Tips Mendapatkan Ruko Murah dengan Harga Terbaik

Beberapa orang yang berminat berusaha atau memulai usaha biasanya sudah mempersiapkan dana untuk membeli atau menyewa ruko murah di lokasi yang strategis sesuai dengan jenis usahanya.

Salah satu pertimbangan memilih ruko murah agar bisa menekan modal usaha sehingga sisa dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Namun, permasalahannya tidak mudah untuk mendapatkan ruko murah terlebih jika lokasinya di tengah kota.

Untuk menyiasati hal tersebut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ruko murah dengan harga terbaik. Berikut ini adalah ulasannya:

Menentukan Bujet

Menentukan Bujet Ruko Murah

Untuk menentukan bujet bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai gambaran, rata-rata luas tanah ruko antara 50 meter persegi sampai dengan 100 meter persegi. Sementara jika bangunan bertingkat, luasnya bisa dua kali lipat luas tanah.

Untuk ruko di daerah pinggir Jakarta dengan luas tersebut harganya antara Rp1 miliar sampai dengan Rp2 miliar. Semakin luas bangunannya, semakin tinggi juga harganya. 

Lokasi juga sangat menentukan apakah ruko tersebut berdiri di pinggir jalan, berada di dalam pusat perbelanjaan atau dekat dengan akses transportasi. Faktor-faktor inilah yang memengaruhi harga jual. 

Artinya Anda perlu menyiasati bujet dengan kondisi yang diharapkan. Lain halnya jika Anda membeli ruko murah untuk kebutuhan investasi, bukan untuk dipergunakan sebagai tempat usaha atau sekadar hanya untuk disewakan kembali.

Membandingkan Harga di Lokasi yang Berbeda

Membandingkan Harga di Lokasi yang Berbeda

Sama halnya seperti membeli sebuah rumah, Anda perlu melakukan survei berkali-kali dan membandingkan harga di lokasi yang berbeda. 

Untuk mendapatkan ruko murah biasanya berada di deretan paling belakang dan lantai paling tinggi jika lokasinya berada di pusat perbelanjaan. Lokasi-lokasi tersebut biasanya menawarkan harga yang lebih rendah tetapi sebagai konsekuensinya aksesnya lebih jauh bagi pelanggan.

Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan potensinya dalam jangka panjang. Jangan hanya berfokus pada harga tanpa memikirkan potensinya. Lebih baik membayar lebih mahal tetapi tempatnya lebih baik, ramai dan mudah diakses oleh pelanggan. 

Itulah mengapa beberapa ruko di bagian depan dan berada di lantai dasar memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya karena dianggap lebih strategis.

Namun demikian, jika Anda memiliki strategi marketing yang jitu, lokasi bukan menjadi masalah karena pelanggan biasanya lebih sensitif soal harga sehingga mereka lebih rela berjalan kaki lebih jauh asalkan mendapatkan barang yang lebih murah dengan kualitas yang sama. 

Survei Langsung ke Lokasi

Survei Langsung ke Lokasi

Seperti kata pepatah, “jangan pernah membeli kucing dalam karung”. Artinya Anda harus datang ke lokasi ruko yang hendak dibeli atau disewa. 

Pastikan bahwa lokasi ruko sesuai dengan yang Anda harapkan. Apalagi soal akses transportasi, kebersihan dan juga keamanannya.

Sekalipun Anda menggunakan jasa agen properti, Anda harus tetap mengecek kondisi ruko secara langsung. Terutama bertemu dengan pemiliknya secara langsung untuk menjajaki proses jual beli atau sewa menyewa. 

Waspada dengan Biaya Tersembunyi

Perhatikan Biaya Lain

Soal pajak, perijinan, surat menyurat, biaya administrasi yang berkaitan dengan ketentuan hukum harus diselesaikan sebelum beralih kepemilikan. Dengan harapan sebagai pemilik baru, Anda tidak perlu lagi dibebani dengan biaya-biaya yang mungkin saya belum diselesaikan kewajibannya oleh pemilih pertama atau pihak pengembang.

Cek keabsahan soal tanah. Pastikan bahwa tanah di mana ruko dibangun bukan merupakan tanah sengketa. Anda bisa mengecek langsung ke bagian Badan Pertanahan Nasional di masing-masing daerah.

Ajukan KPR dengan Bunga dan Cicilan Terjangkau 

Ajukan KPR dengan Bunga dan Cicilan Terjangkau 

Beberapa bank memiliki produk KPR Ruko untuk usaha. Pinjaman yang diberikan mulai dari Rp500 juta hingga lebih. Bunga yang diberikan sangat bervariasi antara 5,62%  sampai dengan 9% per tahun. 

Tenor pinjaman cukup panjang antara 20 hingga 25 tahun. Pastikan memilih bank yang memberikan bunga fix agar Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih mudah terutama menganggarkan cicilan atau angsuran ruko.  

Menggunakan Agen Properti

Menggunakan Agen Properti

Opsi ini bisa dijadikan opsi terakhir jika Anda tidak mengenal daerah yang diinginkan. Selain itu Anda bisa fokus pada pekerjaan utama tanpa pusing melakukan riset mendalam untuk mendapatkan ruko murah. Agen properti akan memberikan berbagai pilihan ruko murah yang sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan.

Hanya saja sebagai konsekuensinya, Anda perlu memberikan fee kepada agen properti sebagai imbal jasa mencarikan ruko dengan harga terbaik.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan ruko murah. Ruko murah yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk usaha atau bisa disewakan kembali kepada orang lain. 

Jangan membiarkan ruko kosong tak terisi dengan dalih investasi dan hanya menunggu harga tinggi hingga bisa mendapatkan margin keuntungan yang diharapkan. Akan lebih baik jika digunakan atau disewakan agar lebih produktif dan menguntungkan. 

Jika masih bingung dengan tips tersebut, Anda bisa berkomunikasi dengan tim Lifepal. Anda juga bisa mendiskusikan bagaimana memberikan proteksi terhadap tempat usaha Anda dari berbagai risiko yang tidak diinginkan, seperti bagaimana cara memilih asuransi kerugian yang tepat. 

Hubungi kami di berbagai kanal media sosial yang bisa Anda hubungi kapan saja dan di mana saja.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →