Siapin Duit! Ini Biaya Visa di 5 Negara Populer di Asia

Jalan-jalan ke luar negeri tentu membutuhkan biaya yang gak sedikit, mulai dari tiket pesawat, penginapan, hingga biaya visa.

Meski banyak negara yang bebas visa, khususnya di kawasan ASEAN, tapi gak sedikit juga negara yang mengharuskan para wisatawan untuk memiliki visa jika ingin berlibur atau berkunjung.

Visa itu sendiri adalah dokumen resmi dari negara yang menjadi destinasi liburanmu. Jadi, kamu membutuhkan visa agar bisa masuk secara legal ke negara tujuan.

Karena itu jangan sampai lupa untuk memasukkan biaya visa ke dalam bujet liburan kamu ya.

Lalu apa biaya visa di setiap negara itu sama?

Tentu aja berbeda, biaya visa umumnya tergantung dari kebijakan masing-masing negara dan bukan ditentukan oleh jarak.

Banyak negara yang jaraknya cukup jauh tapi justru bebas visa, salah satunya adalah negara Maroko. Kamu bahkan bisa berlibur di sana selama tiga bulan tanpa visa lho.

[Baca: Ini 10 Negara Bebas VISA Selain ASEAN yang Bisa Jadi Pilihan Traveling]

Nah, kalau kamu berniat liburan dan tujuannya ke lima negara Asia yang populer ini, catat nih biaya visa yang diperlukan di tiap-tiap negara tersebut.

1. Jepang

biaya-visa
Jepang (aliceandlouisecater)

Lho bukannya Jepang masuk ke dalam salah satu negara yang bebas visa? Ya, bebas visa tapi buat mereka yang memiliki paspor elektronik atau e-paspor.

Tapi buat kamu yang masih menggunakan paspor biasa dan enggan mengganti e-paspor, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp 360 ribu untuk single entry atau Rp 720 untuk multiple entries, serta biaya transit sebesar Rp 80 ribu.

Gak hanya itu, kamu juga disarankan untuk mengurus visa minimal satu bulan sebelum keberangkatan. Pasalnya, masa berlaku visa Jepang hanya selama 90 hari.

Nah, buat kamu yang ingin mengajukan permohonan pembuatan visa, kamu bisa mengunjungi website resmi Kedutaan Besar Jepang atau langsung datang ke Japan Visa Application Center (JVAC) di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI).

[Baca: Mau Liburan ke Jepang dengan Hemat? Begini Caranya]

2. Korea Selatan

biaya-visa
Korea Selatan (hacked)

Korea Selatan kini menjadi salah satu negara yang banyak dilirik masyarakat Indonesia untuk berlibur. Pasalnya, banyak tempat wisata menarik yang harus banget untuk dikunjungi.

Sayangnya, gak seperti Jepang yang bisa bebas visa jika memiliki e-paspor, kamu membutuhkan visa untuk bisa berkunjung ke Negeri Ginseng tersebut.

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk single entry sebesar Rp 532 ribu dan multiple entries adalah sekitar Rp 1,2 juta.

Sama halnya dengan Jepang, kamu disarankan untuk mengurus visa minimal satu bulan sebelumnya, karena masa berlaku hanya selama 90 hari. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk proses pengajuannya.

Kamu bisa mengisi formulir aplikasi di situs resmi Kedutaan Korsel atau bisa langsung mendatangi Kedutaan Besar Korea yang terletak di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta.

[Baca: Piknik ke Korea Bareng Orangtua dengan Bujet Rp 10 juta, Bisa Banget!]

3. Cina

biaya-visa
tembok raksasa cina (muvila)

Banyak orang yang berkunjung ke negara Cina untuk berbelanja dan dijual kembali di Indonesia. Tapi di samping itu, negara Cina memiliki kota yang indah dan menjadi daya tarik para wisawatan untuk berlibur.

Buat kamu yang ingin mengajukan permohonan visa, kamu bisa langsung mengisi formulir aplikasinya di visaforchina atau mengunjungi kantornya di Unit 07-12, 8th Floor East Building Jl, DR Ide Anak Agung Gde Agung Blok E.3.2  Kav 1 South Jakarta.

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengurus visa Cina, yaitu sebesar Rp 1,54 juta untuk single entry dan Rp 1,84 juta untuk multi entry dengan masa waktu enam bulan. Sedangkan untuk yang satu tahun sebesar Rp 2,14 juta.

4. Taiwan

biaya-visa
Menara Taipei 101 (nottingham)

Drama “Meteor Garden” yang sangat booming di tahun 2000-an membuat negara Taiwan banyak dilirik orang untuk berlibur. Soalnya, dalam drama tersebut banyak ditampilkan tempat-tempat yang menarik buat dikunjungi.

Menara Taipei 101 menjadi salah satu tempat wisata yang wajib disambangi saat kamu berlibur ke Taiwan. Di sana kamu dapat menikmati seluruh pemandangan kota Taiwan dari lantai 91.

Selain paspor, kamu juga membutuhkan visa agar bisa masuk ke negara ini secara legal. Dan untuk biaya visanya, yaitu sebesar Rp 650 ribu untuk single entry dan Rp 1,3 juta untuk mulitiple entry dengan masa berlaku maksimal 180 hari.

Untuk informasi lebih detail-nya, kamu bisa mengunjungi website resmi atau Gedung Artha Graha, Lt.12, Jl. Jend.Sudirman Kav. 52-53, Jakarta.

5. India

biaya-visa
tajmahal (usnews)

Siapa penggemar film Bollywood atau nge-fans sama Shahrukh Khan? Kamu tentu pengin kan berkunjung ke negara India.

Bukan hanya karena film dan artisnya yang berhasil mencuri perhatian, tapi makanannya yang khas dengan rempah-rempah banyak sekali digemari orang.

Kamu juga membutuhkan visa untuk berlibur ke India dan kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 1,47 juta untuk jenis visa double entry. Akan tetapi, izin tinggal maksimumnya yaitu selama 60 hari.

Sama dengan yang lain, kamu bisa mengisi formulir permohonan visa di situs resminya atau mengunjungi kantor kedutaannya di Jl H.R. Rasuna Said, Kav. S-1, Kuningan, Jakarta Selatan.

Banyak orang yang berasumsi kalau mengurus visa itu ribet hingga akhirnya memilih jasa calo dan kaget pas tahu biayanya.

Daripada kamu buang-buang duit yang akhirnya bikin tongpes, mending urus aja sendiri. Meskipun harus bolak-balik, tapi biaya visa yang kamu keluarkan bakal lebih sedikit bukan?

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis