SMS Banking Mandiri: Cara Daftar dan Kode Format Transaksi

Daftar dan Aktivasi Layanan M-Banking Mandiri

SMS Banking Mandiri adalah layanan perbankan Mandiri via SMS di ponsel Anda. Fasilitas ini memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi finansial atau nonfinansial hanya dengan mengirimkan pesan teks atau melalui menu.

Dikenal dengan nama Mandiri SMS, SMS Banking dari salah satu bank terbesar Indonesia tersebut dapat diakses dari semua jenis SIM Card. Namun, khusus melalui menu SIM Microbrowser Mobile Banking (menu dari operator telekomunikasi yang tampil di ponsel), layanan tersebut hanya tersedia bagi pengguna Telkomsel, XL, Matrix, dan Mentari Indosat.

Layanan perbankan yang dapat diakses melalui Mandiri SMS mencakup proses transfer hingga membayar tagihan. Mari kita cari tahu apa saja panduan pendaftaran SMS Banking Mandiri pada ulasan berikut ini.

Syarat dan Cara Mendaftar Mandiri SMS

Syarat dan Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Berikut syarat bagi nasabah Mandiri yang ingin mendaftar layanan SMS Banking Mandiri.

  • Memiliki rekening tabungan, giro rupiah, atau deposito di Bank Mandiri.
  • Memiliki SIM Card aktif milik sendiri.
  • Menyiapkan dokumen: kartu identitas diri (KTP/SIM/KITAS/Paspor), buku tabungan, dan kartu debit Mandiri.
  • Prosedur pendaftaran Mandiri SMS bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut ini.

    1. Daftarkan nomor ponsel di mesin ATM Mandiri terdekat atau datang ke kantor cabang bank Mandiri.
    2. Apabila memilih mendaftar melalui mesin ATM, maka berikut caranya.

  • Pilih menu Pendaftaran e-Banking.
  • Pilih SMS Banking.
  • Pilih menu Pendaftaran SMS Banking.
  • Ikuti instruksi yang ditampilkan selanjutnya.
  • Pendaftaran selesai.
  • Kini Anda dapat menggunakan layanan transaksi nonfinansial seperti cek mutasi saldo. Untuk mengaktifkan transaksi finansial, Anda tetap perlu datang ke kantor cabang bank Mandiri terdekat.
  • Fitur, Format Teks, dan Biaya SMS Banking Mandiri

    Aplikasi Pinjaman Online

    Adapun fitur yang tersedia pada layanan SMS Banking Mandiri, antara lain:

  • Cek saldo rekening.
  • Cek mutasi lima transaksi terakhir di rekening.
  • Transfer ke sesama rekening Mandiri.
  • Transfer ke rekening bank lain dalam negeri.
  • Pembayaran tagihan.
  • Pembelian.
  • Sebagai informasi, biaya pendaftaran dan biaya administrasi untuk layanan SMS Banking Mandiri adalah gratis. Namun, Anda akan dikenakan biaya notifikasi SMS dari Mandiri apabila melakukan transaksi. Besarnya tergantung pada operator telekomunikasi dan jenis transaksi.

    Nomor tujuan SMS Banking Mandiri apabila diakses melalui pesan teks adalah 3355. Jika ingin lebih ringkas, Anda dapat memilih PILIH MENU (yang hanya dapat diakses oleh pengguna operator Telkomsel, XL, Matrix, dan Indosat).

    Berikut format pesan teks untuk mengakses berbagai layanan perbankan Mandiri.

    Informasi Saldo

    Format: SAL <kode rekening sendiri 1> <4 digit terakhir no rek>

    Contoh: SAL 1 1234

    Informasi Mutasi – 5 Transaksi terakhir

    Format: TRN <kode rek sendiri> <4 digit terakhir no rek>

    Contoh: TRN 1 1234

    Transfer ke rekening sendiri

    Format: TRS <kode rek sendiri 1> <kode rek sendiri 2> 

    Contoh: TRS 1 2 100000

    Transfer ke sesama rekening Mandiri (tanpa berita)

    Format: TRT <kode rek sendiri> <no rek lain> <jumlah>

    Contoh: TRT 1 0700001234567 150000

    Transfer ke sesama rekening Mandiri (dengan berita)

    Format: TRT <kode rek sendiri> <no rek lain> <jumlah>#BERITA max 20 karakter

    Contoh: TRT 1 0700001234567 1000000#UNTUK BELI BAJU

    Transfer antar bank

    Format: TRB <kode rekening> <kode bank tujuan> <nomor rekening tujuan> <jumlah transfer> <no referensi>

    Contoh: TRB 1 022 0950107890000 100000 1234

    Kode bank untuk transfer antar bank

    Format: KODE BANK <search keyword>

    Contoh: KODE BANK PERMATA

    Pembelian isi ulang pulsa – Simpati, Kartu As, Mentari, IM3, XL, Fren, Telkom Flexi, 3Prabayar, Smart Telecom

    Format: ISI <kode rek sendiri> <noHP> <nilai voucher>

    Contoh: ISI 1 08131234567 100000

    Pembayaran tagihan ponsel pascabayar – Xplor, Kartu Halo, Matrix, Telkom Flexi, Fren, 3 Pascabayar, Smart Telecom

    Format: BYR <kode rek sendiri> <noHP/telp>

    Contoh: BYR 1 0817234567

    Pembayaran Telkom

    Format: BYR <kode rek sendiri> <noHP/telp>

    Contoh: BYR 1 0021234567

    Pembayaran PLN (hanya wilayah Jawa dan Batam)

    Format: BYR PLN <kode rek sendiri> <11/12 digit no pelanggan>

    Contoh: BYR PLN 1 234567890123

    Pembayaran Kartu Kredit (Mandiri, Citibank, RBS, ANZ, Stanchart, HSBC, BNI, Permata, Niaga, Danamon, Mega, UOB)

    Format: BYR KK <kode rek sendiri> <16 digit no kartu> <jumlah pembayaran>

    Contoh: BYR KK 1 4137234567890123 1000000

    Itu tadi informasi pendaftaran dan penggunaan SMS Banking Mandiri. Melalui layanan pesan teks ini, Anda hanya perlu mengandalkan pulsa untuk melakukan berbagai transaksi perbankan.

    Sebagai informasi, Bank Mandiri di samping menyediakan layanan simpanan dan pinjaman juga menawarkan layanan proteksi lewat asuransi Mandiri InHealth dan AXA Mandiri dengan beragam manfaat ekstra, seperti:

  • santunan kematian akibat kecelakaan dengan uang pertanggungan (UP) 100 persen,
  • cacat tetap total karena kecelakaan dengan UP 100 persen,
  • manfaat pertanggungan rawat inap di seluruh negara ASEAN,
  • penggantian biaya kamar rawat inap di rumah sakit maksimal 90 hari dalam setahun,
  • polis asuransi dapat diperpanjang hingga nasabah berusia 99 tahun,
  • dan masih banyak lagi.
  • Simak ulasan lain mengenai perbankan hingga finansial di Lifepal!