Strategi Bisnis Veronika Linardi Mendirikan Qerja dari Nol

Qerja adalah komunitas online pertama di Indonesia sebagai wadahnya para profesional saling berbagi informasi terkait ketentuan gaji dan ulasan-ulasan terkait urusan korporasi. 

Di balik kesuksesan komunitas online ini ada sosok perempuan inspiratif yang tidak lain adalah pendirinya, Veronika Linardi. Berhasil menciptakan ratusan ribu database terkait gaji dan ulasan lingkungan kerja dari sumber yang tepercaya, Veronika memiliki strategi bisnis serta perjalanan karier yang menarik untuk diulik. 

Tanpa panjang lebar, mari simak kisah suksesnya bersama-sama. 

Memiliki Ketertarikan dalam Bidang Sumber Daya Manusia

tips buat cv menarik

Veronika Linardi adalah lulusan sarjana dari Carnegie Mellon University Amerika Serikat. Perjalanan kariernya dimulai ketika ia membantu temannya mencari pekerjaan di suatu perusahaan. Dari situ, perempuan kelahiran Jakarta ini sadar bahwa ia memiliki ketertarikan dalam bidang human resource atau sumber daya manusia. 

Sadar akan bakat yang dimilikinya, Veronika memutuskan untuk memperdalam bakatnya tersebut dengan bekerja sebagai HR. Kariernya terbilang cukup sukses, bahkan berhasil menggaet kandidat-kandidat dan perusahaan global. 

Selama menjalani profesi sebagai HR, Veronika menyadari bahwa human resource merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Menurutnya, karier adalah salah satu aspek penting yang selalu dicari orang. Belajar dari pengalaman, ia juga sadar bahwa umumnya orang tidak hanya mencari pekerjaan sebatas untuk uang, melainkan juga untuk menghidupi passion mereka. 

Terpanggil untuk Mendirikan Qerja

veronika linardi qerja
Sumber gambar: Idntimes.com

Tidak lama selang membangun karier sebagai HR, Veronika merasa terpanggil untuk membantu orang menemukan perusahaan di mana mereka dapat merasa nyaman di dalamnya. Begitupun sebaliknya, di mana perusahaan bisa mendapatkan kandidat yang sesuai dengan standarnya. 

Saat ini, masih banyak karyawan Indonesia yang merasa kurang nyaman mengekspresikan diri di tempat kerjanya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Gallup, hanya delapan persen karyawan Indonesia yang merasa terlibat dalam lingkungan kerja. Melihat hal tersebut, Veronika bersama Stephen Kohar mendirikan Qerja pada bulan April 2014. 

Mereka mengharapkan Qerja dapat menciptakan sebuah komunitas di mana semua orang mampu berbagi informasi terkait gaji, pengalaman selama bekerja di suatu perusahaan, hingga akhirnya meningkatkan kebahagiaan orang selama berkarier.

Menariknya pada saat itu, Veronika tidak memiliki pengalaman dalam bisnis teknologi sehingga ia hanya bisa mengandalkan kemampuannya di bidang HR. Namun, dengan tekad dan kerja keras, Veronika berhasil membuat sebuah wadah online yang lengkap dan menjawab pertanyaan banyak orang terkait karier serta pengembangan diri pribadi.

Menariknya, seluruh informasi dalam portal online ini diisi oleh para pembacanya sendiri yang tidak lain adalah juga seorang pekerja. Pada praktiknya, para pembaca bisa berbagi pengetahuan terkait gaji dan pengalaman kerja. Poin inilah yang akhirnya menjadikan Qerja sebagai salah satu portal karier terbesar di Indonesia. 

Bahkan, di bulan pertama Qerja beroperasional, situs ini telah dikunjungi lebih dari 50 ribu orang. Pengunjung yang datang ke situs ini tidak hanya datang untuk mendapatkan informasi saja, tapi juga memberikan kontribusi terkait gaji dan ulasan tempat mereka kerja. 

Strategi Sukses Veronika Linardi Membangun Qerja 

situs qerja

Perempuan cerdas ini mengaku bahwa membangun Qerja bukanlah perjalanan yang mudah. Ia harus berani keluar dari zona nyamannya dan mempelajari banyak hal baru terkait bisnis teknologi.

Selain memiliki keinginan belajar yang tinggi, Veronika juga menyadari pentingnya membangun lingkup kerja yang luas. Itu sebabnya, ia tidak terburu-buru merealisasikan idenya dalam membangun Qerja, melainkan memulai kariernya sebagai HR. Setelah mendapatkan ilmu yang cukup luas dalam dunia human resource, barulah ia memutuskan mendirikan Qerja.

Veronika Linardi juga dapat melihat peluang bisnis yang sebelumnya belum  banyak terpikirkan oleh orang banyak. Selain itu, bisnis yang ia dirikan pun menawarkan solusi bagi banyak orang. Itu sebabnya, Qerja menjadi salah satu portal karier terbesar di Asia Tenggara. 

Bahkan, dalam waktu delapan bulan beroperasi, perusahaan online ini berhasil menerima pendanaan Seri A dari Softbank dan Indosat. Saat ini, situs Qerja memiliki total pengunjung lebih dari 1,5 juta setiap bulannya. 

Sosok yang sangat inspiratif, bukan? Itu dia perjalanan karier dan strategi bisnis yang diterapkan oleh Veronika Linardi dalam membangun situs Qerja. Semoga tekad dan kerja keras Veronika dapat menginspirasi kita semua untuk sukses membangun bisnis, ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →