12 Negara di Dunia Ini Hanya Punya Satu Orang “Miliarder”, Gak Percaya?

Di Indonesia jumlah orang kaya yang memiliki harta di atas US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun tentunya banyak. Sebut saja taipan Hartono bersaudara, Sri Prakash Lohia, Chairul Tanjung, Dato Sri Tahir, Theodore Rachmat, dan masih banyak lagi. 

Tapi jangan heran lho kalau di beberapa negara ini, terdapat  hanya satu orang dinyatakan sebagai miliuner. Pasalnya nih hanya orang ini yang tercatat memiliki kekayaan sebesar US$ 1 miliar. Mau tahu negara mana saja yang hanya punya satu miliuner? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Semuanya Senilai Ratusan Miliar, Ini Koleksi Rumah dan Properti Bos Amazon

1. Nepal

orang kaya
Ini nih satu-satunya orang terkaya di Nepal, (Wikipedia).

Nah di negara Asia Selatan ini kabarnya hanya terdapat satu orang kaya yang kabarnya memiliki harta kekayaan di atas US$ 1 miliar. Binod Chaudhary merupakan satu-satunya orang yang memiliki kekayaan mencapai triliunan rupiah. 

Total kekayaan bersih pria ini menurut Wikipedia berada di angka US$ 1,7 miliar atau Rp 23 triliun pada tahun 2019. Ia sendiri merupakan pimpinan dari Chaudary Group salah satu perusahaan konglomerasi yang memiliki anak usaha di bidang makanan.

Salah satu produk terkenal mereka adalah mie bernama Wai-Wai. Kabarnya, Wai Wai ini kayak Indomie di Nepal lho dan sangat tenar serta digemari warga setempat. 

Baca juga: Punya Banyak Uang, 5 Miliarder Dunia Ini Justru Terapkan Gaya Hidup Sederhana dan Hemat Lho!

2. Kuwait

Orang kaya
Ini dia orang terkaya satu-satunya di Kuwait, (kutaybaalghanim.com)

Negara Arab yang satu ini menganut sistem monarki konstitusional. Namun jumlah aset milik Emir Kuwait, Sabah Ahmad al-Sabah memang gak pernah terkuak di publik.

Namun salah satu warga sipil yang disinyalir sebagai satu-satunya konglomerat terkaya di sini ialah Kutayba Alghanim.

Menurut laporan dari Forbes, Alghanim mengantongi aset senilai US$ 1,4 miliar atau setara dengan Rp 19 triliun. Ia merupakan pimpinan dari Alghanim Industries yang didirikan oleh ayahnya, Yusuf di tahun 1932.

Alghanim Industries menguasai industri otomotif di Kuwait, sekaligus pemegang merek Ford dan General Motors. Mereka juga memiliki anak usaha di bidang elektronik hingga restoran Wendys.

Baca juga: Putus Sekolah, Pria Ini Sukses Jadi Miliarder di Usia 25 Tahun Berkat OYO

3. Qatar

Orang kaya
Satu-satunya orang terkaya di Qatar, (aamal.com.qa)

Negara yang satu ini memang bisa dibilang super tajir dan gak sedikit orang kaya yang hidup di sini. Mereka punya maskapai terbaik di dunia yaitu Qatar Airways, tingkat pengangguran di negara ini juga sangat rendah, dan pajak pun sama sekali gak ada!

Tapi hanya ada satu warga sipil yang tercatat memiliki kekayaan di atas US$ 1 miliar. Faisal Bin Qassim Al Thani merupakan orang kaya yang ada di Qatar. Namanya saja terdengar bahwa dirinya memiliki garis keturunan dari pemimpin Qatar, Sheikh Tamim Bin Hamad Al-Thani. Namun Faisal tampaknya memilih untuk terjun ke dunia bisnis.

Pria berkekayaan US$ 1,3 miliar atau Rp 18 triliun ini merupakan pimpinan Al Faisal Holdings, sebuah perusahaan konglomerasi terbesar di Qatar. Mereka memiliki 20 hotel yang tersebar di seluruh dunia, beberapa di antaranya adalah St. Regis di Washington dan Miami, serta W Hotel di London.

Kiprah bisnis Faisal Bin Qassim Al Thani dimulai pada tahun 1960 saat dirinya memutuskan untuk menjadi pemegang merek ban Bridgestone.

4. Tanzania 

orang kaya
Orang kaya di Tanzania satu-satunya, (bbci.co.uk).

Usianya bisa dibilang masih seumur jagung tapi siapa yang menyangka kalau dirinya merupakan orang terkaya di Tanzania. Mohammed Dewji merupakan satu-satunya orang terkaya di negara ini. 

Miliarder termuda asal Afrika menceritakan kembali kisahnya saat diculik pada 11 Oktober 2018 lalu. Kekayaannya tercatat sebesar US$ 1,9 miliar atau Rp 26,6 triliun.

Dewji menjabat sebagai CEO dari METL, sebuah perusahaan konglomerasi yang bergerak di bidang tekstil, minuman, hingga produk olahan kelapa sawit.

5. Rumania

orang kaya
Orang satu-satunya terkaya di Rumania, (Wikipedia).

Di Rumania juga terdapat hanya satu orang kaya yang memiliki kekayaan di atas US$ 1 miliar. Ia adalah seorang investor bernama Ion Tiriac.

Mantan pemain tenis ini memiliki aset kekayaan mencapai Rp 28 triliun dan memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis usai pensiun sebagai atlet. Ia lebih memilih berinvestasi dengan membeli saham asuransi Allianz dan beberapa perusahaan otomotif, properti serta perusahaan minyak.

6. Islandia

orang kaya
Satu-satunya orang terkaya di Islandia, (Wikipedia).

Orang kaya yang satu ini bernama Björgólfur Thor Björgólfsson. Pria yang akrab disapa Thor Björgólfsson merupakan orang terkaya di Islandia. Kekayaan sebesar US$ 2,2 miliar atau setara dengan Rp 31 triliun ini adalah pengusaha di bidang minuman keras.

Thor memulai usahanya ketika berada di Rusia dan menjadi co-founder dari Bravo Brewery. 

7. Liechtenstein

orang kaya
Liechtenstein hanya memiliki satu orang kaya lho di negaranya, (ivoclarvivadent.se).

Sama seperti Islandia dan Rumania, Liechestein juga hanya memiliki satu miliarder. Dia adalah  Christoph Zeller, pengusaha produk perawatan gigi bernama Ivoclar Vivadent AG.

Bisnis pria berkekayaan US$ 3 miliar atau Rp 42 triliun ini sudah ada di 25 negara. Ia sendiri menjabat sebagai CEO sejak 1990 hingga 2003. 

8. Eswatini (Swaziland)

orang kaya
Orang terkaya di Eswatini (Swaziland), (iol.co.za).

Tahu negara yang satu ini? Buat yang gak tahu, pasti pernah mendengar nama Swaziland. Negara ini letaknya berada di Afrika.

Pria bernama Nathan Kirsh dinobatkan sebagai satu-satunya miliarder di Eswatini. Pengusaha berkekayaan US$ 2,5 miliar atau Rp 35 triliun ini memiliki perusahaan bernama Krish Group. 

Kirsh Group adalah pemegang saham di salah satu perusahaan ternama di Amerika Serikat yaitu Jetro Holdings, induk dari Restaurant Depot and Jetro Cash & Carry.

9. Aljazair

orang kaya
Satu-satunya orang terkaya di Aljazair, (Wikipedia).

Di Aljazair jangan salah lho ada juga nih orang terkaya, Issad Rebrab. Ia merupakan seorang miliuner yang beraset US$ 3,2 miliar atau Rp 45 triliun. Rebrab adalah CEO dari Cevital, sebuah perusahaan swasta terbesar di negaranya.

Sumber kekayaan Rebrab ternyata berasal dari gula. Cevital menguasai pabrik pengolahan gula terbesar di Aljazair. Ia juga telah mengakusisi El Khabar, sebuah perusahaan media di negaranya. 

10. Angola

orang kaya
Orang terkaya di Angola satu-satunya, (Wikipedia).

Perempuan bernama Isabel Dos Santos ini, ternyata putri dari mantan Presiden Jose Eduardo Dos Santos, yang menjabat sebagai kepala negara Angola dari tahun 1979 hingga 2017. 

Ketika sang ayah masih berkuasa, Isabel membeli saham bank dan perusahaan teknologi di negaranya. Sekarang, dia menjadi crazy rich dengan kekayaan US$ 4 miliar atau Rp 56 triliun.

11. Portugal

orang kaya
Perempuan paruh baya ini merupakan satu-satunya orang terkaya di Portugal, (cmjornal.pt).

Walaupun letaknya di Eropa bagian Barat yang notabennya penuh negara maju Portugal hanya memiliki satu orang kaya lho. Hanya ada satu orang kaya berharta di atas US$ 1 miliar di sini, ia adalah Maria Fernanda Amorim.

Perempuan yang memiliki aset US$ 4,9 miliar atau Rp 69 triliun ini adalah janda dari Americo Amorim, seorang konglomerat yang berinvestasi di banyak perusahaan energi global. 

Keluarga Amorim sendiri, diklaim menguasai 18 persen saham di perusahaan migas negaranya yaitu Galp Energia.

12. Georgia

orang kaya
Ia merupakan satu-satunya orang terkaya di Georgia, (Wikipedia).

Georgia di sini bukan Georgia-nya Amerika ya, melainkan letaknya berdekatan dengan Rusia. Ada satu konglomerat yang sempat menduduki kursi Perdana Menteri Georgia di tahun 2012. Ia adalah orang terkaya di negara Eropa Timur, bernama Bidzina (Boris) Ivanishvilli.

Total asetnya mencapai US$ 5,2 miliar atau setara dengan Rp 73 triliun. Tapi siapa sangka, pria ini lahir dari keluarga miskin di Chorvilla. Sumber kekayaannya berasal dari pabrik baja dan perusahaan perbankan yang berbasis di Rusia. 

Itulah 12 negara di dunia yang kabarnya cuma punya satu miliarder. Kata miliarder tentunya mengacu pada seseorang yang punya aset US$ 1 miliar, bukan Rp 1 miliar lho ya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)