Udah Tahu? Ini Plus Minus Uang Tunai dan Non Tunai

Uang tunai menjadi salah satu alat transaksi yang masih menjadi primadona. Meski kini sudah banyak orang yang memilih transaksi non tunai untuk berbagai transaksi, tapi uang tunai tetap diperlukan untuk membayar sesuatu yang nominalnya kecil. Tarif parkir misalnya.

Akan tetapi gak sedikit juga orang yang fakir dengan uang tunai alias cashless. Kebanyakan merasa lebih nyaman bertransaksi menggunakan alat transaksi non tunai, baik kartu debit maupun kartu kredit. Alasannya, apalagi kalau bukan soal keamanan dan kemudahan penggunaannya.

Bila sebelumnya banyak orang yang dompetnya tebal berisi uang cash, kini mungkin banyak yang hanya mengantongi beberapa kartu elektronik sebagai alat pembayaran non tunai.

Gak heran sih, soalnya kini dunia tengah menuju masyarakat tanpa uang tunai atau cashless society. Contoh uniknya adalah di Cina, di mana sebagian penjual sayur di pasar tradisional sudah menerima pembayaran dengan e-money.

Gak mau ketinggalan, Indonesia pun kini sudah menerapkan pembayaran dengan non tunai untuk beberapa transaksi sehari-hari. Misalnya, untuk membayar tol yang sudah diharuskan menggunakan e-money.

Ya, sebenarnya semua itu balik lagi pada kenyamanan individu masing-masing sih, pengin melakukan transaksi menggunakan uang tunai atau non tunai.

Nah, kalau kamu sendiri lebih sering menggunakan uang tunai atau non tunai? Tahu gak sih, baik uang tunai maupun non tunai punya nilai plus dan nilai minus. Apa aja? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Uang Tunai

uang-tunai
Mata uang Rupiah (tempo)

Uang non tunai memang menjadi alat transaksi yang memudahkan banyak orang, misalnya untuk berbelanja. Tapi untuk sebagian orang, uang tunai tetap menjadi pilihan. Salah satu pengguna ‘setia’ uang tunai adalah kaum ibu rumah tangga.

Karena buat mereka, gak mungkin kan mau beli cabe di pasar pakai ATM alias digesek. Beda hal tentunya kalau belanjanya di supermarket. Tapi tetap aja ibu-ibu akan lebih milih belanja di pasar karena harganya yang dianggap relatif lebih murah.

Nah, berikut ini adalah lima plus minus uang tunai yang perlu kamu ketahui:

1. Lebih mudah bertransaksi

Di Indonesia sendiri masih banyak sekali tempat yang tak menerima pembayaran selain menggunakan uang tunai.

Gak cuma itu, seringkali juga ada gangguan jaringan yang membuat pembayaran non tunai tidak bisa dilakukan. Karena itu, untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu tetap menyimpan uang tunai di dompet daripada kamu kebingungan sendiri karena gak bisa bayar. Betul kan?

2. Risiko punya utang kecil

Saat lagi ke mall, banyak orang yang jadi kalap dan punya banyak utang karena membeli barang yang gak penting, karena tinggal gesek dengan kartu debit atau kredit.

Nah, sedangkan dengan uang tunai, kemungkinan kamu punya utang itu kecil. Terlebih lagi jika uang yang kamu punya tidak cukup untuk membeli barang yang kamu taksir itu.

3. Risiko kriminalitas

Meski begitu, uang tunai juga memiliki risiko lho salah satunya adalah rawan tindak kejahatan. Ya, membawa uang tunai dalam jumlah banyak bisa mengundang niat jahat bila diketahui orang asing.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Jadi kamu akan lebih berisiko dijambret dan ditodong. Karena itu, sebaiknya bawa uang tunai secukupnya saja ya.

4. Gampang hilang atau terselip

“Perasaan kemarin masih ada uang Rp 50 ribu, tapi kok sekarang gak ada.”

Hayo siapa yang sering mengalami hal seperti itu? Uang hilang entah kemana yang ujung-ujungnya bikin kesal sendiri.

Ya, mungkin kamu sering gak sadar meletakkan uang sembarangan seperti di saku, tas atau laci yang akhirnya tercecer dan tidak ditemukan lagi. Padahal kalau dikumpulkan, jumlahnya lumayan.

5. Gak praktis

Salah satu minusnya dari uang tunai adalah gak praktis. Membawa uang tunai dalam jumlah banyak apalagi kalau kamu menerimanya dalam berbagai pecahan, hanya akan membuat dompet terasa berat.

Uang Non Tunai

uang tunai
Kartu kredit (gobankingrates)

Uang non tunai juga menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan transaksi karena dianggap lebih praktis, tinggal gesek dan selesai. Apalagi, seringkali banyak merchant yang menawarkan diskon.

Karena itu, yuk simak lima plus minus uang non tunai berikut ini:

1. Transaksi lebih cepat

Sejujurnya melakukan transaksi menggunakan non tunai itu dapat mempersingkat waktu dalam melakukan pembayaran.

Selain kamu gak perlu menghitung duit saat akan melakukan pembayaran, kamu juga gak perlu ribet menarik uang di ATM atau menunggu kembalian.

2. Lebih aman dan transparan

Keuntungan lainnya dari non tunai adalah lebih aman dan transparan. Misalnya kartu debitmu dicuri, si pencuri tidak bisa mengambil uangmu karena ia harus tahu kode PIN-mu. Kamu juga bisa menghubungi pihak bank agar kartumu di blokir.

Selain itu, setiap transaksi yang menggunakan non tunai akan terekam di sistem. Jadi, kamu bisa tahu berapa uang yang sudah kamu keluarkan.

3. Tidak makan tempat

Berbeda dengan uang tunai yang akan banyak memakan space dompetmu, non tunai justru hanya butuh space kecil untuk menyimpan kartu pembayaran elektronik.

4. Mudah memancing hutang

Akan tetapi, non tunai juga berisiko membuat kamu memiliki banyak utang. Salah satu sebabnya, penyedia layanan uang non tunai umumnya memiliki banyak penawaran program utang yang menggiurkan.

Saking praktisnya, kamu mungkin juga akan tak sadar menggunakan kartu tersebut untuk melakukan pembayaran yang ujungnya bikin tagihanmu meledak.

5. Belum bisa dipakai di semua tempat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, belum semua tempat di Indonesia menerima pembayaran menggunakan uang non tunai. Salah satu contohnya adalah pasar tradisional.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Karena itu, disarankan agar kamu tetap menyimpan uang tunai namun dengan jumlah yang sewajarnya agar bisa melakukan transaksi di berbagai tempat.

Nah, itu dia plus minus uang tunai dan non tunai yang perlu kamu ketahui. Jadi, alat transaksi mana nih yang bakal sering kamu gunakan?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →