Sederet Prestasi Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Kancah Internasional

Walikota-Surabaya-Tri-Rismaharini-Instagram.

Tri Rismaharini kini terpaksa dirawat di RSUD dr. Soetomo, Surabaya. Bahkan pada Selasa (25/6) lalu, ia sempat dibawa ke ruang ICU untuk menjalani pemeriksaan yang intens. 

Dikutip dari CNN Indonesia, penanganan ekstra pun diberikan untuk Walikota Surabaya ini. Pihak rumah sakit sampai mengerahkan 15 dokter untuk memantau kesehatannya. 

Bu Risma sapaan akrabnya, didiagnosis terkena asma dan maag akut. Penyebabnya tak lain adalah karena kelelahan. Maklum saja, jadwal mondar-mandirnya memantau perkembangan Kota Surabaya memang padat banget.

Ia terkenal gak cuma memberikan perintah ke bawahan, tapi juga turut serta memantau secara langsung dengan terjun ke lapangan. Berkat kerja kerasnya itulah ia berhasil mengubah wajah Surabaya menjadi seindah dan sebersih saat ini. 

Kini, walikota perempuan pertama di Surabaya itu tengah dalam keadaan istirahat total, dokter pun tengah membatasi komunikasinya dan interaksinya dengan pihak luar demi mempercepat kesembuhannya. 

Ngomong-ngomong soal Tri Rismaharini, kita mau ngebahas sederet prestasi dan penghargaan yang diraihnya nih, khususnya selama ia menjabat sebagai Walikota Surabaya, apa saja? 

Baca juga: Inspiratif! 5 Tokoh Nasional Ini Bisa Sukses Tanpa Gelar Sarjana

1. Mendapat penghargaan Innovative City of the Future di London 

Tri Rismaharini
Mendapat penghargaan Innovative City of the Future di London (Instagram).

Dikutip dari Antara, tahun 2014 lalu, Tri Rismaharini, mewakili Surabaya mendapatkan penghargaan bergengsi dari London Summit Leaders, dalam kategori Innovative City of the Future. Saat itu, Surabaya jadi satu-satunya kota perwakilan dari Indonesia. 

Penghargaan ini diberikan berkat penilaian dari para ahli tata kota di Eropa. Surabaya dinilai mengalami perubahan drastis di bawah kepemimpinannya. Selain itu, gaya kepemimpinan Risma sebagai pemimpin perempuan yang tegas dan berani melakukan gebrakan juga dipuji di acara tersebut. 

2. Terima penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award 2015

Tri Rismaharini
Terima penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award 2015 (Instagram).

Bu Risma juga mendapatkan penghargaan sebagai sosok yang jelas terlibat langsung dalam melawan tindak korupsi pada tahun 2015. Dikutip dari Rappler, aksi nyata Risma memberantas korupsi sebenarnya sudah dilakukannya sejak tahun 2002. 

Saat itu ia masih menjabat sebagai Kepala Bagian Bina Program Pembangunan Kota Surabaya, ia mengeluarkan terobosan e-procurement atau lelang pengadaan barang elektronik. Hasilnya, proses lelang berjalan secara transparan tanpa adanya gratifikasi. 

Kemudian, saat menjadi walikota pada tahun 2010, ia telah menerapkan sistem e-government yang berkontribusi besar untuk mencegah tindak pidana korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. 

Baca juga: Mengenal Maria Oentoe, Sosok Pengisi Suara Teater Bioskop Dibuka

3. Membawa Surabaya menjadi kota terbaik se-Asia Pasifik kategori partisipatif

Tri Rismaharini
Membawa Surabaya menjadi kota terbaik se-Asia Pasifik kategori partisipatif (Instagram).

Prestasinya dalam membangun Surabaya tak perlu diragukan lagi. Dunia internasional saja telah memberinya segudang penghargaan, seperti salah satunya sebagai kota terbaik se-Asia Pasifik dalam kategori partisipatif di tahun 2012. 

Hal ini diberikan karena Surabaya berhasil mensinergikan antara pemerintah, swasta, pelajar, dan seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu mengembangkan Surabaya. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

4. Masuk nominasi 10 wanita paling inspiratif Majalah Forbes tahun 2013 

Tri Rismaharini
Masuk nominasi 10 wanita paling inspiratif Majalah Forbes tahun 2013 (Instagram).

Aksi-aksi politisi PDIP ini dalam membangun Surabaya turut mendapatkan banyak sorotan media Indonesia dan luar. Alhasil, ia pun dianugerahkan ke jajaran 10 wanita paling inspiratif versi majalah finansial dunia Forbes di tahun 2013 silam. 

5. Walikota terbaik ketiga di dunia

Tri Rismaharini
Walikota terbaik ketiga di dunia (Instagram).

Gak sampai di situ saja, Walikota Surabaya yang telah menjabat sejak 2010 ini juga pernah diganjar sebagai walikota terbaik ketiga di dunia oleh The World Mayor Prize di tahun 2014 silam. Penghargaan ini diberikan oleh yayasan City Mayor yayasan non-profit walikota sedunia. 

6. FutureGov Award 2013 

Tri Rismaharini
Mendapat penghargaan FutureGov Award 2013 (Instagram).

Di tahun 2013, Surabaya di bawah kepemimpinan Tri Rismaharini mendapatkan penghargaan FutureGov Award, sebuah penghargaan bergengsi tingkat Asia Pasifik.

Di situ Surabaya memenangkan kategori Data Center Pemerintahan terbaik dan juga Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC). Penghargaan itu diberikan dengan menyingkirkan 800 kota di Asia Pasifik lainnya. 

Baca juga: Resmi Sandang Status Miliuner, Ini Sumber Duit Jay-Z yang Jarang Diketahui

7. Ideal Mother Award 2016

Tri Rismaharini
Ideal Mother Award 2016 (Instagram).

Pada Maret 2016, Risma mendapatkan penghargaan Ideal Mother Award dari Universitas Kairo Mesir. 

Itulah sebagian kecil penghargaan internasional yang diraih oleh Tri Rismaharini. Semoga penghargaan yang didapatkannya bisa menginspirasi anak muda dan khususnya walikota-walikota lainnya di Indonesia untuk bekerja lebih giat lagi. Dan jangan lupa, doakan pula untuk kesembuhan Bu Risma biar bisa kembali bekerja melayani warga Surabaya ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →