Mengenal Ajang Putri Pariwisata Indonesia, Kontes Kecantikan Berkelas Dunia

Putri-Pariwisata-Indonesia-Kontes-Kecantikan-Berkelas-Dunia-Instagram.

Sosok eks Putri Pariwisata Indonesia 2016 masih menjadi menjadi pembicaraan hangat di media sosial. Lantaran ia tertangkap atas kasus prostitusi online beberapa waktu yang lalu. Mengutip laman Detik, perempuan muda berinisial PA itu diamankan saat di hotel Kota Batu. 

PA, meminta maaf telah membuat kegaduhan atas perbuatannya. Dia juga meminta maaf jika ada lembaga yang ikut terseret dalam kasus prostitusi online tersebut. Ia juga mengaku memang pernah mengikuti ajang kecantikan lain, yakni Putri Pariwisata Indonesia. Dalam ajang itu, PA tidak menjadi pemenang, hanya menjadi finalis.

Menanggapi pemberitaan tersebut, Johnnie Sugiarto selaku CEO El John Pageants pun buka suara. Untuk diketahui, El John Pageants merupakan perusahaan yang menaungi kontes Putri Pariwisata Indonesia dan Miss Earth Indonesia. Ia mengatakan pihaknya tidak bertanggung jawab soal penangkapan yang terjadi pada PA.

Untuk lebih jelas mengenai ajang kecantikan tersebut, kali ini Lifepal akan mengulas bagaimana perjalanan menjadi Putri Pariwisata Indonesia. Mulai dari kriteria, hingga tugas dan kontrak yang dijalani selama satu tahun. Yuk kita simak.

Perjalanan kontes Putri Pariwisata Indonesia

Putri Pariwisata
Putri Pariwisata Indonesia 2019, Gabriela Patricia Mandolang (Instagram)

Dihubungi oleh Lifepal Indonesia, Johnnie Sugiarto menjelaskan Putri Pariwisata Indonesia merupakan kontes kecantikan di Indonesia yang diselenggarakan sejak tahun 2008. Pemenang Putri Pariwisata Indonesia akan menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Tourism International. 

Pada tahun 2010, runner-up I juga menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Tourism Queen of The Year International. Sejak tahun 2011, runner-up I hingga IV masing-masing direncanakan akan menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Tourism Queen International, Miss Tourism International, Miss Tourism Queen of the Year, Miss Oriental Tourism, dan Miss Global Beauty Queen.

PPI diselenggarakan sejak tahun 2008. Berawal dari pemikiran untuk menjadikan budaya bangsa sebagai daya tarik dan kekuatan pariwisata sekaligus menyongsong Visit Indonesia Year 2008 oleh Johnnie Sugiarto, selaku Presiden Direktur El John Pageants.

El John merupakan perusahaan yang fokus bergerak di bidang pariwisata Indonesia. Tujuan kegiatan ini agar dapat mempromosikan keindahan dan keramahan Indonesia ke seluruh nusantara dan mancanegara.

Sejalan dengan ide tersebut, maka diselenggarakan pemilihan Putri Pariwisata Indonesia pada tahun 2008 yang bekerjasama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia. Setelah berjuang dan mendapat hak penyelenggaraan sebagai pemegang lisensi Miss Tourism International, maka pemenang kontes ini berhak tampil mewakili di kontes yang bertaraf internasional tersebut.

Syarat dan kriteria menjadi Putri Pariwisata 

Putri Pariwisata
Clarita Mawarni Salem (Instagram).

Syarat untuk menjadi Putri Pariwisata menurut Johnnie tidak sulit. Pada umumnya kriteria yang diajukan sama dengan kontes kecantikan lainnya. Mereka harus memiliki wawasan luas, mampu berbahasa asing menjadi poin tambahan. 

Selain itu para kandidat juga harus memiliki kecerdasan emosional yaitu berkaitan sejauh mana kemampuan peserta berinteraksi dengan orang lain. Juga nilai spiritual yang akan menjadi nilai tambah peserta nantinya. 

Persyaratan umum peserta Putri Pariwisata Indonesia:

– Warga Negara Indonesia.

– Berusia 18-25 tahun.

– Lajang (belum menikah).

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

– Tinggi badan minimum 165 cm.

– Peserta daerah harus berdomisili atau berasal dari daerah yang diwakilinya.

– Memiliki pengetahuan umum dan berwawasan luas tentang pariwisata dan kebudayaan Indonesia.

– Berpenampilan menarik/cantik, cerdas, dan berkepribadian.

– Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing akan memberikan nilai tambah.

Untuk juri yang menilai ternyata berbeda-beda. Hal itu sesuai dengan tema apa yang akan disampaikan pada pemilihan berlangsung. “Misalnya temanya sedang membahas lingkungan hidup, juri yang menilai langsung dari kementerian terkait, yakni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tetapi sudah beberapa tahun ini dapat dukungan dari London School Public Relation (LSPR) untuk menjadi juri,” papar Johnnie. 

Tugas Putri Pariwisata

Putri Pariwisata
Miss Tourism International (Instagram).

Sesuai dengan namanya, putri yang terpilih nantinya akan menjadi duta pariwisata selama masa kontrak. Dalam hal ini, mereka harus peka terhadap isu-isu pariwisata yang sedang terjadi di Indonesia. Mereka juga akan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dalam memberikan pengetahuan akan hal-hal yang sedang terjadi di industri tersebut. 

Bahkan mereka diharapkan ikut mendongkrak angka kunjungan pariwisata tanah air. Selama kontrak satu tahun dengan El John, Johnnie menjelaskan tugas putri yang terpilih bukan hanya sekedar mendapatkan materi pembekalan guna melaju ke ajang Miss Tourism International saja, tetapi ikut membantu mempromosikan wisata Indonesia. 

“Mereka diharapkan bisa paham dan mengerti apa yang terjadi pada pariwisata tanah air. Untuk itu saya sering mengirim mereka langsung ke Kementerian Pariwisata (Kemenpar) agar bisa belajar banyak disana,” kata dia kemarin dalam sambungan telepon. 

Meski yayasan El John tidak dibawah Kemenpar, namun dengan adanya kontes kecantikan ini diharapkan bisa membantu mendongkrak kunjungan wisatawan baik lokal maupun asing. “Putri Pariwisata terpilih akan selalu mempromosikan objek wisata di media sosial. Menceritakan pada dunia tentang keindahan tempat yang mereka datangi. Dengan begitu mereka bisa menyampaikan bahwa Indonesia memang sangat layak untuk dikunjungi. 

Para finalis pun biasanya akan melewati masa karantina. Mereka diberi pembekalan mengenai public speaking hingga pengetahuan terkait wisata sebelum malam final. Umumnya Putri Pariwisata akan diikuti oleh puluhan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. Namun mereka juga dituntut untuk mengenal budaya dan pariwisata dari Sabang sampai Merauke.

Tak sekadar cantik, sebelum jadi finalis biasanya para peserta akan menjalani sejumlah tes, seperti kesehatan, psikologi, dan penilaian tingkah laku. Dikatakan jika tes psikologi dilakukan untuk melihat kemampuan para kontestan dalam hal mengelola stres.

Setelah terpilih menjadi Putri Pariwisata Indonesia, pemenang ajang akan diberi tugas. Tak hanya promosi di dalam negeri, mereka biasanya juga akan mengenalkan Indonesia ke negara-negara lain sehingga dibutuhkan kemahiran berbahasa asing. Dikatakan pula jika para putri dituntut bisa merawat dan merias dirinya sendiri, seperti makeup dan memilih busana agar mandiri ketika bertugas.

Berapa sih gaji Putri Pariwisata?

Putri Pariwisata
Miss Tourism (Instagram).

Banyak yang bertanya-tanya, apakah menjadi Putri Pariwisata bisa mendapatkan gaji besar? atau hanya sekedar menjadi pengalaman menarik ketika lulus kuliah. Ya, memang diakui oleh Johnnie bahwa seorang putri memang mendapatkan honor dari yayasan. Selain itu jika mereka mengisi acara off air di Kemenpar, ada honor tersendiri di luar yayasan. 

“Biasanya kalau ada yang ingin putri tampil, biayanya sekitar Rp 8 juta. Itu disetorkan resmi ke yayasan. Dari yayasan baru akan diberikan ke putri tersebut. Untuk honor bulanan sendiri saya gak bisa menyebutkan angkanya disini. Meski gak banyak, tetapi mereka mendapatkan tunjangan selama menjalani kontrak. Mereka juga akan mendapatkan kost jika berasal dari daerah,”paparnya. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Goal yang ingin disampaikan Johnnie dalam kontes ini adalah sumber daya manusia yang memiliki jiwa integritas memajukan Indonesia ke kancah internasional. Bidang yang dipilih pun sangat strategis yakni pariwisata, budaya, kuliner, dan lingkungan hidup. 

Para putri nantinya akan mendapatkan segudang pengalaman baru yang bisa menjadi bekal mereka di masa depan. Apalagi jika terpilih di ajang Miss Tourism International. Tentunya ajang ini akan menambah wawasan putri tersebut. 

Dikatakan oleh Johnnie, setelah satu tahun kontrak selesai, putri yang terpilih akan melepas mahkotanya untuk putri terpilih lain. “Setelah lepas kontrak, mereka bebas menentukan arah dan hidupnya ke depan. Ada yang menjadi Pegawai Negeri Sipil, ada juga yang menekuni dunia model lebih serius lagi, banyak lah,” kata dia kepada Lifepal. 

Untuk itu kontrak yang ditawarkan memang tidak lebih dari satu tahun. Alasanya adalah karena biasanya para putri ini berusia muda, baru selesai kuliah, ajang ini untuk memambah pengetahuan mereka sebelum memulai kehidupan baru. “Karena mereka punya mimpi besar setelah ini. Jadi satu tahun cukup lah.”

Sekilas tentang El John

Putri Pariwisata
El John Pageants (Instagram).

El John Pageants merupakan perusahaan yang menaungi kontes kecantikan di Indonesia. Kontes tersebut meliputi Putri Pariwisata Indonesia dan Miss Earth Indonesia di bidang kecantikan dan lingkungan. Didirikan sejak tahun 2008 oleh Johnnie Sugiarto.

Pemenang kontes ini akan mewakili Indonesia pada kontes Miss Tourism International. Selanjutnya finalis lain dipilih untuk mewakili Indonesia pada kontes Miss Tourism, Miss Tourism Queen International, Miss Tourism Queen of the Year dan World Miss University.

Selanjutnya pada tahun 2011 El John Pageants memberikan penghargaan khusus berupa Putri Wirausaha Kreatif Indonesia, Putri Olahraga Indonesia, Putri Pangan Indonesia dan Putri Bahari Indonesia. Pada tahun 2012, kontes tersebut dibuat menjadi kontes tersendiri. Namun pada tahun 2013, hanya kontes Putri Wirausaha Kreatif Indonesia yang tetap diadakan, yang lainnya menjadi gelar yang diberikan kepada Runner-up kontes Putri Pariwisata Indonesia.

Pada tahun 2013, El John Pageants memegang lisensi kontes Miss Indonesia Earth dengan mengubah namanya menjadi Miss Earth Indonesia yang sebelumnya diadakan oleh Yayasan Putri Bumi Indonesia. Kontes ini akan memilih wakil Indonesia pada kontes Miss Earth. Pada tahun 2014, finalis lain dipilih untuk mewakili pada kontes Miss Grand International (yang sebelumnya dipegang oleh Yayasan Putri Indonesia) dan juga kontes Miss Intercontinental, Miss Global Beauty Queen dan Supermodel International.

Jadi, kamu tertarik gak jadi Putri Pariwisata Indonesia? Gak cuma jadi terkenal aja, tapi wawasanmu pasti akan bertambah. Kamu juga bakalan mendapatkan pengalaman tak terduga setiap kali tiba di wilayah Indonesia. Pengalaman ini tentu gak akan bisa ditukar dengan uang lho! Yakin gak mau coba? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →