Selain Mansion Mewah Rp 144 Miliar, Ini 5 Aset Mantan Presiden Robert Mugabe

Robert-Mugabe-Blog

Sebagian orang pasti masih awam dengan nama Robert Mugabe. Dia merupakan mantan Presiden Zimbabwe yang telah memimpin selama lebih dari 30 tahun.

Mugabe merupakan salah seorang tokoh penting bagi Zimbabwe. Dia adalah tokoh intelektual yang membantu Zimbabwe terbebas dari penjajah pada masa kolonialisme. Berkat kecerdasan dan aksi heroiknya, dia terpilih sebagai presiden pada tahun 1980.

Di awal masa kepemimpinannya, Zimbabwe sedikit berkembang pesat. Kesejahteraan warganya mulai meningkat berkat pelayanan kesehatan, serta subsidi pendidikan bagi masyarakat mayoritas kulit hitam.

Namun, hal itu tak berlangsung lama. Mugabe seolah berubah menjadi pemimpin yang diktator dan anti-kritik. Saat dikritik lawan politiknya, dia justru menyeret pengkritik itu ke penjara.

Mugabe juga gak segan-segan membunuh suku Ndebele yang dianggap memberontak. Total sebanyak 20.000 warga Ndebele terbunuh melalui operasi militer Gukurahandi.

Di tangan Mugabe, beberapa kali Zimbabwe terjatuh dalam jurang kemiskinan, bahkan hingga kini. Sementara warganya kelaparan, dia justru hidup dengan harta yang belimpah. Kira-kira apa saja aset yang dimiliki Robert Mugabe?

1. Punya properti mewah di Hong Kong senilai Rp 72 miliaran

Robert Mugabe
Robert Mugabe punya properti mewah di Hong Kong senilai Rp 72 miliaran (zimbabweandotcom)

Dikutip dari Money.com, Robert Mugabe memiliki properti di luar Zimbabwe, salah satunya ada di Hong Kong.

Gak tanggung-tanggung, sebuah hunian di kawasan elite di distrik Thai Po itu bernilai US$ 5 juta atau setara Rp 72 miliaran. Fasilitasnya pun lengkap, ada banyak kamar tidur, taman di dalamnya, dan kolam renang pribadi.  

Hunian yang berada di komplek JC Castle itu telah dibeli pada tahun 2013 oleh Mugabe. Tepatnya sebulan sebelum sang anak Bona Mugabe kuliah di University of Hong Kong.

Tapi, rumah tersebut telah dijual dan laku pada awal 2019 ini. Harga jualnya pun turun menjadi US$ 4,3 juta atau Rp 62 miliaran.

Baca juga: Selain Rumah Seharga Rp 185 Miliar, Ini 5 Aset Mewah Chairul Tanjung yang Berharta Rp 54 T

2. Mansion mewah di pusat Zimbabwe seharga Rp 144 miliaran

Robert Mugabe
Robert Mugabe punya mansion mewah di pusat Zimbabwe seharga Rp 144 miliaran
(zimbabweandotcom)

Saat negaranya berada di bawah garis kemiskinan, bahkan rakyatnya sulit untuk hidup, Mugabe diketahui tinggal di sebuah mansion mewah di pusat Zimbabwe. Mansion yang dinamai ‘Blue Roof’ itu diketahui berharga US$$ 10 juta atau Rp 144 miliaran.

Bangunan ini layaknya sebuah istana dengan luas 17 hektare. Terdapat 25 kamar mewah dengan desain bergaya Eropa campur China.

Dibangun perusahaan konstruksi asal Serbia dan lantainya menggunakan lantai dari Shanghai. Di keliling bangunan rumahnya pun terdapat taman, dua danau buatan, dan tentunya kolam renang pribadi.

Rumah mewah ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Terpasang sistem radar bernilai jutaan poundsterling yang bisa memantau pergerakan mencurigakan di sekitar rumah bahkan di seluruh Zimbabwe.

3. Mercedes Benz custom dengan keamanan tingkat tinggi

Robert Mugabe
Robert Mugabe punya Mercedes Benz custom dengan keamanan tingkat tinggi(citizensdotcodotza)

Pada saat menjabat sebagai seorang presiden, Robert Mugabe memilih Mercedes Benz S600L sebagai tunggangannya. Tapi, mobil tersebut dipesannya langsung dari Jerman dengan sedikit modifikasi di bagian pengamanan.

Di dalamnya disematkan peluru AK-47 yang siap ditembakkan jika suatu-suatu ada ancaman, hingga granat yang siap dilontarkan.

Sementara fasilitasnya juga cukup lengkap, ada CD player, internet cepat, dan sistem keamanan anti-sadap. Kayaknya sih wajar-wajar saja kalau mobil presiden memiliki pengamanan sebegini ketatnya.

4. Roll Royce limited edition yang harganya di atas PDB Zimbabwe

Robert Mugabe
Robert Mugabe punya Roll Royce limited edition yang harganya di atas PDB Zimbabwe (todaydotcom)

Selain Mercedes, Robert Mugabe juga punya mobil mewah keluaran Roll Royce. Bahkan, harganya dinilai lebih tinggi ketimbang pendapatan kotor negara Zimbabwe.

Yang terparkir di garasi ‘Blue Roof’ adalah Rolls Royce Phantom IV. Mobil mewah asal Inggris ini sangat eksklusif, karena hanya diproduksi 18 unit saja di seluruh dunia.

5. Punya tambang berlian

Robert Mugabe
Robert Mugabe punya tambang berlian (Pixabay)

Robert Mugabe memanfaatkan kekuasaannya untuk menguasai sejumlah sumber daya alam di negaranya, salah satunya adalah beberapa tambang berlian. Berlian yang dihasilkan dari tambang miliknya diketahui memiliki kualitas yang sangat baik.

Terlebih, seluruh pasar berlian di Zimbabwe dikendalikan langsung oleh Mugabe. Gak heran deh kalau dia makin tajir. Tambang yang dimilikinya diketahui bisa menghasilkan keuntungan hingga Rp 200 triliunan per tahunnya.

Dan, inilah salah satu sumber pendapatan fantastis Mugabe hingga bisa membeli berbagai barang-barang mewah.

Lima aset di atas hanya sebagian kecil yang dimiliki Mugabe, karena dia masih memiliki banyak aset, properti, bisnis, hingga barang-barang mewah yang rata-rata berada di luar Zimbabwe.

Jumlah kekayaannya pun masih belum diketahui dengan pasti, yang jelas berada di atas US$ 1 miliar.

Berbanding terbalik dengan gaya hidup glamor Robert Mugabe, seperti dikutip dari BBC, saat Mugabe berkuasa, setidaknya 72 persen rakyat Zimbabwe berada di garis kemiskinan.

Bahkan, pernah mengalami inflasi mencapai 231 juta persen pada tahun 2008 silam. Posisi Presiden pun kini telah diganti dengan wakilnya yaitu Emmerson Mnangagwa. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →