Bakal Dihuni 4 Ribu Pedagang, Pasar Johar Habiskan Dana Rp 150 Miliar buat Pembangunannya

pasar johar

Revitalisasi Pasar Johar yang terletak di Semarang, Jawa Tengah baru saja diselesaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Dana sebesar Rp 150 miliar digunakan buat revitalisasi pasar ini. Kabarnya nih bakal ada 4.000 pedagang bakal mengisi Pasar Johar. 

Seperti dikutip dari Okezone.com, MInggu, (5/1), Kementerian PUPR mengumumkan revitalisasi Pasar Johar ini. Bagian tengah dan utara pasar sudah rampung nih dalam proses revitalisasinya. Nah Kementerian PUPR pun mendapatkan tugas kembali dari Presiden Jokowi. 

Pasar ini memang merupakan salah satu cagar budaya yang ada di Semarang, Jawa Tengah. Jokowi meminta Kementerian PUPR merevitalisasi bagian selatan pasar yang memiliki nilai sejarah ini. Asal kamu tahu nih kalau proyek pasar ini sudah dikerjakan sejak bulan Agustus 2018 silam. 

Baca juga: Tertinggi Impornya, Ini Barang-barang Asal China yang Berdatangan ke Indonesia

Habis Rp 150 miliar, revitalisasi Pasar Johar siap dihuni 4.000 pedagang

pasar johar
Begini lho wujud pasar yang menjadi cagar budaya di Semarang, Jawa Tengah, (Ilustrasi/Shutterstock).

“Revitalisasi yang dilakukan Kementerian PUPR tetap mengedepankan prinsip-prinsip pelestarian bangunan gedung cagar budaya dengan melibatkan Pemerintah Daerah,” tulis Kementerian PUPR seperti dikutip dari Okezone.com.

Buat mengerjakan proyek ini, pemerintah menghabiskan anggaran dana senilai Rp 150 miliar lho. Pasar Johar sendiri tadinya mampu menampung 7.000 pedagang, kini sudah siap dihuni oleh setidaknya 4.000 pedagang. 

Di akun Instagram Kementerian PUPR mengunggah video Presiden Joko Widodo yang menyempatkan waktu buat menyambangi lokasi Pasar Johar usai selesai revitalisasi. Pasar yang juga cagar budaya di Semarang ini, mendapatkan perhatian khusus juga dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

Kedua menteri Jokowi itu pun juga datang serta melihat suasana Pasar Johar serta Kota Lama yang terletak di Semarang. Pasar Johar sendiri sejak dulu sudah menjadi pasar sentral dan denyut nadi perekonomian di kawasan Jawa Tengah. 

Secuil soal sejarah berdirinya Pasar Johar yang menjadi salah satu cagar budaya ini, telah dibangun pada tahun 1930-an. Seorang arsitek asal Belanda bernama Herman Thomas Karsten. Lantaran banyak kerusakan pada pasar ini, pemerintah pun gak diam begitu saja. 

Revitalisasi Pasar Johar memang sangat gencar dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Nah kamu yang pengin traveling ke Semarang, gak ada salahnya lho kalau Pasar Johar masuk dalam list destinasi liburan nanti. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →