Agar Biaya Sewa Apartemen Murah, Coba 8 Tips Ini

sewa apartemen

Untuk mendapatkan sewa apartemen murah, pertama-tama yang wajib dilakukan adalah jangan terburu-buru saat melakukan pencarian.

Sebab, ada beberapa faktor yang dapat menentukan harga sewa apartemen menjadi murah. Nah, untuk bisa menemukan apartemen yang sesuai kriteria tersebut tentu butuh waktu, bukan?

Beberapa faktor penentunya adalah lokasi, tipe apartemen, dan bahkan cara pembayarannya. Untuk lebih jelas, mari kita cek trik-trik mantap ini yang dijamin berhasil bikin harga sewa apartemen incaran Anda menjadi lebih murah.

1. Lokasi di Pinggiran Kota

Sewa Apartemen Murah Dengan Lokasi di Pinggiran Kota

Sudah menjadi rahasia umum apabila apartemen di pusat kota biasanya lebih mahal dibandingkan dengan pinggiran. 

Contoh, harga sewa apartemen ternyata lebih murah di dekat perbatasan Jakarta ketimbang di pusat Jakarta. Sebut saja Kalibata City di perbatasan Jakarta Selatan dan Timur, lalu ada Delta Cakung di perbatasan Jakarta Timur dan Bekasi, dan Sunter Park View di ujung utara kota Jakarta.

Sementara itu, apartemen di daerah Jakarta Pusat seperti Thamrin Residence dan Sudirman Park jauh lebih mahal. Padahal, apartemen yang barusan disebut itu termasuk apartemen low-budget di wilayah tersebut, lho!

Namun, tentu saja, Anda tetap harus mempertimbangkan transportasi dari apartemen ke lokasi tempat kerja. Meskipun berada di pinggiran, pastikan apartemen tersebut mudah diakses. Misalnya, cukup dekat dengan transportasi publik seperti stasiun kereta, bus, ataupun angkutan umum lain. 

2. Tipe Unit Apartemen Sesuai Bujet

Tipe Unit Apartemen Sesuai Bujet

Setelah menemukan lokasi apartemen yang range harga sewanya sesuai kantong, sekarang saatnya pilih tipe unit yang pas. Pada umumnya, tipe unit apartemen terbagi menjadi Studio (tanpa kamar), 1BR (One Bedroom, satu kamar tidur), 2BR, 3BR, dan seterusnya.

Biasanya harga sewa apartemen tipe 1BR atau 2BR akan lebih mahal dibandingkan tipe Studio. Nah, kalau Anda memang tinggal sendiri atau hanya berdua, tidak ada salahnya memilih tipe Studio. 

3. Pilih Fasilitas Semifurnished atau Unfurnished

Pilih Fasilitas Semifurnished atau Unfurnished

Pertimbangkan unit apartemen dengan fasilitas semifurnished atau unfurnished karena harga sewanya biasanya lebih murah.

Sebagai informasi, terdapat tiga kategori fasilitas unit apartemen secara umum, yaitu:

  • Fullfurnished yaitu unit apartemen dengan fasilitas furnitur yang sudah lengkap. Mulai dari kasur, sofa, televisi, hingga kitchen set. Anda biasanya hanya perlu membawa koper saja.
  • Semifurnished adalah unit apartemen dengan fasilitas basic alias paling dasar. Pemilik apartemen biasanya hanya akan menyediakan AC atau kasur saja.
  • Unfurnished, yaitu unit apartemen kosongan. Jadi, Anda harus membawa perabotan sendiri. Sebagian pemilik apartemen ada yang telah menyediakan AC.

Semakin lengkap fasilitas unit apartemen yang Anda ingin sewa tentu harganya jauh lebih mahal. Apalagi kalau pemilik apartemen tersebut mengisi unit apartemen tersebut dengan perabotan yang cukup mewah.

4. Sediakan Waktu untuk Melakukan Riset

Sediakan Waktu untuk Melakukan Riset

Untuk mendapatkan sewa apartemen murah sesuai dengan bujet sebaiknya jangan terburu-buru. Sediakan waktu yang cukup untuk riset dan membandingkan harga. Baik melalui rekomendasi teman atau kerabat atau mencari sendiri via online.

Beberapa situs penyedia informasi sewa apartemen yang dapat Anda gunakan, antara lain:

  • Jendela360
  • OLX
  • Mamikos
  • Rumah.com.

Silakan pilih kategori apartemen, kemudian pilih lokasi yang Anda inginkan. Nantinya, situs-situs tersebut akan memberikan rekomendasi iklan sewa apartemen.

5. Sewa Apartemen Lebih Murah Jika Tanpa Perantara

Sewa Apartemen Lebih Murah Jika Tanpa Perantara

Saat melakukan pencarian sewa apartemen, pilihlah iklan terbaru dari pemilik apartemen langsung dan bukan dari agen. Pasalnya, terdapat margin harga dari yang sebenarnya apabila Anda menyewa dari pihak kedua.

Nyatanya bukan rahasia lagi soal sulitnya menemukan iklan sewa apartemen langsung dari pemilik. Oleh karena itu, sekali lagi, jangan terburu-buru!

Cara lain, Anda dapat menanyakan kepada kerabat atau teman apakah mereka mengenal pemilik apartemen yang hendak menyewakan unit mereka.

6. Pilih Sewa Tahunan Dibandingkan Bulanan

Pilih Sewa Tahunan Dibandingkan Bulanan

Pada umumnya, sewa tahunan akan lebih murah dibandingkan bulanan apalagi sewa apartemen harian. Karena pihak pemilik maupun agen biasanya tidak  ingin repot berganti-ganti penyewa. Plus, mereka akan mendapatkan uang dalam jumlah besar secara sekaligus.

Maka dari itu, Anda pun dapat mempertimbangkan untuk sewa apartemen tersebut dengan pembayaran tahunan. Lumayan, lho, Anda bisa menghemat hingga jutaan rupiah.

Contoh, harga sewa apartemen bulanan dibanderol Rp2 juta. Nah, pada umumnya untuk tahunan, pemilik unit apartemen hanya akan mengalikan sepuluh bulan saja, yaitu Rp20 juta. Itu artinya Anda dapat menghemat Rp4 juta!

7. Ajak Teman

Ajak Teman

Sewa apartemen akan semakin murah apabila Anda mengajak teman. Dengan demikian, Anda dapat sharing cost alias berbagi biaya sewa.

Anda pun tidak harus membayar biaya sewa dan termasuk pula biaya listrik dan air sendiri. Apabila Anda mengajak satu orang teman, maka bisa dibagi dua dan jika bertiga bisa dibagi tiga.

Misalnya saja, biaya sewa Rp20 juta per tahun dan biaya listrik serta air sekitar Rp500 ribu per bulan sehingga total sewa setahun adalah Rp26 juta.

Nah, Anda pun dapat menghemat hingga Rp13 juta untuk setahun jika dibagi dua dan bahkan hingga Rp16 juta jika dibagi tiga. Duh, bisa dapat satu motor matic, bukan?

8. Perhatikan Biaya Lain

Perhatikan Biaya Lain 

Harga sewa apartemen bisa saja sangat murah, tetapi jangan lupa untuk memperhatikan biaya lain, ya. Tanyakan kepada pemilik unit apartemen apakah harga tersebut sudah termasuk biaya maintenance atau belum. Kemudian, jika belum, tanyakan berapa biaya yang harus Anda keluarkan lagi.

Hitung kembali apakah biaya-biaya lain selain biaya sewa tersebut sepadan dengan apa yang Anda dapatkan. Atau, bandingkan pula dengan unit apartemen lain yang mungkin harganya sedikit lebih mahal. Namun, tidak ada biaya “tersembunyi”.

Anda pun dapat mencari sewa apartemen murah dengan memerhatikan trik-trik yang sudah disebutkan di atas. Semoga bisa membantu Anda untuk temukan tempat tinggal yang cocok dan sesuai bujet, ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →