Bank Hingga P2P Lending, Ini Daftar Pinjaman Online Bunga Rendah

pinjaman online bunga rendah

Kebutuhan finansial mendadak seringkali menghampiri hingga membuat sebagian orang mencari pinjaman online bunga rendah sebagai solusi praktis. 

Pinjaman online bunga rendah bisa diperoleh dari bank yang memang sudah terpercaya. Kita tidak perlu khawatir dengan kemungkinan penipuan atau lainnya karena sudah diawasi lembaga pemerintah. 

Selain bank, ada pula perusahaan financial technology (fintech) yang mampu memberikan pinjaman secara cepat, yang cair dalam 24 jam. 

Meski banyak kabar tidak baik seputar pinjaman online oleh fintech abal-abal, banyak kok perusahaan financial technology yang resmi dan terdaftar di OJK. 

Dari segi bunga, bank bisa memberikan bunga single digit atau nol koma sekian per bulan, berbeda dengan fintech yang bunganya nol koma sekian tetapi per hari. Tentu, baik pinjaman online dari bank maupun fintech ada plus minusnya. 

Pilihan pinjaman online bunga rendah

Berikut penawaran pinjaman online menarik dari beberapa bank yang bisa diperoleh secara online

1. Jenius Flexi Cash

Kehadiran Jenius menjadi angin segar tersendiri bagi anak muda yang biasanya enggan berurusan dengan birokrasi perbankan. Jenius adalah inovasi dari Bank Tabungan Pensiun Negara (BPTN) yang menawarkan kemudahan dalam mengakses produk-produk perbankan. 

Sejak tahun 2018 lalu, Jenius mulai menawarkan pinjaman online terpercaya kepada masyarakat yang menginginkan dana cepat. Pinjaman ini bisa diperoleh tanpa datang langsung ke kantor cabang. 

Melalui produk Flexi Cash, Jenius menawarkan sejumlah keunggulan pinjaman online seperti bunga yang rendah hingga bebas biaya administrasi. Selain itu, Jenius juga mengizinkan debiturnya membayar tagihan lebih cepat. 

Tetapi, tidak semua user Jenius mendapatkan fasilitas pinjaman ini, hanya untuk user terpilih. 

Bunga 1,75 % – 2,25 % per bulan
Tenor 1 – 36 bulan
Plafon Pinajaman Rp 2,5 juta – Rp50 juta
Biaya administrasi Gratis
Syarat Pengajuan Gunakan aplikasi Jenius

2. Digibank KTA Instan

Aplikasi DBS Digibank kerap dibandingkan dengan Jenius. Perusahaan ini juga menawarkan kemudahan menggunakan produk-produk perbankan melalui aplikasi smartphone

Aplikasi DBS Digibank menyediakan pinjaman online bunga rendah melalui fitur Digibank KTA Instan. Berbeda dengan Jenius, DBS Digibank masih membebankan biaya administrasi dan biaya pelunasan cepat. 

Kecepatan jadi unggulan Digibank KTA instan di mana mereka mengklaim mampu memberikan pinjaman dalam waktu 60 detik. 

Selain faktor kecepatan dan pengajuan yang bisa dilakukan kapanpun, Digibank menawarkan verifikasi biometrik untuk menjamin keamanan pengguna. Berikut informasi seputar pinjaman online Digibank KTA Instan. 

Bunga 0,95 % – 2,99 % per bulan
Tenor 6 – 36 bulan
Biaya administrasi Rp200 ribu – Rp399 ribu
Biaya tahun ke-1 1,75 % dari jumlah pinjaman
Biaya tahun ke-2 dan seterusnya Rp65.000
Biaya Keterlambatan Rp150 ribu – Rp250 ribu
Biaya pelunasan dipercepat 8%
Biaya materai Rp6.000
Syarat pengajuan pinjaman Gunakan aplikasi DBS Digibank 

3. PermataMobile X

PermataMobile X adalah inovasi Bank Permata yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi dan mengakses produk-produk perbankan. Diluncurkan pada Agustus 2018 lalu,  boleh dibilang PermataMobile X ini mirip dengan Jenius maupun DBS Digibank. 

PermataMobile X menawarkan fitur pinjaman melalui KTA Online yang dapat diakses melalui aplikasi. 

Pengajuannya tidak susah, asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Proses pencairannya hampir sama dengan layanan fintech yang cukup satu hari langsung cair. 

Proses pengajuan KTA Online PermataMobile X cukup melalui video call. Jadi kamu tidak perlu repot-repot datang ke kantor Bank Permata lagi. Status pengajuannya pun dapat kamu pantau secara realtime

Bunga Mulai dari 1,49 % per bulan
Tenor 12 – 36 bulan
Plafon pinjaman Rp5 juta – Rp300 juta
Syarat pengajuan pinjaman Gunakan aplikasi PermataMobile X

4. PINANG BRI Agro

Pinang merupakan aplikasi perbankan milik BRI Agroniaga atau BRI Agro sebagai solusi pinjaman online melalui aplikasi berbasis Android. Tak cuma pengguna BRI Agro, Pinang juga dapat dinikmati oleh nasabah Bank BRI pada umumnya. 

Pinang menjanjikan proses pinjaman yang cepat. Tidak sampai 30 menit pengguna sudah memperoleh dana pinjaman. Semua prosesnya berlangsung secara online dan tidak perlu datang lagi ke kantor cabang.

Keunggulan Pinang adalah bunga yang kompetitif dan bebas dari biaya admin. 

Pinjaman online PINANG BRI Agro
Bunga 1,24 % per bulan
Tenor 1 – 12 bulan
Plafon pinjaman Rp500 ribu – Rp20 juta
Syarat pengajuan pinjaman – Terdaftar sebagai nasabah BRI.

– Install aplikasi PINANG BRI Agro

5. Tunaiku Bank Amar

Tunaiku Bank Amar merupakan aplikasi pinjaman online tanpa jaminan yang dikeluarkan oleh Bank Amar Indonesia. Faktor keamanan menjadi keunggulan Tunaiku karena merupakan layanan pinjaman online dari perbankan. 

Tak mau kalah dengan layanan pinjaman online yang dikeluarkan fintech, Tunaiku menawarkan proses pengajuan pinjaman modal e-KTP dan cuma memerlukan waktu 10 menit. 

Proses pencariannya masih tergolong cepat, antara 1 hingga 7 hari kerja. Lumayan bukan?

Pinjaman online Tunaiku
Bunga 3 – 4 % per bulan
Tenor 6 – 20 bulan
Plafon pinjaman Rp2 juta – Rp20 juta
Syarat pengajuan pinjaman
  • Gunakan aplikasi Tunaiku
  • Berusia 21 sampai 55 tahun
  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki rekening bank
  • Memiliki pekerjaan atau penghasilan

Fintech yang menyediakan pinjaman online

Selain 5 pinjaman online dari perbankan di atas, masih banyak kok layanan pinjaman dari perusahaan financial technology dengan bunga rendah dan aman. Berikut ini daftar 6 layanan pinjaman online yang dapat kamu manfaatkan. 

1. Kredivo

Kredivo merupakan layanan financial technology yang dalam beberapa tahun terakhir cukup dikenal masyarakat. Pasalnya, layanan fintech ini cukup agresif dalam memperkenalkan diri melalui iklan di berbagai medium. 

Kredivo menawarkan kredit digital yang memungkinkan pengguna membeli suatu barang dengan cara mencicil. Sejumlah ecommerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Tiket.com sudah menjadi mitra Kredivo. 

Selain untuk keperluan membeli barang, Kredivo juga menawarkan pinjaman cepat dengan bunga rendah. Kamu dapat mengajukan limit pinjaman hingga Rp30 juta dengan tenor hingga 12 bulan. 

2. Uang teman

Uang Teman menjadi salah satu fintech pilihan untuk mengajukan pinjaman online. Pada awal kehadirannya, Uang Teman menawarkan limit hingga Rp3 juta. 

Perusahaan ini menawarkan kemudahan bagi pengguna yang butuh dana cepat. Proses pengajuannya hanya butuh waktu 5 menit.

Berdasarkan informasi Kontan.co.id, Uang Teman membebankan bunga 1% per hari pada saat nasabah mengajukan pinjaman pertama. Pada pinjaman kedua dan ketiga bunga nya akan turun menjadi 0,9  dan 0,8% sampai seterusnya hingga 0.7% per hari. 

3. Finmas

Finmas merupakan layanan P2P Lending yang menjanjikan pinjaman online 24 jam langsung cair. Sama dengan Kredivo, Finmas juga dapat menyediakan fasilitas Paylater dengan tenor pembayaran 30 hari bebas bunga. 

Plafon pinjaman online Finmas adalah Rp1,5 juta dengan tenor 60 sampai 90 hari. Proses pengajuannya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan KTP. Tidak perlu khawatir soal keamanan, Finmas terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

4. Kredit Pintar 

Kredit Pintar menawarkan pinjaman online dan KTA cepat cair. Cukup dengan KTP dan smartphone kamu sudah bisa mengajukan dana cepat untuk kebutuhan mendesak. 

Perusahaan fintech ini menawarkan plafon pinjaman hingga Rp2,3 juta dengan tenor pengembalian 60 sampai dengan 90 hari. Pencairan pinjaman Kredit Pintar berkisar satu hingga 2 hari kerja. 

5. Maucash 

Maucash merupakan perusahaan fintech gabungan antara FIF Astra dengan We Lab (China) yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Maucash menawarkan plafon dari Rp600.000 hingga Rp8.000.000. Namun, untuk pengguna pertama Plafon yang diberikan hanya sampai Rp1.500.000.

Tenor cicilannya dapat dipilih antara 3 hingga 6 bulan. Sebagai informasi, Maucash memotong biaya provisi di muka sehingga nilai pencairan dana yang diterima lebih rendah daripada nilai yang disetujui. 

6. Indo Dana

Indo Dana adalah layanan pinjaman online yang menawarkan kredit tanpa slip gaji. Plafon yang sanggup diberikan adalah Rp1 juta hingga Rp8 juta dengan tenor pinjaman 1 hingga 3 bulan. 

Selain pinjaman online, Indo Dana juga dapat dipakai seperti kartu kredit untuk membeli barang-barang dengan metode cicilan. Maksimal harga barang yang dapat dicicil mencapai R25 juta. Lumayan, kan?

Indo Dana mengharuskan penggunanya memiliki rekening dan memiliki pekerjaan tetap minimal sudah 3 bulan. Bunga yang dibebankan Indo Dana berkisar 0.53% sd 0.75% per harinya.  

Waspada sebelum mengajukan pinjaman online

Kemudahan yang ditawarkan oleh perusahaan fintech jangan sampai membuat kita lengah. Salah-salah, kita malah terjebak utang akibat bunga dan biaya lain yang sebelumnya kita tidak pernah tahu. 

Belum lagi masih ada risiko fintech illegal yang tidak diawasi oleh OJK. Fintech seperti ini berpotensi memakai data pribadi kita untuk hal-hal di luar persetujuan. 

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar aman saat mengajukan pinjaman online

Cek Apakah Terdaftar di OJK

Perusahaan financial technology yang beroperasi untuk pangsa pasar Indonesia wajib terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan terdaftar di OJK, pemerintah dapat memantau dan menghentikan operasi fintech bila terjadi pelanggaran. 

Meski begitu, masih banyak fintech di luar sana yang tidak terdaftar. Karena itu, kehati-hatian sebagai pengguna sangat dibutuhkan. 

Sebagai pengguna, kamu dapat mengecek daftar financial technology yang terdaftar di OJK pada link berikut ini

Tidak menyembunyikan besar pinjaman dan biayanya

Perusahaan financial technology yang baik akan memberikan semua informasi yang dibutuhkan sebelum pengguna mengajukan pinjaman. 

Lebih baik lagi kalau mereka secara terbuka mencantumkan besaran bunga, biaya administrasi, hingga biaya keterlambatan di situs resmi. 

Kamu perlu curiga dan sebaiknya meninggalkan opsi memilih fintech yang tidak terbuka terkait dengan hal ini. 

Perhatikan syaratnya

Perhatikan apakah syarat yang diberikan fintech tersebut masih cukup masuk akal atau tidak. Mengajukan pinjaman online sebenarnya sudah cukup dengan KTP. Kalau kamu mau mengirimkan slip gaji, pastikan hanya dalam kasus tertentu saja, misal pengajuan dengan limit besar. 

Mempunyai CS

Mempunyai customer service menjadi cara sederhana untuk menilai apakah suatu perusahaan fintech kredibel atau tidak. Lebih baik bila perusahaan memiliki customer service yang dapat dihubungi 24 jam. 

Pastikan CS perusahaannya kooperatif dan mau membantu bila terdapat masalah. Tanyakan informasi yang dibutuhkan sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online

Pelajari website-nya

Cara mudah lainnya untuk menilai sebuah fintech adalah dengan menilai website-nya. Pada sebelah kiri address bar, tempat untuk mengetikkan alamat situs web biasanya terdapat icon gembok.  Pastikan icon gembok tersebut berwarna hijau yang menandakan website tersebut bukanlah spam. Bila iconnya dicoret warna merah, kamu perlu waspada. 

Itulah beberapa opsi pinjaman online bunga rendah yang dapat menjadi pilihan kamu saat dibutuhkan. Ingatlah untuk selalu waspada dan teliti sebelum memutuskan untuk mengajukan online. Jangan sampai, kamu malah terjebak dalam gunungan utang dan kejaran debt collector. (Editor: Chaerunnisa)