai dengan passion (linkedIn)

Buat beberapa orang, passion gak bisa ditawar. Makanya, ketika dipecat dari kantor yang gak sesuai dengan passion, hal itu malah dianggap sebagai berkah.

Sebab, dengan demikian, jadi ada kesempatan untuk menekuni passion. Passion memang layak diperjuangkan karena berhubungan dengan pribadi kita.

Ada lho orang yang merasa tersiksa lantaran kerja di tempat yang jauh dari mimpinya. Kesempatan yang datang meski lewat proses yang gak enak ini bakal langsung dimanfaatkan untuk mengejar passion-nya.

[Baca: Jangan Buru-buru Resign Saat Passion Gak Sejalan dengan Karir. Lakukan Ini Dulu]

Pemecatan gak selalu berarti bencana. Toh, kadang pemecatan menjadi satu-satunya pilihan yang mesti diterima lantaran ada masalah yang mendesak di perusahaan.

Ini berbeda jika pekerja dipecat karena bertindak buruk atau melanggar aturan. Buat pekerja yang seperti ini, dipecat gak bakal jadi berkah.

Sebaliknya, kariernya terancam tamat karena ada riwayat pernah dipecat. Perusahaan lain pastinya bakal berpikir panjang untuk menggunakan jasanya. Terlebih bila pelanggaran yang dibuat tergolong berat.

Steve Jobs pernah dipecat sebagai karyawan lho. Tapi kemudian dia malah bisa jadi pemimpin Apple. Kita gak pernah tahu apa yang ada di depan setelah terjadi suatu hal. Selama bisa berpikir positif, mending buang jauh pikiran negatif.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →