Pengin Profil LinkedIn Menarik dan Dilirik oleh Rekruter, Begini Caranya!

LinkedIn

LinkedIn merupakan salah satu jejaring sosial yang diperuntukkan para profesional. Nah gimana sih caranya agar profil LinkedIn kamu menarik dan dilirik oleh rekruter atau head hunters? 

Saat ini banyak banget para profesional menggunakan LinkedIn buat mendapatkan peruntungan di dunia kerja. Ya, pasalnya nih jejaring sosial ini emang bukan diperuntukkan ‘Nge-Like” foto atau bikin stories berupa video. 

Kamu pasti udah gak asing lagi dengan jejaring sosial yang satu ini? Warna biru memang begitu melekat dengan jejaring sosial LinkedIn ini. Biasanya di profil akun kalian nanti bakal diminta buat menuliskan pengalaman kerja mu hingga bangku pendidikan. 

Gak cuma itu, kamu juga bisa menambahkan beragam skills di pekerjaan mu yang nantinya bisa menarik para rekruter atau head hunters. Seperti dikutip dari Jurnal.id, Sabtu, (21/12/2019), ada beberapa tips jitu agar profil kamu dilirik oleh HR, rekruter maupun head hunters. Yuk langsung aja baca di bawah ya. 

Baca juga: 4 Profesi Seru dan Paling Menjanjikan untuk Kamu Generasi Milenial

1. Gunakan foto profil profesional di LinkedIn

LinkedIn
Pakai foto yang profesional dan kece, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seperti yang kita ketahui kalau LinkedIn ini merupakan salah satu jejaring sosial buat para profesional. Oleh karena itu pastikan nih kamu memilih foto yang memiliki kualitas tinggi, menarik, perhatian dan memperlihatkan wajahmu secara jelas. 

Foto profil profesional gak selalu menggunakan jas dan dasi layaknya foto ijazah. Kamu bisa kok mengunggah foto yang casual tapi tetap sopan dan terkesan profesional banget. 

Baca juga: Dear Pencari Kerja, Nyebar CV di Akhir Desember Ternyata Sangat Baik Lho!

2. Memilih headline profil yang pas

LinkedIn
Bikin headline yang pas di profil mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pilih headline profil kamu yang pas dan tepat sesuai dengan bidang pekerjaan kamu sendiri. Saat menggunakan headline ini, ada peluang para HR atau rekruter melirik profilmu. 

Jadi sebisa mungkin bikin headline profil dengan kalimat yang penuh makna dan singkat. Jadi apapun headlinennya yang kalian buat benar dan gak dibuat-buat ya.

Baca juga: Kemampuan yang Dibutuhkan Saat Mencari Lowongan Kerja di Industri 4.0

3. Gunakan ringkasan kamu

linkedIn
Bikin ringkasan profil mu yang bagus, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pada bagian ini, isilah rangkuman karier kamu sampai saat ini. Usahakan sebisa mungkin simpan sebagian besar detil untuk bagian pengalaman di profil kamu. 

Di sini kamu juga bisa menulis tentang apa yang disukai, apa yang membuat tergerak dan apa yang membuat kamu bangun pagi. Pastikan kamu gak menulis dengan kalimat yang berlebihan usahakan singkat dan jelas. 

4. Jual pengalamanmu agar dilirik rekruter

LinkedIn
Jual penglaman mu di profil LinkedIn agar dilirik oleh rekruter maupun HR, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di sesi ini memang seperti CV atau resume, kamu perlu memberikan gambaran atau cerita lengkap soal perjalanan kariermu sampai saat ini. Ini sangat penting sih buat kamu yang pengin memiliki jenjang karier selanjutnya. 

Deskripsikan soal peran dan tanggung jawabmu di perusahaan. Usahakan sorot pencapaian atau proyek pentin yang telah anda kerjakan. Dengan begitu perekrut gal perlu membaca deskripsi pekerjaan lain. 

5. Bagikan hasil karya yang udah dibuat

LinkedIn
Bagikan hasil karya yang udah dibuat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah ini sangat penting bagi seorang profesional membagikan beberapa hasil karya yang udah dipublikasikan. Kamu bisa menaruhnya di profil LinkedIN mu. 

Saat memangjang hasil karyamu, rekruter atau HR bakal memiliki penilaian tersendiri soal pofil dan portfoliomu. 

Nah itu dia tips jitu gimana bikin profil LinkedIn mu menarik dan bisa dilirik oleh HR perusahaan bergengsi atau rekruter. Selamat mencoba! Semoga keberuntungan memihak mu nih, mengingat udah mau memasuki tahun baru lho! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →