Bikin Makin Kreatif, Begini Kantor ‘Rumah Pohon’ Karyawan Microsoft

Microsoft treehouse office (inhabitat.com)

Kalau kantor Google terkenal dengan suasana kreatif dan unik, Microsoft punya rumah pohon sebagai salah satu ruang kerjanya. Iya, rumah pohon.

Gara-gara banyak karyawan yang ingin bekerja di luar ruangan dan alam terbuka yang asri, Microsoft pun mewujudkan keinginan tersebut dengan menciptakan rumah pohon yang punya fasilitas mumpuni.

Bukan cuma satu, tapi ada tiga rumah pohon yang didirikan di markas pusat Microsoft di Washington. Menurut Microsoft, area kerja di alam terbuka dapat meningkatkan kreativitas sekaligus kebahagiaan para karyawannya. Mungkin jadi kayak kerja rasa piknik ya.

Tapi jangan bayangkan area kerja ini seperti tempat bermain di film anak-anak. Sebagai area kerja, rumah ini dilengkapi bangku tahan berbagai cuaca, soket listrik, kursi goyang, perapian, Wi-Fi, serta dekat dengan kafetaria dan restoran barbekyu.

Selain ruang kerja, juga ada ruang meeting yang bisa digunakan. Penasaran gak kayak gimana penampakannya? Yuk, menjelajah kantor nyentrik ala Microsoft berikut ini.

Berada di alam terbuka yang asri

rumah pohon
(Image: BusinessInsider)

 

rumah pohon
(Image: nelsontreehouse)

Rumah pohon dibangun setinggi 3,6-4,8 meter dari atas kaki. Rumah ditopang oleh beberapa pohon dan dikelilingi pemandangan yang asri. Hampir semua furnitur yang digunakan terbuat dari kayu cedar merah. Hal ini membuat rumah memiliki aroma yang khas dan segar.

Jalur mencapai rumah

rumah pohon
(Image: detik)

Antar rumah dan bangunan kantor lain dihubungkan dengan jembatan kayu yang panjang. Sambil berjalan menuju TKP kamu bisa menikmati udara segar dan aroma pepohonan pinus yang menenangkan.

Gak bisa dimasuki sembarang orang

rumah pohon
(Image: BusinessInsider)

Meski di alam terbuka, bukan berarti tiap ruang bisa dimasuki oleh siapa pun. Hanya karyawan yang memiliki Microsoft keycard yang bisa mengakses tiap ruang di rumah ini.

Kerja sambil santai? Tentu bisa!

rumah pohon
(Image: BusinessInsider)

Bahas kerjaan gak mesti dalam situasi penuh ketegangan kan? Di sini kamu bisa berpikir dengan benar-benar rileks deh.

Ada liftnya juga

rumah pohon
(Image: BusinessInsider)

Bangunan rumah umumnya menggunakan tangga spiral. Meski begitu pada rumah ketiga yang selesai dibangun paling terakhir terdapat sebuah lift. Di mana lagi bisa naik lift di alam terbuka?

Begini ruang meeting-nya

rumah pohon
(Image: nelsontreehouse)

Ruang meeting memanfaatkan skylight alias bukaan pada atap untuk meningkatkan intensitas cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan. Ruang ini gak cuma jadi terang tapi juga indah dipandang. Benar gak?

rumah pohon
(Image: nelsontreehouse)

Rumah ini dirancang langsung oleh Pete Nelson dari TV Treehouse Masters. Bangunan rumah dibuat dengan desain yang dapat mengikuti pertumbuhan pohon di sekitarnya, sehingga diprediksi dapat bertahan setidaknya 20 tahun.

Berdasarkan penelitian, suasana alam dapat menstimulasi saraf di otak, sehingga dapat meredakan stres dan meningkatkan fokus serta kreativitas. Ditambah lagi, pepohonan dan tanaman mengeluarkan bahan aromatik yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, sehat-senang-produktif. Lengkap deh!

Gimana? Bikin kepengen gak sih konsep area kerja Microsoft ini. Nah, kalau waktu kerjamu cukup fleksibel dan gak harus ngantor tiap hari, mungkin bisa mencoba alam terbuka sebagai tempat kerja. Bukan coffee shop melulu.

Tapi, kira-kira ada gak ya alam terbuka di Jakarta atau kotamu yang nyaman buat kerja? Coba kasih tahu di kolom komentar.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →