Pengin Resolusi 2020 Terwujud? Lakukan 3 Tips Jitu Antigagal Ini!

resolusi

resolusi

Tahun telah berganti, menjadi momen yang tepat untuk kita mewujudkan resolusi atau introspeksi untuk membuat suatu perubahan. Lantas, apa resolusi kamu di tahun 2020?

Resolusi Tahun Baru bisa dilakukan dengan membuat daftar apa saja yang sudah berhasil dilakukan lalu patut dipertahankan, dan apa yang harus ditingkatkan di tahun mendatang. 

Kemudian, kita dapat membuat daftar pengembangan, serta tujuan yang akan kita capai di 2020. Semua yang perlu ditingkatkan biasanya dituangkan dalam daftar resolusi 2020. 

Banyak orang, termasuk kamu salah satunya, kerap menuliskan resolusi Tahun Baru mulai dari hidup lebih sehat, menabung, mencari pekerjaan baru, pindah kantor, naik jabatan, naik gaji, hingga berbisnis. Tapi, tidak semudah itu mencapainya.

Ahli psikologi Liza M Djaprie mengungkapkan tiga cara mudah mewujudkan resolusi tahun baru yang antigagal, seperti dilansir dari Suara.com:

Target yang jelas

resolusi
Target yang jelas

Hal pertama yang harus dilakukan ialah menentukan target yang jelas. Pasalnya, banyak orang merasa kesulitan mencapai resolusi tahunan mereka karena targetnya terlalu jauh atau sulit untuk digapai. 

Padahal, menurut Liza, kunci agar seseorang melakukan perubahan tidaklah tiba-tiba, melainkan disusun terlebih dulu targetnya.

“Kalau mau untuk resolusi dibikin yang mudah dicapai dulu, karena kalau kita sudah bikin target yang sudah susah duluan, ada yang namanya sabotase diri sendiri,” imbuhnya.

“Misalnya gini, mulai besok gue bikin target lari 2 jam. Nah, olahraga saja nggak pernah, masa tiba-tiba mau lari hingga 2 jam setiap hari. Yang ada, pasti besok cari alasan yang udara mendung, yang kaos kaki nggak nemu, jadi otaknya udah riweuh (rumit) duluan,” sambung Liza.

Baca juga: Jangan Cuma Jadi Wacana! Gini Wujudkan Resolusi Tahun Baru Biar Mapan Finansial

Lakukan perubahan secara bertahap

resolusi
Lakukan perubahan secara bertahap

Jangan membuat perubahan tiba-tiba, tapi buatlah secara berlanjutan, perlahan, dan dilakukan secara konsisten. Misalnya, berolahraga dengan durasi wajar, yang dianggap mudah dilakukan diri sendiri.

“Misalnya, selama Januari lari 10 menit. Nah, kalau 10 menit otak masih bisa terima, masih oke,” ungkap psikolog yang berpraktik di Dharmawangsa Sektor 9 itu.

“Nanti, masuk Februari, tambah lagi 5 menit, itu konsisten terus dilakukan. Setekah itu bikin target realistis pasti kita yakin dicapai,” lanjut dia.

Baca juga: Pengin Resolusi Tahun Baru Tercapai? Lakukan 5 Tips Ampuh Ini

Konsisten melakukannya dan terus menerus

resolusi

Konsisten melakukannya dan terus menerus

Hal terakhir yang harus dilakukan ialah konsisten. Pasalnya, konsistensi merupakan kunci paling penting, namun banyak orang sulit untuk melakukannya. 

Setelah bersabar dan mampu konsisten, minimal mempertahankannya dalam tiga bulan, maka akan membentuk pola kebiasaan baru yang positif.

“Harus dilakukan 3 bulan pertama, karena dalam teori psikologi, kalau suatu hal kita konsisten lakukan 3 bulan, itu biasanya akan jadi pola yang menetap,” paparnya

“Nah, 3 bulan lagi sampai 6 bulan itu jadi pemantapan, biasanya setelah 6 bulan jadi satu hal yang rutin dilakukan tanpa effort, jadi kayak biasa saja,” tandasnya.

Baca juga: 5 Ide Resolusi Positif Tahun Baru 2019 yang Bisa Kamu Terapkan

Itulah tiga hal yang harus dilakukan agar resolusi tahun baru bisa tercapai. Semoga bisa membantu mewujudkan resolusi tahun baru ini!