5 Cara Mengatasi Rasa Malas saat Menjalani Bisnis yang Potensial

Begini nih cara mengusir rasa malas saat menjalankan bisnis

Rasa jenuh dan rasa malas mungkin saja datang saat menjalankan bisnis. Gak cuma seorang karyawan aja lho merasakan malas dalam bekerja atau tengah berada di kantor. Hal ini juga dialami oleh pebisnis yang tengah menjalankan bisnis, lantas gimana sih cara mengatasi rasa malas saat datang? 

Setiap orang pada umumnya memiliki perasaan seperti ini. Gak sedikit juga yang akhirnya bisa mengatasi gimana menghilangkan perasaan malas ketika bekerja atau menjalankan sebuah aktifitas. 

Nah bagi seorang pebisnis, jika perasaan ini tiba tentunya sangat berbahaya nih. Pasalnya dalam berbisnis kamu tentunya sudah mengeluarkan dana cukup besar buat membangun sebuah kesuksesan lewat bisnisnya. 

Repot bukan jika bisnis yang dijalankan gak sesuai dengan ekspektasi atau gak memenuhi target. Dalam membangun sebuah bisnis tentunya kamu juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari tujuan hingga hasil yang didapatkan di kemudian hari. 

Lantas gimana sih cara mengatasi rasa malas kamu saat menjalankan bisnis? Yuk mendingan langsung aja baca saja ulasannya di bawah ini. 

1. Membuat tujuan yang jelas

Kamu mesti memiliki rencana dan tujuan yang jelas saat menjalankan bisnis
Kamu mesti memiliki rencana dan tujuan yang jelas saat menjalankan bisnis, (Shutterstock).

Ketika fokus untuk terjun dalam dunia bisnis dan usaha, salah satu hal yang harus ditentukan adalah tujuan dari bisnis tersebut. Apakah bisnis tersebut hanya sekedar mengisi waktu luang, sebagai sampingan untuk tambahan penghasilan atau memang dijadikan sumber pendapatan utama.

Jika dijadikan sebagai sumber pendapatan utama, kamu harus menentukan tujuan dan goals yang ingin dicapai. Misalnya bisnis yang dijalankan dalam satu tahun memiliki beberapa outlet atau anak cabang, kemudian target penjualan terus meningkat setiap bulan.

Dampak negatif jika memiliki bisnis tidak punya tujuan yang jelas, maka target akan dicapai selalu berubah dan akan kesulitan mencapainya. Jika gak memiliki tujuan dan target yang jelas, mau gak mau kamu mesti menyesuaikan dengan setiap perubahan.

2. Jangan berlebihan

Ketika menjalankan sebuah bisnis kamu juga jangan terlalu berlebihan
Ketika menjalankan sebuah bisnis kamu juga jangan terlalu berlebihan, (Shutterstock).

Bukan hanya pekerja kantoran saja yang kadang suka kerja berlebihan atau overtime, terkadang pebisnis juga bisa bekerja melebihi waktu normal. Hal ini lumrah terjadi karena ingin bisnisnya semakin maju dan sukses, akan tetapi jika dibiarkan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan juga kedisiplinan mengatur waktu.

Jangan lupa hindari multitasking atau mengerjakan banyak hal sekaligus dalam satu waktu, mungkin terlihat seperti cara paling efektif untuk meraih hasil maksimal dalam waktu minimal tetapi bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Sebagai makhluk hidup, tentu tubuh manusia memerlukan waktu istirahat yang cukup, makan tepat waktu, hingga menikmati waktu luang atau liburan. Jika bekerja lembur terus menerus maka berakibat pada proses bisnis yang tidak berjalan dengan semestinya, dan juga mengancam kesehatan tubuh.

3. Kerjakan tugas dari pagi hari

Kerjakan tugas dari pagi lebih baik lho ketimbang menundanya
Kerjakan tugas dari pagi lebih baik lho ketimbang menundanya, (Shutterstock).

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memulai aktivitas harian, biasakan hidup sehat dengan tidur lebih awal dan bangun pagi, jangan tidur lebih lambat dan bangun kesiangan. Jika hal tersebut terjadi dan sebuah kebiasaan, tentunya akan membuat produktivitas menurun dan tidak fokus dalam beraktivitas.

Jadi, untuk menghindari rasa malas, dapat dimulai dari kebiasaan bangun pagi dan jangan pernah menunda pekerjaan hingga siang hari. Menunda pekerjaan hanya dapat membuat beban pekerjaan semakin menumpuk sehingga membuat menjadi malas bekerja.

Tetapi, yang jangan dilewatkan sebelum beraktivitas harian adalah sarapan, sarapan memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan bagi mereka yang ingin mengontrol berat badan, sarapan justru sangat dianjurkan. 

 4. Motivasi diri

Kamu memiliki motivasi diri sendiri saat menjalankan sebuah bisnis
Kamu memiliki motivasi diri sendiri saat menjalankan sebuah bisnis, (Shutterstock).

Memotivasi diri menjadi hal yang paling penting, apalagi bagi seorang pebisnis menjadi pemain tunggal dalam bisnisnya. Untuk membangun motivasi diri ini bisa dilakukan dengan membaca buku, nonton film, hingga makan makanan yang membangkitkan semangat, dengan upaya tersebut diharapkan rasa malas akan hilang dan pikiran kembali refresh untuk menjalani rutinitas bisnis.

Akan tetapi, motivasi kadang sulit ditemukan dari diri sendiri dan perlu bantuan orang lain untuk memotivasi kita. Maka dari itu, lebih baik mencari teman agar bisa memotivasi diri terhadap rasa malas.

Caranya bisa meniru kebiasaan yang rajin atau meminta nasehat dan semangat dari mereka agar terhindar dari rasa malas tersebut.

5. Ciptakan aturan reward and punishment

Kamu juga mesti memiliki reward dalam menjalankan sebuah bisnis
Kamu juga mesti memiliki reward dalam menjalankan sebuah bisnis, (Shutterstock).

Istilah dalam reward adalah hadiah, penghargaan atau insentif, yang merupakan suatu apresiasi dalam bentuk material atau non material bagi karyawan dari perusahaan. Reward merupakan salah satu alat untuk peningkatan motivasi para karyawan agar mereka dapat bekerja tidak hanya untuk mencapai tujuan organisasi. 

Tetapi juga untuk memperbaiki atau meningkatkan prestasi yang telah dapat dicapainya. Salah satu cara mengusir rasa malas dalam berbisnis bisa dilakukan dengan menyiapkan reward dan punishment bagi bisnis atau diri sendiri sebagai pemilik. 

Reward dan punishment ini menjadi penting untuk dapat mengejar target bisnis yang ingin dicapai. Jika target tersebut tercapai maka siapkan skema reward yang bisa didapatkan, seperti liburan atau sekedar makan bersama keluarga menikmati hasil bisnis tersebut. 

Sedangkan punishment bisa berupa konsekuensi jika bisnis yang dijalani tidak sesuai harapan, apakah itu menambah jumlah modal, hingga sanksi pemotongan komisi untuk pemilik bisnis setiap bulan. 

Nah itu dia deretan cara gimana mengatasi rasa malas dalam berbisnis. Satu lagi sih yang mesti kamu ingat, ketika tengah lelah dan banyak pekerjaan ada baiknya mengambil cuti atau liburan demi refresh pikiran. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →