Ingin Bekerja Freelance, Selain Memiliki Koneksi Luas, Perhatikan Dulu Alasan Lainnya Ini

Bekerja Freelance Sudah Mulai Diminati Banyak Orang (Shutterstock).

Bekerja freelance saat ini sudah mulai diminati para kaum milenial. Pasalnya, profesi pekerja lepas ini tidak akan membuat kamu terikat dengan suatu perusahaan. Kamu juga bisa menentukan sendiri mau bekerja di perusahaan apa dan bagaimana, tentu jika ada yang menawarimu. 

Bekerja freelance memang membuat kamu lebih bebas dalam jam kerja. Tetapi bukan berarti menjadi pekerja lepas enak untuk dijalani selamanya lho! Bekerja tidak tentu seperti ini tetap memiliki tantangannya tersendiri. 

Tidak sedikit pula orang yang mengincar pekerjaan santai tersebut. Apalagi bisa menjadi bos sekaligus bagi diri sendiri dengan fleksibilitas kerja yang maksimal. Bukan hanya kaum milenial saja, banyak dari ibu rumah tangga pun mulai tertarik dengan menjadi pekerja lepas seperti ini. Tentu kamu jadi banyak pesaing juga bukan? Apalagi jika gak ada keahlian khusus. 

Nah, buat kamu yang sekarang sedang galau mempertimbangkan akan bekerja freelance atau tetap berada di perusahaan orang, simak dulu beberapa alasan ini yuk. Supaya gak menyesal di kemudian hari. 

1. Sudah punya support system yang cukup

Bekerja Freelance
Bertemu dengan teman dan kerabat (Shutterstock).

Menjadi pekerja lepas ternyata perlu mendapat dukungan dari orang terdekat lho. Pasalnya menghadapi pekerjaan yang tidak menentu ini bakalan membuat kamu yang biasanya rutin mengerjakan pekerjaan, akan berubah drastis jika menjadi freelance. Sistem dukungan alias support system sangat dibutuhkan bagi kamu. 

Menjadi pekerja lepas kerap membuat seseorang merasa kesepian lantaran hampir selalu bekerja sendirian tanpa ada rekan kerja. Oleh karena itu, jika memungkinkan, jangan segan bekerja di malam hari atau akhir pekan agar bisa leluasa bertemu dengan orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman terdekat. 

2. Apakah sudah cermat mengatur keuangan?

Bekerja Freelance
Mengatur keuangan (Shutterstock).

Ini adalah poin penting dalam kehidupan, yakni bagaimana kamu mengatur keuangan yang ada. Pada saat bekerja di sebuah perusahaan, tentu ada fasilitas yang bisa diterima seperti asuransi kesehatan, pajak penghasilan, hingga tunjangan. 

Hal-hal semacam itu kemungkinan besar harus kamu tanggung sendiri ketika bekerja freelance. Tidak tertutup kemungkinan kamu harus membayar pajak sendiri atas penghasilan yang diperoleh sebagai freelancer. Kamu juga wajib membayarkan sendiri asuransi kesehatan yang sebelumnya ditanggung oleh perusahaan tempatmu bekerja dulu. 

Ini membuat kamu wajib memiliki tabungan dan dana pensiun untuk diri sendiri. Oleh sebab itu, lakukan penghitungan dengan cermat ketika menerima penghasilan ya.

3. Sudahkah memiliki koneksi yang cukup?

Bekerja Freelance
Memiliki koneksi bisnis yang luas (Shutterstock).

Ketika memutuskan bekerja freelance, itu artinya kamu sudah memiliki jaringan koneksi yang luas. Jangan sampai malah sebaliknya, kamu gak punya relasi atau hubungan yang baik dengan banyak orang. 

Jika belum, bekerja keraslah dari sekarang untuk membangun itu. Sebagai freelancer, reputasi adalah segalanya. Jadi, ketika kamu mulai bekerja freelance, harus berusaha lebih keras untuk menunjukkan kemampuan dan membangun kredibilitas.

Banyak cara kok untuk membangun jejaring sebagai freelancer, bisa dari media sosial dan orang-orang yang kamu kenal lainnya. 

4. Apa sudah memiliki motivasi cukup tinggi?

Bekerja Freelance
Pekerja lepas (Shutterstock).

Bekerja secara freelance adalah kamu mencakup sebagai pegawai sekaligus bos bagi diri sendiri. Oleh karena itu, kamu harus memiliki tanggung jawab yang besar untuk bekerja menghadapi deadline dan ekspektasi klienmu nanti.

Pasalnya, tugas seorang freelancer tidak ringan lho. Hampir sama dengan saat bekerja kantoran, apalagi sekarang kamu mengatasinya sendirian. Alangkah baiknya jika kamu memiliki motivasi yang besar untuk bekerja. Tetaplah berkomitmen dan berdedikasi dalam menjalankan pekerjaan ini.

Nah itu tadi empat hal yang wajib kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk bekerja freelance di rumah. Gimana? apa sudah siap dengan semua kemungkinan yang ada ke depannya? Semoga sukses ya! (Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →