5 Profesi di Indonesia Berhubungan Kematian, Pembaca Yasin hingga Makeup Jenazah!

profesi di indonesia

profesi di indonesia

Seiring perkembangan zaman yang kian canggih, semakin bermunculan pula berbagai profesi di Indonesia yang menjadi ladang rezeki bagi banyak orang.

Salah satu profesi di Indonesia adalah driver transportasi online alias tukang ojek. Profesi satu ini memang sudah ada sejak lama. 

Tapi, kalau dulu, cukup sulit mencari tukang ojek yang mangkal dan tarifnya juga lebih mahal. Kalau sekarang, kamu hanya perlu membuka aplikasi dan bisa pesan ojek sambil duduk santai di rumah. 

Para driver juga tak hanya mengantar penumpang, tapi juga mengantarkan makanan serta belanjaan dari supermarket.

Itu tentu saja sangat menguntungkan, selain membuka peluang pekerjaan, turut memudahkan masyarakat yang selama ini kesulitan mendapat kendaraan umum.

Meski begitu, masih ada beberapa profesi di Indonesia yang tetap bertahan hingga saat ini dan tidak tergerus kecanggihan teknologi. Salah satunya, profesi yang berhubungan dengan kematian.

Karena gak mungkin kan kamu sewa orang untuk memandikan jenazah. Pastinya menggunakan jasa pemandi jenazah yang memang sudah diketahui di sekitar tempat tinggalmu.

Lalu, apa saja profesi di Indonesia yang banyak dicari orang yang berhubungan dengan kematian? Berikut, lima di antaranya:

1. Jasa pemandi jenazah

Profesi di Indonesia
Jasa pemandi jenazah

Profesi sebagai pemandi jenazah tentu paling banyak dicari saat ada orang yang meninggal. Bukan tanpa sebab, sebelum jenazah dikubur atau dikremasi, jenazah seseorang harus dalam keadaan bersih.

Meski begitu, profesi satu ini umumnya tidak mematok upah atau bayaran. Istilah dalam Indonesia bayar seikhlasnya. Yaitu, semampunya pihak keluarga yang berduka memberikan uang.

Namun, perlu diketahui, tak semua orang bisa melakoni profesi tersebut. Pasalnya, dalam memandikan jenazah harus sesuai dengan ajaran agama. Itulah mengapa, profesi sebagai pemandi jenazah tetap bertahan hingga saat ini.

Baca juga: Ngaji Tengah Malam Sampai Subuh! Ini Kisah Unik Pembaca Yasin di Kuburan

2. Tukang gali kubur

Profesi di Indonesia
Tukang gali kubur

Tukang gali kubur juga tentu saja yang paling dicari saat ada yang meninggal. Karena memang gak semua orang bisa menggali kuburan dengan benar alias harus memiliki keterampilan khusus. 

Mereka harus bisa memperkirakan kedalaman dan luas liang lahat dan gak semua orang juga bisa membuat galian di tanah.

Tukang gali kuburan umumnya hanya mendapat upah ketika ada yang meninggal dunia. Untuk bayaran yang mereka terima juga tidak pasti, tergantung dari pihak keluarga jenazah.

Kadang mereka bisa mendapatkan bayaran lebih dari Rp 10 juta, tapi sering juga hanya mendapat ratusan ribu rupiah. Karena kalau dipatok, bagaimana nasib orang-orang tidak mampu yang buat makan saja susah.

Baca juga: Habiskan Miliaran Rupiah! Ini 4 Upacara Pemakaman di Indonesia Termahal Sejagat

3. Pembaca yasin di kuburan

Profesi di Indonesia
Pembaca Yasin di kuburan

Kalau dalam agama Islam, membacakan surat Alquran sudah menjadi suatu tradisi dan juga kewajiban. Selain saat jenazah masih ada di rumah, juga saat sudah dikuburkan.

Gak heran kalau profesi sebagai pembaca yasin di kuburan tetap bertahan hingga sekarang dan bahkan gak tergerus dimakan zaman.

Sama halnya dengan profesi lain, jenis pekerjaan satu ini juga tidak mematok harga alias semampunya pihak keluarga memberikan uang.

Namun, salah satu pembaca yasin kuburan di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan mengaku biasanya mendapat upah Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu per harinya.

4. Jasa masak

Profesi di Indonesia
Jasa masak

Usai jenazah dimakamkan, biasanya pihak keluarga akan mengundang para tetangga untuk datang ke rumah untuk membacakan yasin atau yang terkenal dengan sebutan tahlilan.

Nah, mereka yang notabene masih berduka tentu gak memiliki tenaga untuk membuat makanan untuk para tamu yang datang. Pihak keluarga umumnya akan menggunakan jasa masak untuk keluarga dan tamu.

Harganya juga umumnya disesuaikan dengan kemampuan dan apa saja makanan yang ingin disajikan keluarga.

5. Perias jenazah

Profesi di Indonesia
Perias jenazah

Meski terbilang menguntungkan, tak semua orang ingin melakoni profesi sebagai perias mayat atau makeup jenazah.

Selain terasa menyeramkan karena harus merias orang yang meninggal, mereka yang melakoni profesi satu ini juga harus siap kapanpun. 

Sebab, makeup jenazah hanya bisa dilakukan dengan baik maksimal dua jam setelah kematian lantaran jika lewat dari jam tersebut maka pori-pori kulit akan tertutup.

Namun, tak sedikit orang, apalagi para orang kaya yang menggelontorkan bujet besar hingga jutaan rupiah untuk membuat keluarganya yang meninggal tetap terlihat cantik hingga akhir.

Bahkan, bisa dibilang pekerjaan sebagai perias jenazah sama dengan makeup artist biasa. Semakin ahli dan semakin mahal peralatan yang digunakan, maka semakin besar pula tarifnya.

Itulah lima profesi di Indonesia yang berhubungan dengan kematian dan tetap bertahan di era modern seperti sekarang ini. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis