6 Produk Pinjaman Uang di Pegadaian Beserta Syaratnya

pinjaman uang

Mengajukan pinjaman uang di Pegadaian adalah salah satu cara untuk mendapatkan dana segar dengan cepat sebagaimana sistem pengajuannya sangat mudah dan cepat. Bahkan, tidak kalah cepat dengan pinjaman online resmi maupun perbankan.

Anda tidak perlu khawatir, Pegadaian merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyaluran kredit untuk masyarakat luas lewat sistem gadai. Lagi pula, Pegadaian sudah berdiri lama sejak 1901. Sampai sekarang, sudah banyak jenis produk pinjaman yang dikeluarkan Pegadaian demi memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Semakin banyaknya produk pinjaman yang disediakan, jumlah nasabah Pegadaian pun meningkat setiap tahunnya. Pada tahun lalu, jumlah nasabah Pegadaian mencapai 10 juta orang. Sedangkan tahun ini, Pegadaian membidik 12,3 juta nasabah atau naik 23,4 persen dari perolehan di akhir 2018.

6 Produk Pinjaman Uang di Pegadaian

Produk Pinjam Uang di Pegadaian

Pegadaian menyediakan enam  produk pinjaman uang yang bisa diakses oleh masyarakat luas. Keenam produk pinjaman memiliki persyaratan, jumlah pinjaman, jangka waktu pinjaman, dan bunga yang berbeda-beda. Mari kita pelajari satu-persatu.

1. Kredit Cepat Aman (KCA)

KCA merupakan pinjaman dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif seperti berbelanja atau produktif seperti usaha. Pinjaman dari KCA bisa didapat dengan mudah, cepat, dan aman. Anda hanya perlu membawa aset pribadi sebagai agunan, misalnya emas, mobil, motor, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Jenis produk pinjaman KCA ini menggunakan sistem konvensional. Karena menggunakan sistem konvensional, maka peminjam dikenakan bunga 0,75% per 15 hari. 

Perolehan pinjaman mulai dari Rp50 ribu sampai Rp500 juta, dengan jangka waktu yang diberikan selama empat bulan. Namun, Anda bisa memperpanjangnya hingga tidak ada batas waktu, asalkan cicilan atau angsuran terus berjalan. 

Prosedur pengajuan KCA cukup mudah, Anda juga tidak perlu membuka rekening di bank. Pada saat mengajukan, Anda harus membawa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) atau identitas resmi lainnya, menyerahkan barang jaminan seperti BPKB dan STNK kendaraan asli, dan nasabah juga harus menandatangani surat bukti kredit (SBK).

Pelayanan KCA bisa diakses dari 4.000 gerai yang dimiliki Pegadaian di seluruh Indonesia. Pinjaman KCA ini bisa dilunasi secara cepat, asalkan dana peminjam cukup untuk melunasi.

2. Krasida 

Krasida merupakan produk pinjaman yang diberikan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal itu dilakukan demi kemajuan usaha para pelaku UMKM. Tidak perlu cemas, Krasida merupakan solusi keuanga tepercaya untuk mendapatkan pinjaman yang cepat, mudah, dan aman.

Proses pengajuannya sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu membawa fotokopi KTP dan kartu keluarga (KK), menyerahkan barang jaminan berupa kendaraan bermotor atau perhiasan, dan dokumen penting kendaraan bermotor (BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian). Bagi yang punya emas, maka bisa dibawa sebagai bahan agunan lainnya.

Pinjaman yang bisa diperoleh dari Krasida mulai dari Rp1 juta sampai Rp5 miliar. Jangka waktu pinjaman bisa dipilih selama 6-36 bulan dengan tarif sewa modal (bunga) yang diberikan cukup rendah, yaitu 1,25% per bulan. 

Pinjaman yang diperoleh dari Krasida bisa dilunasi sewaktu-waktu oleh peminjam dengan pemberian diskon untuk bunga. Layanan gadai Krasida tersedia di 4.400 outlet yang dimiliki Pegadaian di seluruh Indonesia. 

3. Kreasi 

Kreasi merupakan produk pinjaman dari Pegadaian yang diberikan kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk pengembangan usaha dengan sistem fidusia. Sistem ini bisa dilakukan dengan mengagunkan surat BPKB kendaraan bermotor saja sehingga kendaraan masih bisa digunakan peminjam untuk bekerja.

Produk Kreasi ini merupakan solusi tepat demi mendapatkan pinjaman dengan cepat, mudah, dan aman. Setidaknya hanya butuh tiga hari, setelah itu dana akan segera cair.

Mengenai prosedur pengajuan pinjaman Kreasi, Anda harus memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama satu tahun, membawa fotokopi KTP, KK, dan surat nikah, menyerahkan dokumen yang sah, dan menyerahkan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian).

Pinjaman yang bisa diperoleh dari Kreasi mulai dari Rp1 juta sampai Rp200 juta, tapi maksimal bisa mencapai Rp400 juta. Jangka waktu pinjaman sangat fleksibel, bisa memilih 12 bulan sampai 36 bulan, dengan bunga pinjaman yang relatif murah.

Hasil pinjaman yang diperoleh dari Kreasi bisa dilunasi sewaktu-waktu oleh peminjam. Layanan Kreasi bisa diakses di selurut outlet Pegadaian di Indonesia.

4. Rahn

Rahn merupakan produk pinjaman atau pembiayaan dengan mekanisme syariat islam. Saat mengajukan pinjaman, Anda hanya perlu menggadai emas perhiasan, emas batangan, berlian, ponsel, laptop, barang elektronik, mobil, barang, dan barang bergerak yang lainnya. 

Produk Rahn ini merupakan solusi yang tepat untuk mendapatkan pinjaman dengan cepat, mudah, dan aman. Karena prosedur pinjaman hanya memerlukan waktu selama 15 menit. 

Selama pengajuan pinjaman Rahn, Anda harus membawa fotokopi KTP atau kartu identitas resmi lainnya, memiliki barang jaminan, untuk kendaraan bermotor harus membawa BPKB dan STNK asli, dan nasabah harus menandatangani Surat Bukti Rahn (SBR).

Pinjaman yang bisa diperoleh dari Rahn mulai dari Rp50 ribu sampai Rp500 juta, tapi maksimal bisa mencapai Rp800 juta. Jangka waktu pinjaman selama empat bulan dan dapat diperpanjang berkali-kali.

Hasil pinjaman yang diperoleh dari Rahn bisa dilunaskan sewaktu-waktu oleh peminjam. Terdapat lebih dari 600 outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia yang bisa membantu menjelaskan layanan Rahn.

5. Amanah

Amanah merupakan produk pinjaman atau pembiayaan dengan prinsip syariah yang adil dan menentramkan. Pinjaman ini untuk karyawan maupun pengusaha mikro. 

Prosedur pengajuan produk amanah sangat cepat dan mudah. Apalagi biaya administrasinya murah dan angsuran tetap. 

Untuk mengakses produk Amanah, Anda harus menjadi pegawai tetap di suatu instansi pemerintah atau swasta, minimal kerja selama 2 tahun, harus membawa fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi SK pengangkatan sebagai pegawai/karyawan tetap, rekomendasi dari atasan langsung, dan slip gaji selama dua bulan terakhir. 

Anda juga harus mengisi dan menandatangani formulir aplikasi Amanah, membayar uang muka yang disepakati minimal 20%, dan menandatangani akad Amanah. 

Pinjaman yang bisa diperoleh dari Amanah mulai dari Rp5 juta sampai Rp450 juta. Jangka waktu pinjaman mulai dari 12 bulan sampai 60 bulan. Layanan Amanah mudah di akses lewat outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia.

6. Arrum 

Pinjaman atau pembiayaan Arrum diperuntukkan untuk pengusaha kecil yang ingin memperoleh modal usaha dengan menjaminkan BPKB kendaraan bermotor atau emas. Kendaraan masih tetap di tangan pemilik sehingga dapat digunakan untuk mendukung usaha sehari-hari.

Layanan Arrum menggunakan prinsip syariah. Untuk mengakses produk Arrum, Anda harus memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama satu tahun, membawa fotokopi KTP dan KK dan menyerahkan dokumen kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB asli, fotokopi STNK, dan faktur pembelian).

Pinjaman yang bisa diperoleh dari Arrum mulai dari Rp3 juta sampai Rp400 juta. Jangka waktu pinjaman mulai dari 12-36 bulan. 

Hasil pinjaman yang diperoleh dari Arrum bisa dilunaskan sewaktu-waktu oleh peminjam. Layanan Arrum tersedia di outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia.

Keunggulan dan Kelemahan Pinjaman Uang di Pegadaian

keuangan rumah tangga

Sewajarnya kita harus mengetahui keunggulan dan kelemahan pinjaman uang di Pegadaian sebelum mengajukannya. Apa saja kelebihan dan kekurangannya, mari simak penjelasan berikut.

Keunggulan produk pinjaman di Pegadaian

Sebagaimana diketahui, produk pinjaman di Pegadaian membutuhkan lampiran agunan. Tentu ada kelebihan yang didapatkan, seperti:

  • Pengajuan yang cukup singkat.
  • Tidak ada BI checking.
  • Pinjaman yang diterima mencapai 95% dari nilai taksiran aset jaminan.

Kekurangan produk pinjaman di Pegadaian

Jika dibandingkan dengan prosedur pinjaman uang dari lembaga lainnya, sistem pinjaman di Pegadaian menyimpan kelemahan, yaitu:

  • Plafon yang tidak terlalu besar.
  • Biasanya tenor yang diberikan lebih pendek.
  • Butuh agunan atau jaminan berupa aset berharga, seperti BPKB atau emas.
  • Bunga yang diberikan cukup besar, biasanya ada di kisaran 1% sampai 2% per bulan. Jika diperhatikan memang kecil, tapi saat dibayarkan bunganya, maka akan menjadi besar. 

Ada banyak cara untuk mencari pinjaman uang. Jika Anda menginginkan proses yang cepat dan mudah, maka tidaklah salah jika memilih Pegadaian. Namun jangan lupa untuk menyertakan agunan sebagai bagian dari persyaratan pengajuan pinjaman uang di Pegadaian, ya. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →