Bakar Semangat Kerja Setelah Liburan, Coba Lakukan 8 Langkah Ini

Tips mengatasi hari pertama biar tetap semangat kerja. (Pexels)

Liburan hampir usai! Saatnya buat hadapi tahun yang baru dengan kembali pada kenyataan hidup. Biasanya nih, semangat kerja malah menurun. Padahal harusnya kan semangat, karena udah mau tahun baru, betul gak?

Gak heran sih kalau rasa malas datang karena itu efek liburan cukup panjang kemarin yang udah kamu nikmati. Apalagi buat kamu yang di akhir tahun menghabiskan cuti, kamu bakal merasa mager banget buat masuk kantor.

Duh, jangan gitu dong! Tahun baru harusnya semangat baru. Nah, agar semangat kerja kamu kembali, yuk ikuti langkah-langkah praktis berikut ini.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk yang Menghambat Karier Pekerja Wanita

1. Istirahat lebih awal

Tidur lebih awal bikin semangat kerja. (Pexels)
Tidur lebih awal bikin semangat kerja. (Pexels)

Yang pasti di hari terakhir liburan ini lebih baik istirahat lebih awal. Bukan berarti kamu harus mager seharian. Pastikan malam ini kamu istirahat lebih awal agar besok pagi punya cukup tenaga buat bangun dan beraktivitas.

Istirahat cukup pada malam hari bakal bikin kamu lebih mudah bangun pagi. Gak cuma itu aja, sebelum tidur, kamu bisa siapkan perintilan yang kelihatannya sepele tetapi ternyata berefek pada semangat kerja.

Contoh, kamu bisa siapkan pakaian pada malam hari. Dengan gitu, keesokan hari kamu gak perlu dibingungkan lagi buat pilih pakaian apa yang mau dipakai di hari pertama kerja besok.

Baca Juga: Tahun Babi Tanah, Shio Kerbau Musti Kerja Cerdas

2. Dengarkan musik favorit

Mendengarkan musik favorit bikin semangat kerja. (Pexels)
Mendengarkan musik favorit bikin semangat kerja. (Pexels)

Biar semangat kerja makin dibakar, kamu bisa lakukan trik menarik yang satu ini. Yap! Dengarkan musik favorit kamu yang bisa membangkitkan semangat tentunya. Jangan yang menye-menye ya.

Kamu bisa dengarkan lagu-lagu upbeat yang bikin badan kamu bergoyang. Atau, kamu bisa pilih musik-musik yang memacu semangat kamu dengan pesan-pesan positif. Dijamin deh, kamu bakal semangat kerja lagi!

3. Bikin jadwal kerja di hari pertama

Bikin jadwal kerja di hari pertama bikin semangat kerja. (Pexels)
Bikin jadwal kerja di hari pertama bikin semangat kerja. (Pexels)

Biar besok gak ada alasan gak tahu mulai pekerjaan kamu dari mana, ada baiknya kamu bikin jadwal kerja di hari pertama. Bikin list pekerjaan yang kamu mulai dari jam pertama hingga jam bekerja berakhir. Bahkan, kamu bisa bikin daftar pekerjaan buat seminggu.

Gak ada alasan buat malas-malasan deh. Sebab, kamu udah punya “peta” yang harus kamu mulai jalankan dari esok hari pertama kerja.

4. Bangun pagi dan datang lebih awal

Bangun pagi lebih awal bikin semangat kerja. (Pexels)
Bangun pagi lebih awal bikin semangat kerja. (Pexels)

Kalau kamu udah istirahat lebih awal tentu kamu pun bisa bangun lebih pagi di hari pertama kerja. Sempatkan diri buat berolahraga sebentar biar tubuh menikmati “pemanasan” sebelum bekerja di kantor.

Nah, kamu pun bisa datang lebih awal ke kantor. Sebab, biasanya hari pertama bekerja setelah semua orang berlibur bakal bikin jalanan cukup macet. Jadi, kamu bisa hindarkan diri dari stres karena jalanan yang riweuh banget.

5. Kerja aja dulu dengan santai

Santai bikin semangat kerja. (Pexels)
Santai bikin semangat kerja. (Pexels)

Meskipun udah bikin daftar pekerjaan, bukan berarti kamu harus memforsir tenaga kamu di hari pertama bekerja. Justru, biar semangat kerja kamu gak melempem besoknya, kamu perlu bekerja secara perlahan.

Kerjakan tugas yang sekiranya mudah diselesaikan terlebih dahulu. Dengan gitu, kamu gak langsung stres karena pekerjaan di kantor. Kamu pun bisa melanjutkan dengan pekerjaan yang lebih sulit.

6. Jangan ikut-ikutan teman yang malas

Gak ikut-ikutan malas bikin semangat kerja. (Pexels)
Gak ikut-ikutan malas bikin semangat kerja. (Pexels)

Udah mafhum deh kalau hari pertama bekerja setelah liburan gini, kebanyakan orang bakal malas-malasan. Namun, ada baiknya kamu gak ikut-ikutan rekan kerja yang bermalas-malasan. Toh kamu udah puas liburannya, kan?

Dengan gak malas-malasan, pekerjaan kamu pun bakal bisa selesai tepat waktu. Kamu pun gak menumpuk kerjaan buat besok-besok. Weekend nanti kamu pun bisa menikmati liburan lagi dengan santai. Asyik, kan?

7. Fokuskan diri kerja biar gak menunda-nunda

Fokuskan diri bikin semangat kerja. (Pexels)
Fokuskan diri bikin semangat kerja. (Pexels)

Mirip dengan poin sebelumnya, kamu harus fokus dan konsisten buat selesaikan pekerjaan sesuai dengan rencana kamu.

Caranya adalah dengan langsung bekerja sesampainya di kantor. Boleh buat basa-basi dulu dengan teman kantor namun jangan terlarut buat ngobrol.

Saat bekerja pun hindari distraksi yang bisa terjadi. Contoh, keinginan buat browsing sana-sini karena malas buat kerjakan tugas. Atau, bahkan malah malas-malasan di tempat duduk sembari ngemil. Duh, jangan deh!

8. Ingat-ingat nikmatnya gajian

Mengingat nikmatnya gajian bikin semangat kerja. (Pexels)
Mengingat nikmatnya gajian bikin semangat kerja. (Pexels)

Ini langkah terakhir yang bisa kamu tempuh bila keinginan buat malas-malasan masih bercokol. Ingat aja deh nikmatnya gajian pertama di tahun baru. Kemudian, ingat pula bahwa setelah liburan akhir tahun kemarin pasti cukup banyak uang kamu yang terkuras, bukan?

Nikmatnya gajian gak ada yang mengalahkan deh. Jadi, mulai sekarang bangkitkan lagi semangat kerja kamu. Kalau bisa malah kamu ambil pekerjaan sampingan lagi biar uang kamu makin bertambah.

Kalau uang bertambah, kamu pun bisa liburan lagi deh. Siapa tahu impian kamu buat ke Eropa tahun ini bisa terwujud. Semua itu bisa terjadi kalau kamu semangat kerja keras! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →