Rekening Bersama: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

rekening bersama

Rekening bersama mulai populer digunakan dalam forum jual beli di Indonesia antara tahun 2005 hingga tahun 2006. Rekening bersama berbeda dengan rekening pribadi di bank.

Pada mulanya, istilah ini digunakan sebagai bagian dari sistem keamanan bertransaksi di forum jual beli online Kaskus. Pada penerapannya, rekening ini dikelola oleh pihak ketiga yang menjembatani antara penjual dan pembeli demi menghindari penipuan yang mengatasnamakan instansi tertentu.

Perkembangan Rekening Bersama

rekening bersama

Sayangnya saat itu rekening bersama tidak dikelola langsung oleh forum jual beli, sehingga tetap berisiko atas penyalahgunaan dana. Akibatnya terjadi kesalahpahaman antara penjual dan pembeli. Setelah ditelusuri, ternyata sumbernya berasal dari penyalahgunaan oleh pengelola itu sendiri.

Meski demikian, pengelolaannya pun terus berkembang hingga pada tahap kembali mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Terbukti dengan adanya beberapa marketplace yang sukses dengan metode ini, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya.

Kini, penyedia marketplace langsung yang mengelola rekening yang lebih aman dalam upaya menjembatani para penjual dan pembeli sehingga keamanan dana lebih terjamin dan tepercaya.

Cara Kerja Rekening Bersama di Marketplace

rekening bersama

Cara kerjanya tidak merepotkan, pengelola rekening menerima dana dari pembeli dan akan menyalurkan kepada penjual saat barang yang dibeli sudah diterima dengan baik oleh pembeli.

  1. Pembeli dan penjual sudah memahami syarat dan ketentuan, termasuk biaya administrasi yang ditetapkan.
  2. Pembeli mengirimkan dana ke rekening sesuai dengan nomor rekening bank yang diberikan oleh pengelola.
  3. Penjual mengirimkan barang ke alamat pembeli. Kemudian menunjukkan bukti pengiriman kepada pembeli dan juga kepada pengelola.
  4. Pembeli menerima barang. Kemudian memeriksa barang apakah sesuai dengan yang dijanjikan penjual. Pembeli berhak untuk menolak barang jika tidak sesuai yang diiklankan sehingga dana yang dikirimkan ke rekening bersama bisa tertahan dan tidak dicairkan kepada penjual.
  5. Rekening bersama akan mengirimkan atau mencairkan dana kepada penjual jika sudah ada persetujuan resmi dari pembeli.
  6. Biaya administrasi umumnya ditanggung oleh pembeli, tetapi bisa juga sesuai kesepakatan di awal apakah ditanggung pembeli atau ditanggung bersama antara penjual dan pembeli.

Kelebihan dan Kekurangan Rekening Bersama di Marketplace

rekening bersama

Ada cukup banyak kelebihan yang ditawarkan dengan hadirnya rekening bersama yang disediakan marketplace dalam bertransaksi online.

  1. Transaksi online lebih aman sehingga terhindar dari penipuan.
  2. Memberikan perlindungan setara kepada kedua belah pihak, baik itu penjual maupun pembeli.
  3. Pembeli diberikan jaminan bahwa dananya aman sebelum menerima barang.
  4. Penjual diberikan jaminan rasa aman bahwa barang yang dijualnya benar-benar dibayar sesuai dengan harga yang dijanjikan.
  5. Marketplace menyediakan layanan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan cicilan tanpa kartu kredit.

Disamping beberapa kelebihan tersebut, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diketahui.

  1. Fasilitas dan layanan dikenakan biaya administrasi.
  2. Jika tidak menggunakan rekening bank yang sama, pengguna dikenakan lagi biaya transfer antar bank sebesar Rp6.500 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Belum memfasilitasi pembayaran dengan menggunakan dompet digital.
  4. Tidak melayani pembayaran dengan mata uang asing.

Dari beberapa kekurangan yang ada, rekening bersama saat ini tetap menjadi solusi andal dalam jual beli online di marketplace maupun di forum jual beli.

Bahkan untuk menghindari penipuan jual beli online di Instagram, beberapa pembeli tetap meminta transaksi dipindahkan ke marketplace yang memiliki sistem pembayaran yang lebih aman dan tepercaya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →