Masih Mau Malam Tahun Baruan di Puncak? Cuma Bisa Jalan Kaki Lho!

puncak

Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat masih menjadi primadona banyak orang melewati malam Tahun Baru. Tak terkecuali, untuk malam Tahun Baru 2020, masih banyak orang ingin melewatinya di Puncak.

Karena itu, jalur Puncak akan ditutup dari semua jenis kendaraan selama malam Tahun Baru 2020. Pasalnya, di jalur dengan panjang sekitar 22 kilometer itu akan diberlakukan Car Free Night (CFN).

CFN tersebut dimulai hari Selasa, 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB hingga Rabu, 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB.

“Jadi untuk car free night kita melakukan pembatasan. Pembatasannya sendiri betul kepada (kendaraan) roda empat dan roda dua, namun kita lebih fokuskan kepada roda empat,” kata Kasatlantas Polres Bogor, AKP Fadli Amri, seperti dilansir dari Wartaekonomi.

Kawasan steril dari semua kendaraan

puncak
Kawasan steril dari semua kendaraan

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono menegaskan, Jalur Puncak, Kabupaten Bogor harus steril dari kendaraan pada perayaan malam Tahun Baru. Sehingga, yang diperkenankan melintas di jalur tersebut hanya pejalan kaki.

“Steril dari kendaraan motor juga enggak boleh, semua jalan kaki. Ini steril semua karena kantong-kantong parkir disiapkan,” imbuhnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang hendak bermalam tahun baru di Jalur Puncak, sudah memasuki Jalur Puncak sebelum pemberlakuan CFN. 

Begitu pula sebaliknya, karena kendaraan yang sudah ada di Jalur Puncak tidak diperkenankan keluar pada saat pemberlakuan CFN.

Baca juga: 4 Hotel di Puncak Ini Menawarkan Sensasi Seperti Menginap di Bali

Pengaturan lalu lintas

puncak
Pengaturan lalu lintas

Kepala Unit Turjawali Ipda Danny Sutarman mengungkapkan, untuk mengatur kendaraan yang membeludak di jalur Puncak, kepolisian menerapkan satu arah atau one way hingga car free night hingga 3 Januari 

“Arus kepadatan kendaraan menuju Puncak sudah terurai jam 10 pagi tadi hingga Tol Gadog,” ungkapnya, Sabtu 28 Desember 2019. 

Lebih lanjut, Danny memaparkan, kepadatan arus kendaraan terhambat di beberapa titik kawasan wisata, dari mulai Simpang Megamendung, Cimory,  hingga Taman Wisata Matahari. 

“Sementara untuk kepadatan arah puncak menuju Jakarta, ekor hingga wilayah Hanjawar Cipanas sekitar 2,5 kilo hingga perbatasan Kabupaten Bogor,” katanya. 

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Muhammad Fadli Amri, menambahkan jalur Puncak akan diberlakukan satu arah atau one way secara situasional setiap harinya mulai dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB, one way diberlakukan untuk arah Jakarta menuju Puncak. Sementara, pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, arah one way sebaliknya, dari Puncak menuju Jakarta.

Baca juga: Makan Anggur hingga Tidur di Kuburan, Ini Cara Orang Merayakan Tahun Baru

Sudah diterapkan sepekan sebelum Tahun Baru

Sudah diterapkan sepekan sebelum Tahun Baru

One way sudah diterapkan sejak tanggal 23 Desember 2019 lalu hingga 3 Januari 2020. 

“Untuk info up date terkait rekayasa lalu lintas masyarakat bisa melihat media sosial Intagram, Twitter, dan Facebook, TMCPolresBogor,” imbuhnya.

Itulah aturan-aturan yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan melalui malam Tahun Baru di Puncak.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →