Seharga Rp 102 M, Begini Penampakan Tank Pindad yang Baru

Sebagai masyarakat Indonesia, tentu kamu wajib tahu sama tank Pindad (PT Pindad Windu Paramarta) yang baru. Monster ini bernama Tank Harimau, dan gak cuma ganas layaknya harimau ya harganya juga luar biasa.

Tank baru ini dirancang lewat kerjasama PT Pindad dan FNSS Turki. Dan proyek pembangunan ini ternyata sudah berlangsung sejak 2016 lho.

Selain itu, tank Pindad ini juga sudah diuji coba pada Oktober 2018 serta disertifikasi langsung oleh TNI AD dan Kementerian Pertahanan RI.

Penasaran sama harga dan kehebatan tank Pindad tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Seharga Rp 102 miliar!

Tank Harimau seharga Rp 102 miliar.

Berhubung tadi disebutkan bahwa tank ini harganya juga ganas. Memang benar ganas kok, wong harganya saja Rp 102 miliar.

Tapi jangan salah, masih ada tank yang harganya jauh lebih mahal ketimbang ini. Contohnya adalah AMX-56 Leclerc buatan Prancis seharga Rp 399 triliun atau Black Panther buatan Korea seharga Rp 124 miliar.

Namun untuk sebuah kendaraan tempur seperti tank, harga Rp 100an miliar itu memang wajar meski tergolong mahal.

2. Sesuai dengan medan Indonesia

Tank ini sesuai dengan medan Indonesia.

Tank Pindad yang satu ini juga sesuai dengan medan dan kontur geografis Indonesia. Ukurannya juga medium alias gak gede dan kecil.

Memang benar bahwa senjata atau kendaraan lapis baja harus memiliki spesifikasi yang sesuai di negara asal. Jadi, untuk memilih alutsista tentunya gak bisa sembarangan juga atau asal pilih yang paling mematikan.

Mematikan atau canggih sama saja bohong kalau mobilitasnya gak bagus ketika harus jalan di tanah gembur, seperti tanah-tanah di Indonesia.

3. Seperti harimau sesungguhnya

Kapasitas tank Pindad ini muat untuk tiga orang.

Bukan cuma ganas, harimau itu juga punya gerakan yang luar biasa cepat dalam menerkam musuhnya. Nama itulah yang akhirnya digunakan sebagai nama tank baru ini.

Yang jelas, kapasitas tank Pindad ini muat untuk tiga orang. Jadi bakal ada pengemudi, penembak, dan komando di dalamnya. Peluru kaliber tank ini adalah 105 mm dan diisi secara manual.

Akurasi tembakan juga sangat baik karena Tank Harimau memiliki sistem kunci target. Sasaran akan semakin mudah dibidik.

4. Ringan dan disebut kayak pesawat

Secara spesifikasi dan karakteristik, medium tank milik Pindad ini diklaim punya mobilitas yang baik.

Secara spesifikasi dan karakteristik, medium tank milik Pindad ini diklaim punya mobilitas yang baik. Manuvernya pun patut diacungi jempol, terutama buat medan Indonesia.

Tank ini memang ringan, dan punya sistem transmisi otomatis. Udah kayak mobil aja ya ada manual dan ada matic. Selain itu, tank Pindad ini juga bisa berjalan di atas pasir yang menjebak.

Dari sisi kemudi, sistemnya mirip-mirip kokpit pesawat dan tergolong sangat ringan. Seperti itulah kira-kira, fakta dan spesifikasi tank Pindad yang memang luar biasa mahal!

Gak cuma tank sih, alat-alat transportasi pasukan TNI sejatinya juga cukup mahal. Mereka punya pesawat hingga helikopter yang harganya juga ratusan miliar lho.

Kira-kira dengan tank semahal itu, apakah pertahanan Indonesia jadi makin yahud? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →