Simak! Untaian Kata-Kata Mutiara Prabowo Subianto yang Bikin Semangat Berbisnis

Prabowo Subianto (Instagram)

Butuh motivasi buat menjalankan bisnis atau usaha? Kata-kata mutiara dari Prabowo Subianto ini bisa membuatmu semakin bersemangat.

Sebagai calon Presiden Republik Indonesia, Prabowo gak cuma bergelut di dunia politik. Pria kelahiran 17 Oktober 1952 ini juga merupakan pengusaha sukses.

Mantan Danjen Kopassus itu memiliki banyak usaha, seperti PT Kiani Kertas yang dulu merupakan milik Bob Hasan, PT Tidar Kerinci Agung, PT Tanjung Redep Hutani, dan PT Batubara Nusantara Coal.

Dengan bisnis yang menggurita, Prabowo bisa sukses di kemudian hari. Hartanya sangat berlimpah. Selain punya rumah yang luar biasa megah, dia juga punya koleksi mobil hingga hewan ternak.

Harta kekayaannya mencapai Rp 1,9 triliun, sudah setara dengan orang terkaya di RI urutan Rp 147!

Ingin tahu kata-kata mutiara Prabowo Subianto yang bikin kamu semangat berbisnis? Yuk, simak lebih lanjut di bawah ini:

1. Jadi pemimpin harus tegas, jangan kasar

Jadi pemimpin harus tegas, jangan kasar
Jadi pemimpin harus tegas, jangan kasar

“Pemimpin itu harus bijak, arif, santun, sopan, jangan kasar, ganteng, dan gagah. Itu pemimpin yang kita mau. Intinya ojo dumeh, ojo lali, jangan ngoyo dan memaksakan diri. Jangan bertindak sewenang-wenang,” kata Prabowo Subianto dalam acara pelantikan Dewan Pengurus Pusat APSI Periode 2015-2020.

Meski terkesan berbau politik, tapi sebenarnya quotes ini adalah pesan yang sifatnya universal. Mentang-mentang Prabowo Subianto capres bukan berarti apa yang dia katakan tentang pemimpin bermakna presiden.

Pemimpin bisa jadi presiden direktur, CEO, atau presiden komisaris di perusahaan. Sebagai petinggi perusahaan, salah besar kalau kamu kasar. Kamu justru harus tegas mengambil keputusan, dan sebagainya.

Jangan plin-plan deh sebagai pemimpin bisnis. Harus tegas! Dan jangan sewenang-wenang juga ketika kamu bertindak.

2. Jika ada di posisi atas, selalu ingat yang di bawah

Jika ada di posisi atas, selalu ingat yang di bawah
Jika ada di posisi atas, selalu ingat yang di bawah

Prabowo Subianto juga berpesan, ketika kita sedang ada di atas jangan pernah melupakan yang ada di posisi bawah.

Ungkapan ini bisa diartikan, ketika bisnis yang kita jalani sedang bagus maka jangan lantas terlena situasi. Kita juga gak boleh lupa daratan begitu saja karena sudah sukses.

Alangkah baiknya lebih dermawan seiring makin suksesnya bisnis yang kamu gawangi.

3. Jangan benci orang kaya

Jangan benci orang kaya
Jangan benci orang kaya

Menurut Prabowo, alasan tidak membenci orang kaya adalah karena Tanah Air butuh orang kaya yang sanggup membantu proses nation building. Lantas, gimana dengan kamu?

Tentunya kita semua juga butuh orang kaya yang bisa kita rangkul untuk kerja sama atau sebagai investor.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Bayangin aja kalau mereka sepakat menyuntik dana ke bisnismu, tentu kamu bakal mudah melakukan pengembangan usaha.

4. Jika dicemooh, balas dengan kebaikan

Jika dicemooh, balas dengan kebaikan
Jika dicemooh, balas dengan kebaikan

Dalam bisnis, persaingan itu wajar. Black campaign, kritik, atau hal-hal yang sifatnya menjelek-jelekkan usahamu tentu bakal bermunculan di kemudian hari.

Tentunya salah besar jika kamu justru balik menjelek-jelekkan orang atau brand lain yang diduga melancarkan serangan kepadamu. Ikuti saja kata Pak Prabowo Subianto, balas dengan kebaikan.

Masih ada kebaikan lain yang bisa kamu lakukan untuk mendongkrak penjualan. Seperti melangsungkan kegiatan bakti sosial, donasi, atau menciptakan produk yang jadi solusi bagi masyarakat.

Jika kamu aktif melakukan itu, maka perusahaanmu pun akan dipandang baik. Otomatis produk yang kamu jual bisa makin laku di masa depan.

5. Tidak boleh ada orang miskin di Indonesia

Tidak boleh ada orang miskin di Indonesia
Tidak boleh ada orang miskin di Indonesia

Pak Prabowo Subianto menegaskan, tidak boleh ada orang miskin di Indonesia. Lantas, gimana cara mewujudkannya?

Berbisnis bisa membuatmu jauh dari kemiskinan, dan mengalami kesulitan finansial di kemudian hari. Tapi, apa dulu bisnisnya?

Jika memang kamu ingin berbisnis biar gak miskin di kemudian hari, pilihlah bisnis yang memang menguntungkan untuk masa depan. Jangan asal-asalan ya!

Itulah lima kata mutiara dari Prabowo Subianto yang bisa bikin para pengusaha jadi makin semangat.

Apa kamu cukup termotivasi dengan quotes beliau? (Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →