Dulu Cuci Piring, Kini Pria Ini Jadi Miliarder yang Mau Bikin Smackdown Tandingan

shahid khan

shahid khan

Seorang miliarder bernama Shahid Khan berniat untuk membangun Smackdown tandingan yang lebih seru dan diberi nama All Elite Wrestling (AEW). Hmm, tapi sebelum bicara lebih lanjut soal ini, kita tes ingatan dulu deh.

Kamu pernah nonton acara WWE Smackdown? Acara gulat hiburan yang didirikan Vince McMahon memang digandrungi di Amerika Serikat, meskipun cuma bohongan dan berskenario. Bahkan, di akhir era 90-an, program gulat ini cukup digemari anak-anak dan remaja di Tanah Air lho.

Nah, kembali ke AEW, kabarnya bakal ada bintang-bintang lama WWE yang bakal tampil di AEW. Sebut saja seperti Chris Jericho, Jim Ross, dan lainnya.

Wah boleh juga ya. Smackdown sendiri sejatinya sudah melahirkan banyak megabintang di dunia hiburan lho. Sebut saja seperti The Rock alias Dwayne Johnson yang kini jadi salah satu selebriti dengan bayaran termahal.

Dengan adanya ajang seperti ini, bakal banyak seleb lain di bidang olahraga yang ikutan tenar. Kali ini tentunya kita gak akan ngebahas seputar Smackdown atau olahraga sejenisnya. Yang kita mau soroti adalah Shahid Khan itu sendiri.

Buat kamu yang belum kenal atau belum familiar dengannya, gimana kalau kita simak saja fakta-fakta singkat pria yang kumisnya mirip almarhum Pak Raden ini.

Baca juga: Omzet Ratusan Juta, 4 Orang Ini Jadi Pengusaha Sukses di Kampung

1. Perantauan yang dulu berprofesi sebagai tukang cuci piring

shahid khan
Si pemilik klub Jaguars pada tahun 2014. (Wikimedia Commons/Creative Commons License)

Pria kelahiran Lahore, Pakistan, tahun 1950 silam ini berasal dari keluarga kelas menengah di sana. Ibunya adalah seorang guru, sementara itu ayahnya terlibat dalam dunia bisnis konstruksi.

Khan pindah ke Negeri Paman Sam saat masih berusia 16 tahun dengan bekal berupa uang saku US$ 500. Selama di sana, dia justru hidup layaknya anak rantau pada umumnya. Lha wong dia juga gak tajir-tajir amat.

Dia menyewa kamar seharga US$ 2 per malam, dan bekerja sebagai tukang cuci piring dengan upah US$ 1 per jam.

Akan tetapi, dia serius dalam menuntut ilmu dan berhasil lulus dari College of Engineering UIUC dengan BSc di bidang Teknik Industri. Di tahun 1991, pria Muslim ini pun menjadi warga negara AS.

Baca juga: Dulu 10 Pengusaha Sukses Indonesia Ini Merangkak dari Nol, Sekarang Jadi Menteri

2. Berawal jadi karyawan yang akhirnya jadi owner

shahid khan
Shahid Khan. (Wikimedia Commons/US Defense Government)

Kisah karier Shahid Khan memang unik dan inspiratif. Dia direkrut di perusahaan otomotif bernama Flex-N-Gate Corporation, dan mulai merancang sebuah produk berupa bumper mobil pada tahun 1978.

Di tahun 1980 dia membeli saham perusahaan tempat dia bekerja. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan itu pun makin sukses.

Klien dari perusahaannya bertambah dan dia mulai menjual produknya ke Toyota dan berbagai merek lainnya. Di tahun 2011, perusahaan otomotif yang dia pimpin sudah memiliki 12 ribu karyawan! Labanya bahkan mencapai US$ 3 miliar.

Baca juga: Cukup dengan Lakukan 4 Cara Ini, Perlahan-lahan Kesuksesan Bisa Tercapai

3. Membeli tim football

shahid khan
Shahid Khan sebagai owner Jacksonville Jaguars. (Instagram/@jaguars)

Setelah sukses di bidang otomotif, Shahid Khan justru mengembangkan sayap bisnisnya dengan membeli tim football Jacksonville Jaguar yang berlaga di NFL pada tahun 2012.

Dia tampaknya juga makin kecanduan dengan menanam saham di dunia olahraga. Setahun kemudian dia membeli klub sepakbola Fulham yang berbasis di Inggris.

4. Orang terkaya di dunia urutan ke 224

shahid khan
Shahid Khan. (Forbes)

Karena saham dari perusahaan-perusahaan itu terus melejit, Khan pun akhirnya masuk ke jajaran orang terkaya di dunia versi Forbes. Lebih tepatnya, ia bertengger di urutan 224 pada tahun 2019 ini. Total kekayaan pria itu mencapai US$ 7,3 miliar atau setara dengan Rp 102 triliun.

Cukup keren sih perjalanan Khan untuk menjadi orang terkaya di dunia. Namun tentunya, sebagian besar hartanya tentu didapat lewat investasinya di bisnis.

Itulah secuil fakta mengenai miliuner Shahid Khan yang nyentrik dan inspiratif. Fakta ini menunjukkan pada kita bahwa investasi memang bisa membuat seseorang tajir melintir di kemudian hari.

Untuk belajar investasi seperti Khan sejatinya gak sulit kok. Cobain dulu deh untuk investasi saham kecil-kecilan, sebelum nanti kamu bisa mengakuisisi bisnis milik orang lain. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis