Triawan Munaf Jadi Komisaris Utama Garuda, Ini Sepak Terjangnya

Triawan Munaf

Selain Irfan Setiaputra ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Triawan Munaf mengisi kekosongan posisi sebagai Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk.

Triawan Munaf terpilih sebagai Komut yang baru setelah Garuda Indonesia melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu 22 Januari 2020. 

Adapun agendanya, penetapan manajemen baru perusahaan setelah beberapa waktu sebelumnya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberhentikan direksi-direksinya hingga hanya menyisakan dua orang.

Terpilihnya Triawan Munaf menjadi Komut Garuda Indonesia yang baru membuat fakta-fakta mengenai ayah Sherina Munaf itu jadi sorotan. 

Yuk, ketahui fakta menarik tentangnya seperti disarikan Lifepal di sini:

Sepak Terjang di Dunia Karier 

Bekraf meraih penghargaan
Sepak terjang di dunia karier (Instagram/@triawanmunaf)

Triawan Munaf diketahui sudah berkecimpung di dunia pemerintahan selama lima tahun terakhir. Dia menjabat sebagai kepala lembaga setingkat kementerian, yaitu kepala Badan Ekonomi dan Kreatif (Bekraf) periode 2015-2019.

Sebelumnya, suami Luki Ariani itu merupakan pengusaha periklanan dengan membangun perusahaan Euro RSCG AdWork.

Sebelum memimpin Bekraf, dia lebih dulu menjadi Founder and Chairman of Advocado atau PT Senopati Guntur. Ia mendirikan perusahaan itu pada 2011.

Triawan juga pernah melanglang buana menjadi Chairman sekaligus Creative Adviser and Co-founder of AdWork! Euro RSCG Partnership pada 1999 hingga 2010.

Pada 1998 hingga 1999, Triawan menjadi President Director AdWork! Euro RSCG Partnership. Dia sempat mendirikan AdWork! Advertising bersama Sjahrial Djalil dan Dion Siswandi.

Mantan Musisi

Ayah Sherina bersama Wishnutama
Mantan musisi (Instagram/@triawanmunaf)

Berkiprah di perusahaan pelat merah, pria kelahiran Bandung, 28 November 1958 inimemulai awal kariernya dari industri musik. 

Sebagai musisi yang berasal dari Bandung, Triawan bergabung dengan grup Giant Step yang tersohor pada tahun 1970-an. Dalam grup tersebut, Triawan mengisi posisi Keyboardist dan Vocalist.

Meski tak lagi berkiprah di industri musik, sang putri, Sherina yang mengikuti jejak langkahnya. Sherina sudah berkiprah di dunia seni Tanah Air sejak usia sembilan tahun.

Sherina mengawali karier sebagai penyanyi di tahun 1999 dengan merilis album “Andai Aku Besar Nanti” yang membawakan lagu karya komposer sekaligus pencipta lagu terkenal Elfa Secioria.

Di tahun 2000, Sherina tampil pertama kali di layar kaca dengan membintangi film “Petualangan Sherina” dan beradu akting dengan artis Derby Romero. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Sherina sempat tak menghiasi layar kaca Tanah Air karena mengambil jenjang strata 1 (S1) di The University of Sydney.

Memiliki Harta Rp 44 Miliar 

memegang buku Rhenald Kasali
Memiliki harta Rp 44 miliar (Instagram/@triawanmunaf)

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara yang dilaporkan pada Desember 2018, Triawan memiliki harta aset mencapai Rp 44 miliar.

Aset properti milik Triawan Munaf mencapai Rp 30 miliar. Dia memiliki tiga tanah dan bangunan yang terletak di Jakarta Selatan, dan satu di Tangerang. Sementara itu, aset berupa tanah lapang di Tangerang memiliki luas mencapai 504 meter persegi.

Meski memiliki harta puluhan miliar rupiah, Triawan dalam laporan mengenai alat transportasi dan mesin di LHKPN pada tahun 2018 menyebut tak memiliki kendaraan.

Namun, Triawan sempat diberitakan di media selama bekerja memakai Toyota Crown Royal Saloon buatan tahun 2007. 

Di LHKPN tersebut, anggota tim sukses pasangan Jokowi-Kalla dalam Pemilihan Presiden 2014 itu menuliskan memiliki harta bergerak lainnya yang bervaluasi Rp 100 juta. Tapi, harta bergerak itu bukan mobil.

Adapun aset lain yang dimilikinya ialah surat berharga dengan nilai mencapai Rp 13.213.914.690.

Sementara untuk harta berbentuk kas milik pria 61 tahun itu senilai Rp 1,1 miliaran. Triawan yang tak memiliki utang juga tercatat mengantongi harta lain berjumlah Rp 278 juta.

Itulah sejumlah fakta menarik Triawan Munaf yang kini menjabat sebagai Komut Garuda Indonesia yang baru.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →