Saat Bencana Alam di Indonesia Terjadi, Nyumbang Uang Lebih Baik dari Barang

bencana alam di Indonesia

Gak ada satu pun manusia yang mau memilih tertimpa musibah atau bencana. Namun alam sering menunjukkan murkanya dan memakan korban jiwa. Entah karena kesalahan manusia yang gak pandai menjaga lingkungan, atau memang karena terjadi secara natural.

Data Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Strategi Internasional Pengurangan Risiko Bencana (UN-ISDR) menyatakan Indonesia sebagai negara yang paling rawan bencana di dunia.

Gak heran kalau pertumbuhan lembaga-lembaga kemanusiaan yang menyalurkan bantuan kemanusiaan buat korban bencana di Indonesia semakin menjamur. Sudah jadi kewajiban bagi kita sesama manusia buat saling membantu.

[Baca: Terketuk Buat Membantu Korban Gempa Aceh Salurkan Lewat 5 Lembaga Ini]

Apalagi, belakangan gencar diberitakan soal meningkatnya aktivitas Gunung Agung di Bali. Warga yang tinggal dalam radius 9 kilometer dari puncak kawah pun sudah dianjurkan untuk mengungsi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sebab, gunung api ini sudah dinyatakan berstatus “Awas”.

Nah, buat kamu yang mau membantu saudara-saudara kita yang mengungsi akibat bencana ini, lebih baik donasikan bantuan dalam bentuk uang ya. Kenapa? Ini lima alasannya.

1. Lebih praktis dan efektif

bencana alam di Indonesia
Ya ampun masbro, hati-hati ya, kesenggol jatuh berabe dah nanti! (Pengendara Motor / vulgarz)

Nyumbang uang jelas lebih praktis daripada barang. Kini udah banyak juga lembaga kemanusiaan penyalur bantuan kepada mereka yang sedang membutuhkan kok. Donatur tinggal pilih saja lembaga penyalurnya via online. Hemat waktu dan tenaga kan.

Beda kalau nyumbang barang. Butuh usaha lebih buat ngirim barang sumbangan. Apalagi kalau barangnya berbentuk pakaian. Kamu harus menyortir dulu pakaian-pakaian yang sudah bersih dan masih layak pakai. Kalau berupa makanan kering, berpotensi rusak saat pengiriman. Apalagi kalau lokasi bencana jauh dan agak sulit dijangkau medannya.

2. Lebih bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan

Kebutuhan korban bencana gak selalu bisa disamakan. Misalnya saja, korban bencana kebakaran yang rumahnya habis terbakar pasti lebih membutuhkan pakaian. Sementara para pengungsi erupsi gunung berapi yang dievakuasi mungkin lebih butuh dapur darurat, karena masih sempat ngepak baju dari rumah.

Nah, dengan bantuan berupa uang, para petugas atau relawan lebih bisa membeli kebutuhan dengan tepat sasaran karena melihat fakta di lapangan.

[Baca: Nih 5 Cara Buat Pastikan Donasi Tersalurkan ke Tangan yang Membutuhkan]

3. Lebih cepat diterima

bencana alam di Indonesia
Terbang nebeng Superman pasti cepat sampai nih, tapi takut jatuh ah hihihi! (Superman / liputan6)

Sumbangan berupa uang pasti akan cepat sampai kepada pihak yang membutuhkan. Apalagi kini sistem keuangan perbankan jadi makin mudah dengan sistem transfer yang saat itu dikirim, saat itu juga diterima. Dengan begitu, aksi bantuan pun bisa lebih cepat direalisasikan.

4. Lebih adil dan merata

Sumbangan dalam bentuk uang bisa dibelikan makanan, minuman atau barang kebutuhan sehari-hari lain yang sifatnya umum. Artinya, semua orang dari berbagai usia dan jenis kelamin bisa merasakan manfaatnya.

Bandingkan ketika sumbangan berupa pakaian layak pakai. Bisa saja pakaian tersebut hanya bisa digunakan oleh para perempuan dewasa. Korban bencana selain perempuan dewasa tentu saja gak bisa merasakan bantuan tersebut.

5. Berkontribusi buat roda perekonomian

Uang yang kamu sumbangkan pastinya akan dibelikan barang-barang kebutuhan sehari-hari untuk para korban bencana. Dan tentu saja jumlah barangnya akan dibeli dalam jumlah banyak.

Secara gak langsung, uang hasil sumbanganmu ini turut berkontribusi kepada roda perekonomian negara lho. Sebab, para pedagang sembako atau pakaian bisa jadi kebanjiran order untuk memenuhi kebutuhan ini.

Nah, sekarang udah dapet pencerahan kan, kenapa nyumbang uang lebih baik daripada nyumbang barang?

Tapi jangan salah paham ya, lima alasan di atas bukanlah paksaan. Pada akhirnya, mau nyumbang uang atau barang, keduanya sama-sama bermanfaat. Sebab, yang namanya donasi itu kan yang penting niatnya ya.

bencana alam di Indonesia
Kalau nyumbang itu yang penting ikhlas, jangan habis nyumbang pasang ekspresi muka asem gini ya! (Ekspresi Galau / newteknoes)

Namun, alasan-alasan di atas paling gak bisa jadi bahan pertimbangan saat kamu akan menyumbang agar efeknya bisa lebih maksimal dan benar-benar bermanfaat bagi mereka yang sedang membutuhkan.

Terkait korban pengungsi Gunung Agung, saat ini jumlahnya udah mencapai 81.152 orang lho. Nah, bagi kamu yang mau bantu meringankan beban mereka, bisa sumbangkan uang kamu ke beberapa lembaga penyalur sumbangan secara online. Tapi ingat, cari yang credible dan bisa dipercaya ya.

Contohnya kayak Aksi Cepat Tanggap (ACT). Salah satu kontribusi ACT yang udah dilakukan untuk para pengungsi Gunung Agung adalah membuka dapur umum di lokasi-lokasi pengungsian.

[Baca: Vikra Ijas CMO Kitabisa.com Membantu Sesama Lewat Kotak Amal Digital]
Kamu bisa langsung kunjungi situsnya dan ikuti instruksi yang tertera di halaman website untuk menyalurkan sumbangan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →