Orangtua, Jauhi 5 Sikap Ini Jika Tak Ingin Anak Susah Sukses

Sikap orangtua bikin anak gak sukses

Setiap orangtua pasti berharap anaknya kelak menjadi orang sukses. Oleh sebab itu, mereka berupaya memberikan yang terbaik, termasuk dalam hal pola asuh.

Sayangnya, niat baik tersebut kadang bertolak belakang dengan tindakan yang diberikan. Sekalipun tujuan orangtua buat kebaikan sang anak, tanpa disadari lima sikap atau kebiasaan ini malah dapat bikin mereka sulit menjadi orang sukses dan hidup bahagia.

Apa aja? Mari disimak.

1. Otoriter

Bersikap otoriter
Bersikap otoriter

Orangtua otoriter cenderung menuntut anak tanpa memberi penjelasan memadai. Dengan gitu, gak tercipta komunikasi terbuka yang sebetulnya dibutuhkan kedua belah pihak.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Adolescence, pola pengasuhan otoriter dapat bikin anak menjadi nakal dan pemberontak.

Sebaliknya, mayoritas orang sukses memiliki orangtua yang bersikap terbuka dan bisa bernegosiasi dengan anaknya. Jadi, anak dapat memahami konsekuensi dari aturan yang harus ia patuhi, bukan sekadar dilakukan karena dasar takut.

2. Sering membentak anak

Sering membentak anak
Sering membentak anak

Mengasuh anak emang bukan pekerjaan mudah. Rasa lelah dan amarah bisa gak terhindarkan. Disadari atau gak orangtua kadang mudah berteriak hingga membentak anak.

Membentak anak dapat mempengaruhi perkembangan otak sekaligus psikologis anak. Anak yang sering dibentak (terutama di depan umum) mudah tumbuh menjadi pribadi yang gak percaya diri dan takut mencoba hal baru.

Tentu aja kalau udah gini susah buat mereka mengembangkan diri. Padahal biar bisa sukses ya salah satu syaratnya adalah mampu beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah.

3. Cuma fokus pada nilai di sekolah

Fokus pada nilai anak di sekolah
Fokus pada nilai anak di sekolah

Banyak miliarder yang telah membuktikan bahwa gak memiliki nilai bagus bukan berarti gak bisa sukses. Mulai dari Bill Gates, Steve Jobs, Walt Disney hingga Richard Branson.

Pendidikan emang penting tapi bukan satu-satunya penentu kesuksesan.

Selain kemampuan akademis, ada hal yang gak kalah penting buat jadi orang sukses: keterampilan sosial.

Sebuah penelitian jangka panjang (longitudinal study) yang dilakukan oleh Penn State dan Duke menemukan bahwa anak-anak dengan keterampilan sosial yang baik mampu meraih kesuksesan saat dewasa. Sebab, mereka mampu bekerja sama dan memahami perasaan orang lain sehingga terhindar dari banyak masalah.

4. Memproteksi berlebihan dan membatasi anak

Membatasi anak secara berlebihan
Membatasi anak secara berlebihan

Melindungi anak, jika dilakukan secara berlebihan, malah bisa jadi bumerang. Anak yang terlalu dibatasi ruang geraknya bakal mudah cemas dan takut bikin kesalahan. 

Alhasil, mereka pun jadi enggan mencoba hal baru. Padahal mengalami kegagalan dapat menjadi kesempatan anak buat belajar dan berkembang.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

5. Memberikan apapun yang anak pengin

Memberikan apapun yang diminta anak
Memberikan apapun yang diminta anak

Orangtua pasti selalu berupaya memenuhi kebutuhan dan keinginan anak. Rasa gak tega juga bisa muncul seketika saat anak merengek meminta sesuatu.

Memberi perhatian dan kasih sayang kepada anak emang punya sejumlah dampak positif. Anak yang merasa dicintai orangtuanya bakal tumbuh menjadi pribadi penuh percaya diri.

Namun, jika perhatian yang diberikan berlebihan, anak bakal sulit menjadi pribadi mandiri dan bakal susah jadi orang sukses. Jika anak selalu berada pada kondisi yang nyaman, ia gak punya ruang dan kesempatan buat berkembang dan menyelesaikan masalah.

Bukan gak mungkin, kelak saat menghadapi masalah, alih-alih mencoba mencari solusi,  ia bakal cenderung menghindar atau mudah menyerah.

Pada akhirnya, diakui atau gak, perilaku dan kondisi keluarga punya peran besar dalam membentuk karakter anak. Oleh sebab itu, mari selalu berupaya biar kasih sayang kita gak terwujud pada tindakan yang malah menghambat mereka jadi orang sukses.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →