Langkah-langkah Efisien Memilih Ruko untuk Bisnis Kita

Wanita invest properti

Ruko atau rumah toko adalah sebutan bagi bangunan-bangunan yang memiliki ciri khas bertingkat antara dua hingga lima lantai. Lantai ruko bagian bawah digunakan sebagai tempat usaha atau semacam kantor, sementara lantai atas dimanfaatkan sebagai tempat tinggal.

Pemanfaatannya berkembang sesuai kebutuhan dari masing-masing pemiliknya. Nah, dalam memanfaatkan ruko sebagaimana produk properti lainnya, kita mesti memperhatikan berbagai hal supaya terhindar dari investasi yang merugikan.

Bagi kita yang tengah mencari dan membutuhkan ruko ini, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini dahulu supaya apa yang dipilih memang menjadi yang terbaik dan dapat mendatangkan keuntungan.

Apa Saja yang Wajib Diperhatikan saat Memilih Ruko?

wanita berpikir

Ketika memilih ruko, ada berbagai macam hal yang wajib diperhatikan mengingat investasi ruko pun kadang tidak kecil, baik itu sekadar menyewa atau membelinya.

1. Letak yang strategis

Sebagaimana umumnya produk properti lainnya, lokasi atau letak menjadi salah satu yang utama dalam memilih ruko. Kesalahan memilih tempat akan berimplikasi pada berbagai macam kesalahan lain yang berujung pada kerugian.

Dalam memilih tempat, kita harus memperhatikan wilayah di sekitar ruko tersebut, seperti kawasan perumahan, letaknya di perempatan jalan, jalanan yang ramai dilalui orang. Jalan yang dilalui ruko apakah menjadi penghubung antardaerah, serta akses dari dan menuju ruko yang mudah dijangkau berbagai jenis kendaraan pun perlu diperhatikan.

Sebenarnya salah satu indikator walaupun tidak selalu menjadi yang utama suatu ruko itu ramai dikunjungi adalah keberadaan PKL atau pedagang kaki lima, seperti warung pecel, nasi goreng, dan bubur ayam.

2. Harga yang menjadi fixed cost

Nah, menyoal harga ruko, sesuaikan dengan bujet atau anggaran yang dimiliki. Jadi jika memutuskan untuk membeli, pilih skema yang sesuai, entah cash atau kredit, dengan jangka waktu yang pas. 

Terutama ketika memilih skema kredit, harus diperhatikan fluktuasi bunga melalui KPR atau kredit jenis lainnya sehingga dalam pembukuan keuangan, kita dapat menentukan kategorikannya sebagai fixed cost atau biaya tetap.

Fixed cost ini dimaksudkan agar pengeluaran dari pembayaran ruko tersebut tidak berubah-ubah dalam jangka waktu pendek. Dengan begitu, kita dapat dengan jelas memasukkannya dalam hitungan pendapatan dan belanja usaha sehingga jelas break even point (BEP) atau titik balik modalnya.

Sementara kalau menyewa, kita perlu memastikan tidak akan ada perubahan harga dalam jangka waktu tertentu. Jika ada, perubahan harga tersebut dapat diukur atau sudah menjadi bagian dari kesepakatan dengan pemilik ruko.

3. Potensi pasar

Potensi pasar menjadi salah satu hal penting dalam memilih ruko karena jelas yang dicari adalah ruko yang mendatangkan keuntungan, maka potensi pasar perlu diperhatikan.

Kaitannya, kita mesti mengukur wilayah di sekitar ruko tersebut, adakah daerah ramai yang berdekatan, seperti kawasan perkantoran, sekolah atau perumahan. Daerah-daerah tersebut, mesti diperhatikan baik dari segi jarak, jumlah penduduk yang menjadi potensi pasarnya, serta Lalu Lintas Harian (LHR) di wilayah tersebut.

Selain itu, jika produk yang kita jual merupakan produk Business to Business atau antarusaha, maka yang perlu diperhatikan adalah potensi keberadaan perusahaan lain di sekitar daerah ruko kita dan bentuk kerja sama yang paling berpeluang menguntungkan.

4. Produk yang dijual

Pastikan produk yang dijual cocok dengan target pasar. Jika produk yang dijual merupakan produk sekali pakai untuk perseorangan seperti makanan, produk farmasi, maka potensi LHR menjadi sangat penting.

Selain itu, produk juga harus sesuai dengan standardisasi yang berlaku di daerah tersebut, minimal standar kelayakan jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

5. Promosi yang dapat dilakukan

Promosi penjualan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pemilihan ruko, faktor promosi ini mesti jadi bagian dari perhitungan awal. Baik dari jenis promosi maupun eksekusinya.

Promosi dapat menggunakan cara-cara konvensional seperti membagikan selebaran, berkeliling perumahan dan promosi di daerah ruko tersebut.

Sementara itu, promosi nonkonvensional menggunakan media sosial dan promosi kreatif lainnya tetap dapat menjadi pilihan.

Apalagi, ketika kita menggunakan fitur media sosial, promosi dapat dilakukan dengan memilih wilayah terdekat dari tempat kita berjualan.

6. Pesaing terdekat

Usaha apa pun, kita tidak terlepas dari persaingan usaha, tentu dalam memilih ruko pun kita mesti memperhatikan pesaing usaha kita di daerah tersebut.

Nah, pesaing terdekat mesti dipetakan sejak awal memilih ruko, seberapa dekat pesaing dengan jenis usaha dan produk yang dijual dengan ruko yang kita gunakan.

Seberapa kuat brand image yang dibangun oleh pesaing di wilayah tersebut dan pesaing pun harus diperhatikan dari berbagai aspek guna menunjang inovasi usaha. 

Memilih Ruko dengan Mudah Melalui Berbagai Aplikasi

Wanita mengecek ruko

Saat ini sebagai referensi awal, kita dapat mencari ruko melalui berbagai aplikasi yang menyediakan penyewaan properti. Beberapa pilihan platform di bawah ini bisa dipertimbangkan.

1. Rumah.com

Aplikasi atau situs web ini menyediakan pilihan berbagai properti, mulai dari rumah, ruko, hingga indekos. Selain properti, rumah.com juga menawarkan berbagai panduan mengurus properti, seperti mengajukan KPR dan mengurus sertifikat tanah.

2. Rumah123

Aplikasi dan situs web ini selain menyediakan berbagai macam jenis properti, turut memberikan informasi sejak properti tersebut masih dikerjakan developer.

3. Lamudi.co.id

Situs web ini memberikan informasi properti, baik yang mencari rumah idaman, tanah, dan properti komersial. Bertujuan kemudahan bagi konsumen lewat data-data yang lengkap serta kontak langsung dengan agen, developer, dan pemilik tanah.

4. Trovit

Aplikasi dan situs web ini menyediakan berbagai iklan dari ribuan situs web lainnya. Aplikasi ini membagi tiga jenis iklan, yaitu rumah, kendaraan, dan lowongan pekerjaan.

5. OLX

Aplikasi dan situs web ini menyediakan berbagai macam iklan, mulai dari properti, lowongan pekerjaan, kendaraan, alat elektronik, hobi, hingga keperluan rumah tangga.

Kesalahan dalam Memilih Ruko bagi Pemula

Nah, dalam memilih ruko-ruko tersebut, kita perlu menghindari beberapa kesalahan mendasar berikut ini.

1. Membeli ruko sebelum memulai usaha

Ruko sebenarnya berperan sebagai pelengkap usaha yang kita miliki sehingga membeli ruko sebelum benar-benar memulai usaha dirasa kurang tepat. Faktor terpenting dalam membangun usaha adalah membangun ruh wirausaha kita dahulu sehingga ruko yang merupakan bangunan fisik menjadi pelengkap dari aktivitas usaha.

2. Lokasi ruko yang kurang strategis

Pemilihan letak ruko menjadi salah satu yang penting seperti sudah disebutkan sebelumnya, sehingga letak menjadi faktor kesalahan mendasar yang acap terjadi dalam memilih ruko.

3. Akses yang sulit

Dalam memilih tempat, akses dari dan menuju ruko mesti diperhatikan juga. Bukan cuma untuk kenyamanan pelanggan, tapi sebagai penunjang aktivitas distribusi dan produksi kita juga, bukan?

4. Perizinan yang tidak tepat

Perizinan menjadi salah satu aspek dalam usaha yang sangat penting sehingga pengajuan izin yang keliri dapat memengaruhi kelanjutan usaha kita di masa depan.

5. Fasilitas kurang lengkap

Sejak awal dalam memilih ruko harus memastikan fasilitas penunjang selain kelengkapan di dalam ruko itu sendiri sehingga sejak awal kita sudah harus menyiapkan spesifikasi yang dibutuhkan sehingga pemilihan ruko menjadi lebih terukur.

6. Struktur gedung yang salah

Walaupun kita hanya mencari satu ruko, perlu diperhatikan pula struktur gedung dan tata letak pertokoan atau ruko yang kita pilih, Karena bisa jadi, hal ini dapat merepotkan kita ke depannya.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, kita perlu memperhatikan berbagai aspek sebelum memilih ruko untuk tempat usaha. Nah, semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →