Asal Usul Harbolnas yang Kasih Cashback Sampai 100 Persen, Udah Tahu?

Harbolnas

Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional jadi momen paling dinanti masyarakat yang gemar belanja. Pasalnya, diskonnya di beberapa e-commerce ada yang mencapai 90 persen.

Perkembangan teknologi saat ini membawa dampak positif terhadap perkembangan ekonomi dunia secara keseluruhan. Itu juga turut dirasakan warga Tanah Air yang gak perlu repot-repot datang ke mal untuk belanja produk fashion hingga elektronik.

Tumbuhnya perusahaan e-commerce di Indonesia juga membawa persaingan semakin ketat antara satu dengan lainnya. Fenomena itu terlihat jelas dengan adanya pesta diskon gila-gilaan Habolnas yang biasanya digelar setiap bulan November atau Desember di setiap tahunnya.

Puluhan perusahaan rintisan berlomba-lomba memberikan potongan harga paling besar guna menarik perhatian para pembeli. Ada yang memberi diskon 50 persen, 80 persen, bahkan ada yang sampai 90 persen lho!

Nah, kalau kamu belum tahu tentang asal usul Harbolnas di Indonesia, ada baiknya menyimak ulasannya berikut ini:

Harbolnas mirip perayaan Black Friday di Amerika

Harbolnas
Mirip perayaan Black Friday di Amerika

Viralnya perayaan Harbolnas di Indonesia ini gak lepas dari suksesnya perayaan Black Friday yang sudah ada di Amerika Serikat. Beberapa dari kamu mungkin sudah pernah melihat betapa antusiasnya orang mengantre puluhan meter untuk rebutan berbelanja. 

Hal yang membedakan antara kedua momen tersebut adalah, Hari Belanja Online Nasional itu diadakan setiap tanggal 11.11 atau 12.12, Black Friday dilaksanakan pada hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving.

Thanksgiving merupakan momen berkumpulnya keluarga dengan sanak saudara di kampung halaman. Tradisi seperti ini mungkin lebih dikenal dengan Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia.

Selain Black Friday, perayaan serupa juga ada di Negeri Tiongkok dengan nama Single Day.

Baca juga: Harbolnas, Blibli.com Bakal Diskon Mobil 90 Persen

Harbolnas pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 2012

Harbolnas
Pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 2012

Hari Belanja Online Nasional pertama kali diadakan di Tanah Air pada tahun 2012, tepatnya bulan Desember (12.12). 

Saat itu, perusahaan ritel online yang tergabung pada Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) mengadakan pesta diskon besar-besaran pertama.

Beberapa nama yang ikut serta dalam 121212 adalah Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak. Namun, seiring berjalannya waktu, kini perayaan tersebut sudah dimulai semenjak tanggal 11 November sampai pada puncaknya tanggal 12 Desember.

Selain periode waktunya yang makin panjang, jumlah e-commerce yang terdaftar di Asosiasi Ecommerce Indonesia juga semakin bertambah. Tercatat sudah ada 50 perusahaan lebih yang terdaftar di IdeA.

Harbolnas menawarkan beragam Diskon hingga Cashback

Harbolnas
Menawarkan beragam diskon hingga cashback

Sifat masyarakat Indonesia yang masih cenderung konsumerisme membuat banyak e-commerce menghadirkan diskon gila-gilaan yang presentasenya gak masuk akal. 

Contohnya, Zalora yang menawarkan produk fashion, mereka memberikan diskon sampai 80 persen. Bahkan, perusahaan Blibli.com yang dimiliki Grup Djarum menawarkan cashback hingga 100 persen. 

Strategi marketing seperti ini emang terbuki ampuh meluluhkan hati masyarakat yang doyan belanja.

Itulah sedikit informasi tentang Harbolnas yang  beberapa tahun belakangan ini pamornya meningkat di telinga masyarakat. Kamu udah siapin bujet belum buat belanja tahun ini? (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →