Ramadan 2018: Inilah 7 Golongan Orang yang Bakal Merugi

ramadan 2018

Bulan Ramadan 2018 udah tiba nih. Terkait kondisi finansial, bulan ini pasti bakal ngaruh banget terhadap pengeluaranmu. Jelas dong, banyak keperluan dan kebutuhan yang berubah di bulan ini jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Kalau jago mengatur uang, semestinya bulan puasa gak akan bikin kamu pusing soal keuangan. Lain halnya kalau kamu gak punya rencana finansial yang matang. Siap-siap aja jadi kaum yang merugi di bulan ini.

Nah buat kamu yang merasa bakal kelimpungan ngatur duit di bulan Ramadan, ketahui nih tujuh golongan orang yang menurut MoneySmart bakal rugi finansial bulan ini.

1. Yang setiap hari beli takjil

ramadan 2018
Daripada beli mulu mending bikin terus dijual (Liputan 6)

Takjil memang enak-enak, seger, gurih, manis, dan menggoda selera. Jajanan ini dijual di mana-mana dengan harga murah selama Ramadan.

Tapi jangan salah lho, ketika kamu setiap hari tergoda beli takjil, tanpa disadari pengeluaranmu membengkak. Biar kata cuma Rp 3 ribu perak untuk satu kue, mana mungkin cukup beli satu? Pasti beli tiga, belum lagi beli sop buah untuk minumannya.

Jika setiap hari ngabisin Rp 10 ribu untuk takjil, maka selama 29 hari kamu sudah menghabiskan Rp 29 ribu. Itu takjil doang lho, belum lagi sama uang makanmu dan beli cemilan buat di rumah atau kos-kosan.

Daripada harus rugi karena takjil, kenapa gak bisnis takjil aja di Bulan Ramadan 2018? Modal Rp 500 ribu bisa untung Rp 1 juta sehari. Yuk manfaatkan biar gak rugi. Bulan Ramadan itu bulan penuh berkah lho, pasti bisa untung asal niat dan kerja keras.

[Baca: 8 Takjil Bulan Puasa yang Bisa Menghasilkan Rp 1 Juta Sehari]

2. Yang gak bisa nolak ajakan bukber

ramadan 2018
Bukber mulu, kapan buka puasa di rumah? (Liputan 6)

Buka puasa bareng alias bukber emang jadi sarana efektif buat silaturahmi sama teman-teman lama. Alumni SD, SMP, SMA, atau teman-teman masa kuliah. Setuju gak?

Tapi, ajakan bukber itu tentunya gak hanya muncul dari teman-teman lama. Teman-teman setongkrongan, klien, atau teman lainnya juga sering ngajakin. Dan udah tahu kan kalau yang namanya bukber itu bakal makan di mana? Tentu saja restoran.

Jika bukbernya seminggu sampai tiga kali di restoran, maka gak heran deh pengeluaranmu bakal besar di bulan puasa. Kalau gak percaya, coba saja hitung.

Misalnya dalam satu hari kamu makan di restoran dengan bujet Rp 150 ribu. Jika selama puasa kamu bukber 10 kali, maka kamu bakal keluar Rp 150.000 x 10 = Rp 1,5 juta.

[Baca: 21 Promo Kartu Kredit BCA Ini Bisa Hemat Bujet Buka Puasamu]

Itu Rp 1,5 juta belum termasuk biaya parkir di mal atau restoran ya. Belum lagi sama biaya transportasi juga.

Soal bukber, mending pilih-pilih aja deh. Jangan semua ajakan di-iyain. Pilih aja bukber dengan kawan-kawan lama yang udah gak pernah ketemu. Siapa tahu mereka bisa jadi partner bisnis kamu di masa depan. Ya gak?

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

3. Yang selalu pulang tenggo

ramadan 2018
Pulang tenggo boleh-boleh aja sih asal perjalanan dari kantor ke rumah gak jauh-jauh banget (Liputan 6)

Kerja di luar jam kerja biasa emang melelahkan. Tapi pulang tenggo saat bulan puasa bisa buang tenaga dan boros pengeluaran lho.

Ingat, di bulan puasa jalanan macet banget kan menjelang buka. Otomatis konsumsi BBM kendaraanmu makin gede.

Dan kalau udah macet di jalan, bawaannya pasti pengin ngomel-ngomel bukan? So, kalau memang rumahmu jauh, ya buka puasa di kantor aja gak apa-apa. Tinggal bawa camilan dari rumah atau kurma. Setelah magrib kamu bisa pulang dengan tenang deh.

4. Yang tiap hari mantengin online shop

ramadan 2018
Kebiasaan gini nih yang bikin gaji cuma numpang lewat (Liputan 6)

Di bulan Ramadan 2018 ini, gak sedikit online shop yang ngumbar promo. Promonya bisa berupa cashback belanja, atau diskon produk-produk tertentu.

Jika kamu tiap hari mantengin online shop, maka gak heran kalau tergoda untuk belanja barang-barang yang gak kamu butuhin. Dan kalau kenyataannya seperti itu, gak heran deh duitmu ludes gak bersisa.

5. Yang setiap hari begadang tanpa alasan yang jelas

ramadan 2018
Diomelin Pak Haji Rhoma loh kalau begadang (Youtube)

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya.”

Tuh diomelin Rhoma Irama kalau kamu begadang gak ada artinya. Apalagi begadang pas puasa.

Gak sedikit dari kamu yang susah bangun sahur, makanya pilihannya adalah begadang sampai dini hari. Setelah makan kenyang di dini hari baru deh tidur pules.

Buat yang kerja sebagai karyawan, hal ini jelas gak patut ditiru. Ingat lho, kamu bakal kerja besok paginya. Ketika kamu begadang, maka porsi tidurmu jadi gak karuan dan hal itu justru membahayakan kesehatan.

Kalau kamu sakit, kamu sendiri yang rugi. Gak bisa nyari duit, dan belum lagi keluar duit buat biaya pengobatan.

6. Yang gak pernah olahraga

ramadan 2018
Gak mau olahraga ya jangan heran kalau loyo terus pas puasa (Liputan 6)

Cadangan gula darahmu emang bakal turun saat puasa. Itulah sebabnya kamu jadi lemes seharian. Tapi bukan berarti sah-sah saja buatmu untuk gak olahraga ya.

Ketika kamu stop berolahraga, maka stamina bakal turun drastis diikuti dengan massa otot. Sementara itu, lemak ya tetap menumpuk.

Biar kata berat badan turun sampai 5 kilogram, lihat aja pas lebaran. Yang ada beratmu bakal naik lagi atau malah lebih parahnya melewati batas berat badan normalmu.

Kok bisa? Ya jelas bisa. Massa otot kamu berkurang, otomatis proses pembakaran lemak dan kalorinya juga makin lambat. Itulah sebabnya jangan pernah stop olahraga. Kamu masih bisa olahraga setelah buka puasa kok.

7. Yang gak mau investasi

ramadan 2018
Hayo yang belum investasi siapa nih (Liputan 6)

Udah bulan Ramadan 2018 tapi masih belum juga mau investasi? Waduh apa kata dunia.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Alangkah lebih baiknya di bulan Ramadan ini kamu berinvestasi ketimbang belanja-belanja gak jelas. Ada beragam investasi jangka pendek yang nguntungin kok. Sebut aja seperti reksadana atau saham. Cobain deh, daripada duitnya cuma numpang lewat.

Sesuaikan tujuan investasimu dan mulailah berinvestasi di sektor yang kamu paham. Kalau gak dimulai sekarang ya kapan lagi.

[Baca: Gini Lho 4 Cara Investasi Saham yang Tepat di Bulan Ramadan]

Ituah tujuh golongan yang bakal merugi di Bulan Ramadan 2018. Kira-kira kamu termasuk di dalamnya gak? Jangan sampe ya guys.

Pokoknya, manfaatkan bulan puasa dengan sebaik-baiknya deh. Jangan boros dan jangan malas. Ingat lho, pas lebaran pasti kamu harus kasih THR ke ponakan-ponakan tercinta bukan? Kalau belum lebaran aja udah bokek ya gimana nantinya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →