Gak Cuma Murah, Ini Alasan Homestay Lebih Layak Dipilih daripada Hotel

Homestay pilihan menginap selain di hotel

Untuk kamu yang suka traveling, salah satu satu pengeluaran terbesar saat tengah berlibur adalah biaya menginap di hotel. Semakin lama kamu menginap di sana, tentu biayanya semakin besar dan biaya itu juga berpotensi melebihi harga tiket pesawat.

Solusinya gimana dong biar gak tekor pas liburan? Jawabannya, jangan menginap di hotel. Pilih saja tempat-tempat lain seperti homestay atau apartemen. Setuju gak?

Selain lebih murah dari segi harga, masih ada homestay dengan harga di bawah Rp 100 ribu. Selain harga ramah di kantong, homestay jelas memiliki kelebihan lain yang gak dimiliki hotel.

Penasaran keuntungan yang bisa kamu dapat jika menginap di sana? Untuk mengetahuinya, yuk ikuti ulasan lengkap dari MoneySmart:

1. Check in dan check out lebih fleksibel

Menginap di homestay
Menginap di homestay

Bukan berarti di hotel check in dan check out-nya gak fleksibel ya! Tapi, mereka punya jam check in yang kadang gak bisa diganggu gugat.

Belum lagi, kita sering juga harus menunggu lama sebelum bisa masuk ke kamar. Alasannya, kamarnya belum siap dan sebagainya.

Intinya, homestay memang memungkinan kamu untuk melakukan early check in. Lumayan kan seandainya sampai di tempat tujuan pagi hari kamu bisa menaruh barang bawaan dulu sebelum jalan-jalan.

Selain itu, urusan check out juga lebih fleksibel. Molor-molor dikit gak apa-apa deh, gak bakalan didenda. Pemilik homestay juga sudah berterima kasih kamu mau menginap di sana dan memberikan review.

Baca juga: Tunjukkan BPJS Ketenagakerjaan! Nikmati Diskon Hingga 70 Persen di 10 Hotel Ternama Ini

2. Bisa menikmati hal lain yang gak dimiliki hotel

Kelebihan menginap di homestay
Kelebihan menginap di homestay

Ketika menginap di hotel, terkadang ada beberapa hal yang bisa kamu nikmati di sana. Sebut saja seperti kafe, bonus snack, dan sebagainya.

Jelas saja, ketika menginap di hotel fasilitasnya itu-itu saja. Paling kolam renang, Wifi, dan sarapan yang disediakan pihak hotel. Lain halnya jika menginap di homestay, di sini kamu ibarat tinggal di kos-kosan eksklusif.

Pengelola homestay juga sering menyediakan sarapan untuk para tamu. Dan terkadang, mereka bisa membantumu menemukan spot-spot menarik di kota tujuanmu. Ibarat punya tour guide dadakan.

Baca juga: Mahal! Segini Harga Hotel di Bali Langganan Selebriti Hollywood

3. Bisa dihuni banyak orang

Homestay bisa dihuni banyak orang
Homestay bisa dihuni banyak orang

Mau mengajak keluarga besar liburan? Sayang kalau harus menginap di hotel, karena daya tampung hotel gak bakal sebanyak homestay.

Belum lagi, kadang hotel gak bisa menyediakan kamar sesuai dengan jumlah permintaan kita. Kecuali kita memesannya dari jauh-jauh hari.

4. Serasa tinggal di rumah

Homestay serasa di rumah sendiri
Homestay serasa di rumah sendiri

Kalau mau merasakan vibe sesungguhnya dari kebudayaan lokal setempat, pilih homestay dong. Karena di sana kamu benar-benar serasa tinggal di rumah.

Tempat tinggalmu juga dikelilingi lingkungan setempat, pasar tradisional setempat, dan sebagainya. Serta tetangga di dekat rumah. Seru gak tuh kalau seperti itu?

5. Lokasi ada di mana-mana

Homestay ada di-mana-mana
Homestay ada di-mana-mana

Lokasi hotel biasanya ada di pusat-pusat kota yang jauh dari tempat destinasi wisatamu. Tapi homestay ada di mana-mana.

Ketika kamu memilih destinasi wisata di gunung, tinggal saja di homestay dekat sana. Kamu bisa puas mendaki tanpa harus pusing mikirin kapan pulang jam berapa, agar di jalan gak kena macet.

Sementara itu, jika esok harinya kamu mau berangkat ke destinasi lain yang lebih jauh, cari saja homestay di daerah sana. Mudah, bukan?

Itulah lima alasan mengapa homestay patut dipertimbangkan ketimbang menginap di hotel. Gimana, tertarik mencoba nginap di homestay? Atau masih cinta hotel nih? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →