Punya 17 Gerai Aunties Anne & 115 Resto Burger, Ini Gurita Bisnis Shaquille O Neal

Sama seperti Michael Jordan, Shaquille O Neal juga kerap dipandang sebagai legenda basket yang sukses. Hal itu disebabkan karena pria dengan tinggi badan 2,16 meter ini juga sukses dalam bisnis.

Saat ini, Shaq disinyalir mengantongi total aset senilai US$ 400 juta atau setara dengan Rp 5,6 triliun!

Gak cuma jago di dunia basket, ternyata Shaq juga jago dalam urusan bisnis. Dia pun kerap disebut Raja Waralaba oleh berbagai media.

Untuk urusan bisnis, Shaq cuma bisa bilang ke kita untuk, “berinvestasilah di sektor yang kamu suka.” Secara pribadi, Shaq memang menyukai olahraga dan juga makanan. 

Mau tahu deretan bisnis yang dimiliki Shaquille O Neal? Berikut ulasannya. 

1. Shaquille’s

Shaquille O Neal
Restoran Shaquille (Instagram).

Ini adalah sebuah resto yang dimiliki oleh Shaquille O Neal, lihat saja namanya. 

Bisa dibilang, ini adalah bisnis kuliner terbaru dari Shaq karena resto ini berdiri pada Februari 2019 di Los Angeles. Menu andalannya adalah ayam goreng tepung ala-ala KFC dan McDonald. 

Dan resto ini juga menyajikan bir lokal dengan kualitas jempolan. Dan berhubung masih baru, maka restoran ini belum buka cabang.

2. 115 cabang Five Guys Restaurant

Shaquille O Neal
Five Guys Restaurant (Instagram)

Gokil, Shaq ternyata telah membeli 115 cabang Five Guys Restaurant. Investasi di bidang waralaba ini kabarnya mencapai US$ 78 juta atau setara dengan Rp 1,1 triliun.

Dengan memiliki 115 cabang, maka dia sama saja dengan menguasai 10 persen dari total jumlah restoran itu. 

Five Guys adalah sebuah resto yang berfokus pada menu hamburger, hot dog, dan french fries. Shaq sendiri bilang kalau bisnis restoran burger ini memang cukup disukainya, bagus deh pasti dia semangat banget untuk menjalankan usaha ini.

3. 17 gerai Auntie Anne’s

Shaquille O Neal
Auntie Anne’s (Instagram).

Tahu dong sama gerai cemilan yang menjual croissant dan pretzels ini. Kamu bisa temukan di Grand Indonesia, dan mall-mall lain di Jakarta. 

Nah, Shaquille O Neal juga gak mau ketinggalan. Shaq bukan cuma doyan ngemil pretzels, dia tampaknya juga suka bisnisnya lho.

Di tahun 2007, dia pun memutuskan untuk membeli delapan waralaba dari Auntie Anne’s yang terletak di Buffalo, New York.Tapi kayaknya, dia makin keranjingan bisnis dan menambah sembilan gerai lagi.

4. Krispy Kreme

Shaquille O Neal
Krispy Kreme (Instagram).

Selain pretzels, Shaquille O Neal juga doyan sama donatnya Krispy Kreme. Di tahun 2017, Shaq yang sudah memiliki satu gerai Krispy Kreme sempat berniat ingin membeli ratusan gerai lagi untuk memperkaya diri.

Namun hingga saat ini, belum ada informasi terbaru mengenai kepemilikan Shaq atas gerai donat Krispy Kreme. Bisa jadi, Shaq malah fokus mengembangkan resto pertamanya di Los Angeles.

5. Papa Johns

Shaquille O Neal
Gerai Papa Johns (Instagram).

Shaquille O Neal juga berinvestasi dengan membeli sembilan gerai resto pizza Papa Johns di Atlanta. Dia pun langsung didaulat menjadi juru bicara restoran ini, serta menduduki salah satu kursi direksi di perusahaannya.

Menurut owner dari perusahaan ini, Shaq memang didaulat jadi brand ambassador karena kepiawaiannya di bidang bisnis. Mereka juga cukup salut dengan Shaq karena berhasil dengan waralabanya.

Pada Oktober 2017, perusahaan ini mengalami sedikit masalah namun untungnya gak rugi. Dengan bergabungnya Shaq ke Papa Johns, mereka pun berharap akan ada gebrakan baru yang terjadi di sana. 

Itulah deretan bisnis makanan yang waralabanya dibeli oleh Shaquille O Neal. Gimana menurutmu tentang langkah Shaq berbisnis, apakah cukup inspiratif? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis