5 Provinsi dengan Penduduk Paling Sehat di Indonesia, Minat Tinggal Di Sana?

Jenis Asuransi Kesehatan

Kesehatan penduduk merupakan salah satu aspek penting yang dapat menentukan tingkat kesejahteraan suatu daerah. Perlu dipahami bahwa tingkat kesehatan rata-rata penduduk suatu provinsi dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, mulai dari tingkat stres yang tinggi, sulitnya akses fasilitas kesehatan, hingga pola makan yang kurang sehat. 

Nah, berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik, menyebutkan bahwa beberapa provinsi di Indonesia sendiri memiliki angka harapan hidup antara 60 hingga 74 tahun. Angka tersebut terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya menyentuh angka 71 tahun. 

Lalu, provinsi mana saja sih yang memiliki penduduk paling sehat dan apa saja indikator yang memengaruhi tingkat kesehatan tersebut? Mari simak informasi lengkapnya bersama-sama! 

1. Yogyakarta 

provinsi wisata jawa tengah

Daerah Istimewa Yogyakarta disebut sebagai provinsi dengan angka harapan hidup paling tinggi di Indonesia. Rata-rata angka harapan hidup masyarakat Indonesia pada tahun 2019 mencapai 71 tahun, sementara di Yogyakarta mampu mencapai 74 tahun. 

Menariknya, hal ini ternyata dipengaruhi oleh pola hidup penduduk Yogyakarta yang mampu mengelola stres dengan baik. Salah satu faktor paling nyatanya adalah biaya hidup yang terbilang rendah. 

Bayangkan saja, di Yogyakarta, kita bisa mendapatkan nasi gudeg dengan harga kira-kira Rp3 ribu saja. Selain itu, masyarakat Yogyakarta juga memiliki budaya kekeluargaan yang masih sangat kental. Mereka masih senang interaksi setiap pagi dengan tetangga dan masyarakat lingkungan sekitar. 

Kedua faktor tersebut tanpa disadari telah memengaruhi tingkat stres masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan akhirnya dapat membuat masyarakat Yogyakarta lebih semangat menjalani hidup. 

2. Jawa Tengah

Jawa Tengah memiliki begitu banyak kota indah yang menarik untuk dikunjungi, seperti Semarang, Solo, Purwokerto, Magelang, dan masih banyak lagi. Menariknya Jawa Tengah juga masuk sebagai salah satu provinsi dengan tingkat harapan hidup yang sama dengan Yogyakarta, yaitu 74 tahun. 

Hal ini dipengaruhi oleh berbagai inovasi pelayanan kesehatan yang di-inisiasikan oleh Hendrar Prihadi, mantan walikota Semarang tahun 2013. Beberapa program yang diciptakannya adalah Pelayanan kesehatan gratis bernama Universal Health Coverage (UHC), pelayanan ambulans gratis selama 24 jam bernama Ambulance Hebat, layanan konsultasi kesehatan gratis di nomor 1500-132, dan layanan kesehatan online Puskesmas 5G. 

Dengan fasilitas kesehatan di atas, tak heran jika provinsi Jawa Tengah, khususnya ibu kota Semarang,  mampu menduduki peringkat kedua dalam daftar angka harapan hidup tertinggi di Indonesia. 

3. Kalimantan Timur 

provinsi paling sehat semarang

Di posisi ketiga dalam daftar provinsi dengan penduduk paling sehat adalah Kalimantan Timur yang memiliki angka harapan hidup 73 tahun. Hal ini didukung dengan munculnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dijalankan oleh Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak. 

Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk membudayakan suatu masyarakat menjalankan pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan yang kurang sehat. Selain itu, Kalimantan Timur juga menyediakan fasilitas kesehatan berupa 106 puskesmas, 82 puskesmas non rawat inap, 183 puskesmas keliling, dan 722 puskesmas pembantu. 

Tidak hanya itu saja, pelayanan kesehatan lainnya yang juga bisa dikunjungi di Kalimantan Timur adalah 9 rumah bersalin, 307 balai pengobatan serta klinik, 914 praktik dokter perorangan, 38 praktik pengobatan tradisional, 2 bank darah rumah sakit, dan 10 unit transfusi darah. 

Kemudahan akses fasilitas kesehatan ini membuat provinsi yang akan menjadi ibu kota Indonesia ini memiliki angka harapan hidup cukup tinggi. 

4. DKI Jakarta 

provinsi penduduk tajir Jakarta

Meski dikenal sebagai kota yang macet dan individualis, DKI Jakarta ternyata memiliki angka harapan hidup yang cukup tinggi, lho! Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), masyarakat Jakarta memiliki rata-rata usia hidup sekitar 72 tahun. Hal ini disebabkan karena meningkatnya status kesehatan masyarakat Jakarta. 

Perlu dipahami bahwa saat ini ibu kota Indonesia sedang diramaikan dengan tren gaya hidup sehat. Berbagai kegiatan seputar olahraga dan makanan sehat pun semakin banyak bermunculan di media sosial. Dapat disimpulkan bahwa masyarakat Jakarta kini mulai sadar pentingnya menerapkan pola hidup sehat sedari muda. 

Tidak hanya itu saja, fasilitas kesehatan yang ada di Jakarta pun juga semakin meningkat. Sebut saja di antaranya layanan kesehatan BPJS, keterjaminan vaksin, meningkatnya jumlah puskesmas dan rumah sakit yang dapat di akses di berbagai daerah di Jakarta. 

5. Jawa Barat 

provinsi paling sehat semaran

Di posisi terakhir adalah provinsi Jawa Barat dengan angka harapan hidup mencapai 72 tahun. Angka tersebut terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 69 tahun. 

Meningkatnya angka harapan hidup ini dipengaruhi oleh peningkatan program kesehatan yang dicanangkan oleh Pemerintahan Provinsi (PemProv) Jawa Barat. Beberapa program kesehatannya adalah pembangunan sanitasi, PHBS, pembangunan sekitar 50 ribu posyandu yang tersebar di seluruh provinsi Jawa Barat. 

Melihat pertumbuhan angka harapan hidup kelima provinsi di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemerintah dalam memenuhi fasilitas kesehatan berperan krusial dalam menunjang kesehatan penduduknya. Itu sebabnya, mari dukung program kesehatan pemerintah dan bersama kita tingkatkan angka harapan hidup di Indonesia! 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →