Berbiaya Rp 727 Miliar, Ini Fakta Bohemian Rhapsody yang Sabet Banyak Oscar

piala oscar

Perhelatan Piala Oscar 2019 lagi jadi perbincangan hangat saat ini. Acara pemberiaan penghargaan kepada insan-insan perfilman ini diselenggarakan di Dolby Theater, Los Angeles pada Minggu, 24 Februari 2019.

Dalam acara yang disebut salah satu event tahunan paling bergengsi ini, sejumlah film bersaing meraih penghargaan sebanyak-banyaknya. Film yang masuk nominasi mulai dari Black Panther, Green Book, Bohemian Rhapsody, Roma, First Man, hingga A Star Is Born.

Maklum aja, film-film tersebut dijagokan banyak orang buat memenangkan Piala Oscar 2019. Dikutip dari CNN, Bohemian Rhapsody unggul dalam perolehan penghargaan.

Gak tanggung-tanggung, film yang bintang utamanya Rami Malek ini menyabet Piala Oscar 2019 paling banyak dibanding film-film lainnya. Menarik buat disimak, berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari film Bohemian Rhapsody.

Baca juga: Pakai Gaun Tuksedo, Billy Porter Dobrak Kebiasaan Busana di Oscar

1. Bohemian Rhapsody sabet empat Piala Oscar 2019

Rami Malek raih penghargaan Academy Awards sebagai Best Actor. (Instagram/@bohemianrhapsodymovie)
Rami Malek raih penghargaan Academy Awards sebagai Best Actor. (Instagram/@bohemianrhapsodymovie)

Film biopic yang mengangkat kisah hidup Freddie Mercury ini beberapa kali diumumkan memenangkan sejumlah nominasi. Tercatat, beberapa kategori penghargaan dimenangkan Bohemian Rhapsody, dari Film Editing, Sound Editing, Sound Mixing, hingga Best Actor.

Gak heran kenapa Bohemian Rhapsody bisa memperoleh penghargaan sebanyak itu. Filmnya yang tayang sebulan lebih di bioskop-bioskop Indonesia sukses menyedot perhatian banyak orang di seluruh penjuru dunia.

Drama perjalanan band kenamaan Queen yang berpusat di sosok Freddie Mercury menjadi daya tarik film yang tayang pada 2018 lalu ini. Maklum aja, nama band Queen itu masih diingat orang-orang lho hingga sekarang.

Baca juga: Isi Goodie Bag Oscar Tahun Lalu Senilai Rp 1,4 Miliar, Sekarang?

2. Bukan cuma Bohemian Rhapsody, bintang utama Rami Malek juga ikut jadi juara

Rami Malek. (Instagram/@bohemianrhapsodymovie)
Rami Malek. (Instagram/@bohemianrhapsodymovie)

Kesuksesan film Bohemian Rhapsody meraih banyak Piala Oscar 2019 juga berimbas pada Rami Malek. Aktor Hollywood yang kini menginjak usia 37 tahun ini diumumkan sebagai Best Actor dalam acara yang dikenal juga sebagai Academy Awards.

Aktor keturunan Mesir yang berperan sebagai Freddie Mercury ini mengungguli pesaing-pesaingnya, seperti Christian Bale (Vice), Bradley Cooper (A Star Is Born), Willem Dafoe (At Eternity’s Gate), dan Viggo Mortensen (Green Book).

Rami Malek sampai menyebut, penghargaan yang didapatnya saat ini sebagai momen monumental bagi dirinya. Apalagi, Piala Oscar yang diterimanya ini menjadi piala pertama buat dirinya.

Baca juga: Jadi Nominator Oscar 2019, Segini Kekayaan Rami Malek

3. Bohemian Rhapsody habiskan biaya produksi US$ 52 juta atau Rp 727 miliar

Film Bohemian Rhapsody. (Instagram/@bohemianrhapsodymovie)
Film Bohemian Rhapsody. (Instagram/@bohemianrhapsodymovie)

Di balik suksesnya film Bohemian Rhapsody, ternyata film ini menelan biaya yang gak sedikit lho besarnya. Film ini tercatat habiskan biaya produksi senilai US$ 52 juta atau Rp 727 miliar.

Biaya produksi film yang cukup fantastis, bukan? Walaupun udah cukup besar, besaran biaya tersebut rupanya masih kalah besar dengan biaya produksi film-film terpopuler 2018 lainnya.

Film-film 2018 yang lagi hit-hitnya di saat pemutarannya diketahui habiskan biaya produksi hingga ratusan miliar dolar Amerika Serikat atau lebih dari Rp 1 triliun. Sebut aja film Avengers: Infinity War, Black Panther, Jurassic World: Fallen Kingdom, hingga The Incredibles 2.

4. Sepanjang pemutaran, Bohemian Rhapsody raup total pendapatan US$ 846,3 juta atau Rp 11 triliun

Akting Rami Malek. (Instagram/@bohemianrhapsodymovie)
Akting Rami Malek. (Instagram/@bohemianrhapsodymovie)

Modal produksi Bohemian Rhapsody yang ratusan miliar memang kalah besar dengan film-film populer 2018 lainnya. Namun, soal pendapatan, apa yang dicapai film yang diganjar banyak Piala Oscar 2019 ini terbilang fantastis lho.

Sepanjang pemutarannya, film ini sukses meraup pendapatan terbesar yang mencapai US$ 846,3 juta atau Rp 11 triliun. Dengan modal segitu, angka pendapatan ini termasuk sangat besar lho.

Bandingkan dengan film Ant Man and The Wasp yang modal produksinya US$ 162 juta atau Rp 2,2 triliun, tapi raihan pendapatannya maksimal cuma US$ 622,7 juta atau Rp 8,7 triliun.

Itu tadi beberapa fakta menarik dari Bohemian Rhapsody yang raih banyak Piala Oscar 2019. Jalan cerita hingga penampilan yang apik dari pemain-pemainnya bikin film ini sukses besar dalam Academy Awards tahun ini. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →