Setiap Bulan Hasilkan Rp 450 Juta, Ini 5 Fakta Sukses Anomali Coffee

Gaya hidup masyarakat urban yang gemar meminum kopi turut mendorong pertumbuhan gerai-gerai kopi di wilayah perkotaan. Tren minum kopi ini tentu aja jadi peluang meraup untung. Salah satunya yang meraih sukses dari bisnis kopi adalah Anomali Coffee.

Kamu yang suka banget nyeruput secangkir kopi di kafe atau gerai kopi pasti mengenal Anomali Coffee. Di gerai kopi yang satu ini kamu bisa menikmati minuman kopi dari pelbagai varian biji yang diracik hingga menghasilkan rasa yang khas di lidah. Pokoknya gak kalah lah dengan Starbucks.

Kini Anomali Coffee menangguk banyak untung dengan raihan omzet yang fantastis nilainya. Kabarnya tiap bulannya omzet gerai kopi ini bisa tembus ratusan juta per bulan. Itu datangnya dari satu gerai lho.

Gak cukup dengan cetak omzet besar, gerai kopi ini juga digelari kurator kopi nusantara oleh Swa. Penasaran gimana kisahnya Anomali Coffee yang dulunya cuma satu gerai kini bisa punya banyak gerai? Simak yuk di ulasan berikut ini.

1. Berawal dari kecintaan pada kopi

Seorang barista tengah membuat kopi (Instagram).
Seorang barista tengah membuat kopi (Instagram).

Irvan Helmi dan Muhammad Abgari adalah dua orang di balik suksesnya Anomali Coffee. Kecintaan pada minuman hitam dan pahit ini mengantarkan mereka buat bersama-sama merintis gerai kopi.

Mereka menyadari kalau bisnis ini butuh modal yang gak sedikit. Waktu berdirinya Anomali Coffee tahun 2007, dari modal yang dimiliki, mereka cuma bisa membeli mesin kopi, alat pemecah kopi, dan pemanggang kopi (coffee roaster) dari Turki. Karena itulah, gerai pertama yang berdiri di Senopati cuma gunakan satu lantai.

Memang sedih kalau dilihat. Untungnya mereka terbantu dengan adanya sumbangan 25 kursi dan cermin.

Irvan Helmi sendiri gak mau menyebut berapa modal awal yang dikeluarkan. Sebagai informasi, Irvan dulunya adalah programmer di Siemens Indonesia. Ia sebelumnya mulai terjun ke dunia usaha dengan berdagang sop buntut. Sampai akhirnya beralih ke usaha kopi.

2. Gerai kopi yang cuma menjual kopi Indonesia

Secangkir kopi Anomali (Instagram).
Secangkir kopi Anomali (Instagram).

Pengin tampil berbeda dari gerai-gerai kopi lainnya, Anomali Coffee memperkenalkan diri sebagai gerai kopi yang cuma menjual kopi Indonesia. Saat itu buat mereka, kopi Indonesia adalah kopi dengan cita rasa yang terbaik.

Mereka pun percaya kopi Indonesia suatu saat menjadi one of the best coffee di dunia. Mereka berharap dari gerai kopi yang mereka rintis para penikmat kopi bisa tahu seperti apa kualitas kopi Indonesia dibanding kopi dari luar.

3. Menyajikan kopi Arabika dari tujuh wilayah di Indonesia

Gerai kopi Anomali (Instagram).
Gerai kopi Anomali (Instagram).

Karena mengusung konsep sebagai gerai kopi yang menjual kopi Indonesia, Anomali Coffee mendatangkan biji kopi yang berasal dari tujuh wilayah di Indonesia. Seperti Java Jampit, Toraja Kalosi, Aceh Gayo Organik, Sumatra Lintong, Sumatra Mandailing, Bali Kintamani dan Papua Wamena.

Namun, bukan sembarang kopi yang didatangkan. Kopinya diambil benar-benar kopi kualitas premium dan harus Arabika. Kenapa Arabika? Sebab kopi Arabika dianggap lebih baik dari segi kualitas dan kandungan kafeinnya lebih rendah.

Tiap minggunya Irvan Helmi dan Muhammad Abgari memanggang biji kopi Arabika sebanyak dua kilogram. Banyaknya biji kopi yang dipanggang itu bukan gabungan, tapi dua kilogram dari setiap jenis kopi. Misalnya dua kilogram Arabika Sumatera Lintong atau Bali Kintamani.

4. Punya lebih dari 10 gerai dengan omzet Rp 450 juta

Gerai Kopi Anomali (Instagram).
Gerai Kopi Anomali (Instagram).

Perlahan-lahan nama Anomali Coffee begitu populer di kalangan pecinta kopi. Kini tercatat ada 11 gerai yang sudah berdiri dan tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Tangerang, Makassar, hingga Bali.

Kalau dulu bermula dari kafe kecil untuk menikmati kopi, sekarang menjelma menjadi penyuplai biji kopi atau coffee bean supplier. Gak cukup sampai di situ Anomali juga jadi penyuplai mesin pembuat kopi atau coffee maker machine supplier.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Ditambah lagi Anomali juga membuka akademi barista. Di sana orang yang pengin jadi barista bisa belajar.

5. Membuka peluang kemitraan dengan omzet Rp 450 juta

Anomali membuka sistem kemitraan (Instagram).
Anomali membuka sistem kemitraan (Instagram).

Soal omzet, tiap bulannya Anomali bisa menghasilkan lebih dari Rp 450 juta. Itu berarti per harinya gerai kopi ini dapat meraup omzet hingga Rp 15 juta. Sungguh angka yang fantastis, bukan?

Kalau kamu berminat punya gerai kopi seperti Anomali Coffee, kamu bisa menjalin kemitraan. Pasalnya, gerai kopi ini membuka diri sebagai franchise dengan nilai investasi mencapai Rp 3 miliar. Mereka menawarkan tiga tahun bisa balik modal.

Cara Lain Anomali Coffee Melebarkan Sayapnya

Secangkir kopi Anomali (Shutterstock).
Secangkir kopi Anomali (Shutterstock).

Bukan hanya membuka peluang franchise saja, namun ada beberapa cara lain Anomali Coffee melebarkan bisnis sayapnya. Mulai dari membuka kelas kopi hingga menjual biji kopi lengkap dengan peralatannya. 

1. Menjual biji kopi

Bukan hanya menjual kopi dalam bentuk jadi saja, Anomali juga memanjakan para penikmat kopi dengan menyediakan biji kopi lengkap dari seluruh Indonesia. Dibanderol harga Rp 55 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan biji kopi seberat 100 gram. 

2. Paket bundling

Paket bundling yang ditawarkan tentu berbeda setiap bulannya. Kalau beruntung kamu bisa mendapatkan paket berlangganan kopi asli Indonesia dalam kemasan 100 gram dengan harga yang cukup murah. Bisa juga kamu membawa pulang syrup tentu dengan harga spesial. Ada juga bundling kopi yang dijual sekaligus dengan merchandise berupa kaos atau hoodie. Semua promo ini berbeda-beda setiap bulannya. 

3. Coffee Class

Anomali juga membuka kelas untuk kepada pemula yang ingin lebih dalam menggeluti dunia kopi. Indonesia Coffee Academy (ICA) yang berlokasi di kawasan Senopati ini sudah berjalan kurang lebih selama 8 tahun. 

ICA membuka kelas dengan single curriculum dan training package. Untuk biayanya sendiri pun bervariasi. Di kelas single curriculum harga yang ditawarkan mulai dari Rp 1,5 juta. Sementara untuk training package harga mulai dari Rp 4,5 juta. 

Biasanya, mereka yang mengambil kelas ini sebagai persiapan untuk membuka bisnis kopi atau sekedar ingin mempelajari lebih dalam tentang kopi Indonesia. Meski cenderung mahal, kelas kopi ini tidak pernah sepi peminat. 

4. Menjual Merchandise

Selain membuka kelas kopi, Anomali Coffee juga menjual beberapa merchandise seperti hoodie dan kaos. Untuk harga kaos dibanderol Rp 160 ribu dengan pilihan dua warna, hitam atau putih. Sementara hoodie dibanderol harga Rp 225 ribu. 

5. Menjual peralatan kopi

Gak cuma menjual merchandise aja, Anomali juga menawarkan bisnis lain yakni menjual peralatan kopi seperti latte shaker, milk jug, cafflano classic dan yang lainnya. Harganya pun beragam tergantung dari peralatan apa yang kamu butuhkan untuk membangun bisnis kopimu tersebut. 

Itu tadi fakta dari kisah sukses Anomali Coffee lengkap dengan bagaimana perusahaan ini tetap eksis di tengah maraknya kopi kekinian. Kesabaran Irvan Helmi dan Muhammad Abgari merintis usaha selama lebih dari 10 tahun akhirnya membuahkan hasil yang manis. 

Bagi mereka, mencintai usaha yang mereka lakukan dan menciptakan sesuatu yang unik menjadi kunci buat meraih sukses yang mereka nikmati saat ini.  Gak ketinggalan Anomali Coffee juga terus melakukan inovasi agar usaha yang mereka jalankan terus berjalan dan membuat pelanggan menjadi loyal. (Editor: Winda Destiana Putri)

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →