Disewa Rp 120 Juta, Gini Nih Rumah yang Dikontrak Inneke Koesherawati

rumah sewaan

Artis cantik sekaligus istri terpidana kasus korupsi Fahmi Darmawansyah, Inneke Koesherawati, dikabarkan telah mengeluarkan uang Rp 120 juta buat sebuah rumah sewaan. Rumah itu terletak di dekat Lapas Sukamiskin Bandung, sel tempat suaminya ditahan.

Bintang film top tahun 90an ini sempat terciduk operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK. Saat itu, Inneke ada di Lapas Sukamiskin sedang menjenguk suaminya.Usut punya usut, ada informasi yang menyebutkan kalau ada kasus suap yang terjadi antara Kalapas Wahid Husein dan Fahmi lewat Inneke. Suap itu ditujukan biar Fahmi dapat sel mewah.

Nah, bisa jadi karena pertimbangan jarak, Inneke lantas memutuskan buat menyewa rumah di dekat lapas Sukamiskin. Dan jangan salah lho, rumah sewaan Inneke itu mewah dan udah disewa buat satu tahun.

Penasaran seperti apa penampakan rumahnya? Yuk kita ulas lebih lanjut.

1. Terletak di komplek Arcamanik

rumah sewaan
Rumah ini juga ikut digeledah KPK (Merdeka)

Rumah sewaan itu terletak di komplek Arcamanik yang merupakan kompleks perumahan elite di Kota Kembang. Berdasarkan pantauan MoneySmart di situs-situs penjual properti, harga rumah di komplek itu berkisar antara Rp 600 juta hingga Rp 4,5 miliar.

Kabarnya sih, jarak dari Arcamanik ke Lapas Sukamiskin cuma 1,3 kilometer. Jadi wajar aja kalau pilihan Inneke buat menyewa rumah jatuh ke salah satu rumah di sana.

Rumah sewaan itu gak disewa atas nama Inneke, melainkan atas nama orang lain. Ada yang bilang, orang yang mengontrak rumah itu adalah warga di Jakarta Barat.  

2. Rumah sewaan itu terdiri dari dua kavling dan berlantai dua

Bisa dibilang rumah sewaan Inneke Koesherawati ini ukurannya besar banget. Rumah itu berdiri di tanah dua kavling dan berlantai dua. Luas tanahnya lebih dari 100 meter persegi.

Kenapa ya Inneke malah memilih rumah yang besar seperti itu? Kira-kira siapa aja sih yang tinggal di rumah besar itu?

Menurut laporan dari kepala keamanan komplek Arcamanik, selama tinggal di sana Inneke bisa dikatakan tertutup banget. Dia jarang banget negor-negor warga sekitar. Dan kabarnya, kepala keamanan itu juga gak mengenal Inneke dengan baik, gitu pula dengan orang-orang yang tinggal di rumah sewaan itu.

Bahkan dikabarkan pula bahwa Inneke sendiri jarang banget datang ke rumah itu. Paling cuma sebulan sekali atau dua kali dengan mobil Alphard hitam. Buat apa disewa ya kalau jarang dipakai? Sayang aja udah keluar duit Rp 120 juta tapi rumahnya jarang ditempati.

3. Desain modern minimalis, eksterior didominasi warna krem dan cokelat

rumah sewaan
Sayang amat gak pernah ditempati (Metrotvnews)

Rumah sewaan yang mewah ini mengadopsi desain modern dan minimalis. Penggunaan warna krem dan cokelat bikin rumah gedongan ini terlihat beda dan mentereng. Gak kalah elegan dengan rumah modern bercat putih seperti punya artis-artis ibu kota.

Di lantai dua, terlihat jendela-jendela besar yang semakin memperkuat kesan modern. Bentuk arsitekturnya juga bisa dibilang sedikit unik.

Tanaman-tanaman di rumah tersebut juga tertata dengan rapi. Pasti perawatannya dilakukan secara rutin.

4. Pemilik asli rumah itu gak tahu kalau rumahnya disewa Inneke

Rumah sewaan ini adalah milik seorang anggota DPRD Lampung, Rifanzi. Semenjak rumah ni disewa oleh Inneke, rumah ini malah terlihat lebih sepi. Jarang banget ada aktivitas.

Lucunya nih, Rifanzi sendiri malah gak tahu kalau rumahnya udah disewa oleh Inneke. Dia justru baru tahu waktu dia baca Detik.

Rifanzi sendiri menempati rumah itu sejak 2006 hingga 2013. Setelah terpilih jadi wakil rakyat, dia pun pindah ke Bandar Lampung.  

Emang sih setelah pindah ke Lampung Rifanzi memasarkan rumah itu lewat seorang agen properti. Daripada jadi aset gak produktif, mending disewakan dong.

Pada tahun 2017, Rifanzi dapat kabar bahwa rumahnya disewa oleh seorang bernama Muhammad Rizky. Nah Rizky adalah warga Jakarta Selatan, dan harga sewa rumah itu adalah Rp 120 juta per tahun.

Tepat pada Juni 2018, Rizky dikabarkan memperpanjang kontrak sewa. Dia membayarnya secara bertahap tiga kali. Gak tahunya, rumah itu malah ditempati oleh Inneke Koesherawati.

5. Inneke juga gak pernah lapor ke RT kalau dia ngontrak rumah di sana

rumah sewaan
Yang nyewa atas nama siapa yang nginep siapa, keder deh (Kumparan)

Bukan cuma pemilik asli rumah itu yang ternyata gak diberi tahu bahwa Inneke menyewa rumah tersebut. Ketua RT setempat juga kecolongan.

Selain gak pernah silaturahmi ke warga sekitar, Inneke juga kabarnya gak pernah melapor ke RT. Mungkin aja, orang-orang setempat tahunya penyewa rumah itu ya Muhammad Rizky.

Rumah sewaan itu juga ditempati oleh pasutri dan satu anaknya. Mereka emang diminta oleh Inneke buat menjaga rumah tersebut.

Hubungan mereka dan Inneke aja masih simpang siur. Apakah mereka itu saudaranya atau orang yang emang dipekerjakan oleh Inneke.

Itulah fakta-fakta soal rumah sewaan Inneke Koesherawati di Bandung. Besar, mewah, minimalis, tapi sayangnya disewa tanpa sepengetahuan pemilik dan ketua RT setempat.

Sampai detik ini, belum ada informasi seputar interior rumah tersebut. KPK mungkin udah pernah masuk rumah itu tapi media tentunya gak diizinkan.

Semewah apa interior rumah kontrakan itu, tentu masih jadi pertanyaan.

Buat kamu yang emang pengin menjalankan bisnis rumah sewaan alias kontrakan, tentu peristiwa ini bisa jadi pelajaran penting. Gak enak dong ketika tahu bahwa orang yang mengontrak rumahmu ternyata sedang jadi incaran KPK.

Semua bisa  berabe bos! Kamu juga bisa aja dipanggil buat jadi saksi.

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis