Sewa Mobil dengan Berbagai Cara Mudah

Sewa Motor atau Mobil Murah di Jogja

Sewa mobil sudah menjadi salah satu kebutuhan, terutama saat mudik atau liburan di kota tujuan.  Cara ini memudahkan Anda dan keluarga jika ingin mengunjungi banyak tempat dibandingkan dengan berkali-kali berganti transportasi umum.

Jika Anda membawa anak-anak atau orang lanjut usia, tentu kenyamanan perjalanan dan privasi jadi prioritas utama. Alasan itulah yang membuat orang tetap membutuhkan rental mobil di kota atau di negara lain sekalipun.

Selain memudahkan, rental mobil juga menjadi alternatif bagi Anda yang kehabisan tiket kereta api atau tidak mampu membeli tiket pesawat. Pasalnya, ongkos mudik dengan mobil bisa menjadi lebih bersahabat dengan membawa rombongan yang lebih banyak sehingga perjalanan atau liburan bisa lebih hemat.

Jenis Sewa Mobil

Kelebihan dan Kekurangan Sewa Mobil

Ada dua jenis sewa mobil, yaitu dengan sopir dan tanpa sopir (lepas kunci). Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Jika Anda memilih sewa mobil dengan jasa sopir, Anda tidak akan begitu lelah, karena tinggal duduk menjadi penumpang. Lain halnya jika Anda sewa mobil lepas kunci, Anda perlu mengetahui medan perjalanan dan punya keterampilan mengemudi.

Memang, harga menyewa dengan lepas kunci lebih murah, tetapi perlu diingat juga bahwa risikonya lebih besar karena mobil menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya. Berbeda jika dengan jasa sopir karena segala risiko merupakan tanggung jawab sopir. Anda pun bisa lebih bebas berwisata, lebih merasa nyaman, lebih merasa tenteram, dan tidak terlalu pusing memikirkan mobil saat ditinggalkan.

Sebagai konsekuensinya, Anda memang harus membayar jasa sopir. Jasa sopir biasanya belum termasuk biaya makan, biaya penginapan jika harus ke luar kota, dan tip untuk sopir.

Cara Sewa Mobil

Cara Sewa Mobil

Secara umum, Anda bisa menyewa mobil secara offline atau online. Cara offline yaitu dengan mendatangi kantor perusahaan rental mobil di sekitar Anda. Sementara, cara online bisa melalui agen travel online atau situs jasa rental mobil tertentu.

Paling memudahkan sih lewat online. Ada cukup banyak agen travel online yang memberikan layanan penyewaan mobil. Bahkan, jaringannya sudah mencakup hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Medan, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar hingga Jayapura.

Nah, secara umum, ada beberapa langkah cara sewa mobil secara online yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Tentukan lokasi penjemputan dan jenis kendaraan yang Anda mau pesan. Lebih baik utamakan jenis mobil keluarga, seperti MPV, yang bisa muat banyak penumpang.
  2. Tentukan berapa lama durasi sewa mobil, sehari, dua hari atau lebih.
  3. Lengkapi informasi seperti hari, tanggal, dan jam penjemputan di lokasi yang ditentukan.
  4. Cantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  5. Lengkapi identitas diri dengan jelas.
  6. Pilih metode pembayaran sesuai dengan harga yang tertera.
  7. Ikuti langkah pembayaran sesuai dengan petunjuk.
  8. Pembayaran biasanya menggunakan metode transfer lewat ATM, internet banking, atau pembayaran menggunakan kartu kredit.
  9. Selesaikan pembayaran sesuai dengan waktu yang diminta.
  10. Simpan bukti pembayaran dan kode booking yang dikirimkan melalui email.
  11. Pastikan Anda mengetahui nomor telepon sopir yang menjemput.
  12. Jika sewa mobil lepas kunci, pastikan mekanisme pengambilan mobil sesuai dengan perjanjian atau perusahaan rental mobil.

Harga Rata-Rata Penyewaan Mobil

Harga Rata-Rata Penyewaan Mobil

Harga sewa mobil bisa berbeda tergantung lokasi, jenis kendaraan, durasi sewa, dan lain-lain.

Jika berencana sewa mobil di Jakarta dan sekitarnya, berikut perkiraan contoh harga rata-rata penyewaan mobil di Jakarta dan sekitarnya:

Jenis Mobil (5-6 Penumpang) Harga Sewa Mobil (Per-Hari)
Toyota All New Avanza Rp300.000
Toyota Grand New Avanza Rp350.000
Suzuki Ertiga Rp370.000
Daihatsu Xenia Rp300.000
Toyota Grand New Innova Rp450.000
Toyota Alphard Rp800.000
Toyota Fortuner Rp950.000
Isuzu Elf (13 Penumpang) Rp800.000

Harga tersebut belum termasuk bensin, biaya tol, parkir, jasa sopir, makan sopir, dan tip untuk sopir. Untuk sewa ke luar kota atau zona yang di luar ketentuan, perusahaan rental mobil juga biasanya ada tambahan biaya harga tersendiri.

Tips Aman Sewa Mobil  

Melihat tips

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan menyewa mobil secara online. Karena, tidak semua penyewaan mobil memberikan proteksi atau asuransi. Sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda bisa saja ikut dimintai pertanggungjawaban.

Dengan memilih sewa mobil yang menyertakan asuransi, Anda pun terhindar dari biaya-biaya lainnya yang mungkin terjadi akibat kelalaian Anda. Tentu saja, hal ini akan menambah pengeluaran.

Untuk menghindari itu semua, simak tips aman sewa mobil berikut ini.

  1. Pilih agen travel online atau perusahaan sewa mobil tepercaya.
  2. Cek terlebih dahulu review atau ulasan dari pelanggan sebelumnya.
  3. Baca poin-poin syarat dan ketentuan dengan teliti.
  4. Pilih perusahaan yang memberikan perlindungan asuransi perjalanan maupun memiliki asuransi kendaraan.
  5. Jika ingin memesan saat liburan, pesan jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan unit dan harga terbaik.
  6. Bandingkan manfaat yang didapatkan antara perusahaan rental mobil satu dengan yang lain.
  7. Cek kondisi kendaraan saat diterima atau saat penjemputan, jika perlu, foto beberapa bagian yang memang sudah ada kerusakan sebelumnya.
  8. Pastikan menyampaikan keinginan Anda dengan jelas kepada pihak rental saat melakukan pemesanan, misalnya mobil tidak bau rokok dan sopir tidak merokok.
  9. Catat nomor kendaraan dan identitas sopir untuk berjaga-jaga dan bagikan info tersebut pada orang yang dipercaya, seperti keluarga lain yang tidak ikut serta.
  10. Perlakukan sopir dengan baik agar ia juga merasa nyaman dan tetap fokus selama berkendara.
  11. Berikan waktu istirahat jika sopir terlihat kelelahan atau mengantuk, pastikan perjalanan Anda selamat sampai tujuan dan kembali ke rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Sewa Mobil

Tips Aman Sewa Mobil

Transportasi di kota atau negara yang asing kerap kali menjadi masalah baru. Karena Anda perlu mempelajari jalur, rute, maupun nomor angkutan sesuai dengan tujuan Anda.

Meskipun saat ini sudah didukung dengan kemudahan teknologi, sayangnya tidak banyak yang bisa memahami petunjuk yang sudah diberikan dengan mudah.

Sebagai solusi, sewa mobil dipilih karena dianggap lebih efektif dan efisien, terutama jika Anda sudah memiliki itinerary yang cukup padat dalam satu hari. Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan jika Anda menyewa mobil:

Kelebihan Sewa Mobil

  • Menggunakan kendaraan sewa akan membuat perjalanan lebih efektif untuk mengejar jadwal atau rencana yang sudah ditentukan.
  • Mobil rental biasanya lebih nyaman karena dilengkapi mesin pendingin dibandingkan dengan kondisi transportasi umum yang belum tentu nyaman bagi sebagian orang.
  • Pada dasarnya lebih murah jika digunakan secara rombongan karena pembayaran pun bisa patungan atau urunan dari setiap anggota rombongan.
  • Menggunakan kendaraan sewa bisa fleksibel. Anda bisa menentukan sendiri kapan harus berhenti dan kapan harus berangkat. Berbeda dengan kendaraan umum yang harus mengikuti jadwal keberangkatan.
  • Anda bisa mengeksplorasi lebih banyak tempat wisata dibandingkan menggunakan transportasi umum yang jadwal keberangkatannya terbatas hanya pada jam tertentu saja.  

Kekurangan Sewa Mobil

  • Jika waktu sewa lebih lama dari yang disepakati, Anda harus membayar biaya kelebihan sewa, sehingga kemungkinan biaya sewa menjadi lebih mahal.
  • Kendaraan sewa tidak bisa menggunakan jalur khusus kendaraan umum sehingga ada kemungkinan terjebak kemacetan pada waktu tertentu.
  • Jika sewa lepas kunci atau tanpa sopir, Anda harus mengambil kendaraan dan mengembalikannya ke tempat semula sehingga harus mengalokasikan waktu tersendiri untuk antar jemput kendaraan.
  • Harga sewa mobil umumnya belum termasuk bensin, biaya tol, parkir, dan tip sopir sehingga Anda perlu menyiapkan ekstra bujet.
  • Jika terjadi sesuatu pada kendaraan seperti lecet atau tabrakan, ada kemungkinan Anda juga akan dimintai pertanggungjawaban untuk membayar kerugiannya.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan sewa mobil, pada dasarnya keberadaan sewa mobil masih tetap dibutuhkan. Terutama bagi mereka yang punya sedikit waktu untuk mengeksplorasi banyak tempat.

Sewa mobil masih dianggap lebih nyaman dan lebih cepat jika dibandingkan dengan transportasi umum meskipun Anda tetap harus membayar biaya yang sedikit lebih mahal. Tapi, ada beberapa rental mobil yang memberikan promo atau diskon diskon pada pelanggan setia mereka, lho.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →