Biar Karier Makin Moncer, Ini 7 Soft Skill yang Harus Dimiliki Karyawan

soft skill

Dalam bekerja, yang dibutuhkan gak cuma hard skill saja, tetapi juga soft skill. Buat yang belum tahu, soft skill adalah kualitas atau keahlian khusus yang kita miliki dan melekat di dalam diri. 

Keterampilan ini biasanya mencakup seperti sikap, kemampuan pembawaan diri, sampai kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Sangat berbeda dengan hard skill yang bisa dilihat secara langsung, karena hard skill berkaitan dengan hal-hal teknis yang bisa dipelajari dan universal. 

Perbedaan antara keduanya adalah hard skill bisa dipelajari dengan mudah, sementara soft skill sangat sulit untuk dipelajari. Namun bukan berarti tidak bisa ditingkatkan. 

Biasanya, kemampuan yang satu ini bisa dikembangkan lewat sebuah pengalaman di pendidikan, pekerjaan, maupun kehidupan bermasyarakat. Perannya dalam memajukan karier profesionalmu sangatlah besar. 

Berikut ini sikap yang harus dimiliki setiap orang profesional kalau mau kariernya moncer.

1. Soft Skill Pertama, Kecakapan berkomunikasi verbal

Media untuk penyampaian pesan yang efektif adalah lewat ucapan. Oleh karenanya, penting bisa seseorang memiliki kecakapan dalam komunikasi verbal terhadap siapapun, entah itu bawahan, atasan, maupun rekan bisnis. 

Bayangkan saja kalau seorang bos, gak bisa berkomunikasi dengan baik terhadap kliennya. Tentu hal ini sangat berpotensi membuat perusahaan bangkrut atau paling tidak berkembang lambat.

2. Menulis dan membaca 

Zaman serba canggih seperti sekarang ini, komunikasi gak cuma secara verbal saja, tetapi juga secara tertulis. Pesan singkat dan email sudah selayaknya menjadi tempat berbagi informasi dan tempat diskusi yang praktis.

Tapi, kamu juga harus punya kemampuan membaca yang baik, agar kamu bisa menerka maksud dari setiap pesan yang kamu terima. Gak cuma itu, kamu juga dituntut pandai menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan yang dapat dipahami dengan baik.

3. Berpikir kritis 

Soft skill berpikir kritis sangat diperlukan di dunia kerja. Karena, dengan berpikir kritis, kamu tidak mudah terpengaruh omongan orang yang belum tentu benar adanya. Selain itu, berpikir kritis juga membantumu menemukan berbagai macam cara untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.

4. Kemampuan menyelesaikan masalah 

Pikiran kritis membantumu mendapatkan beragam cara yang solutif untuk menyelesaikan masalah. Tapi, kamu butuh nalar dan logika untuk menentukan mana cara yang terbaik.  Orang yang memiliki kemampuan menyelesaikan masalah ini memiliki nalar dan logika yang tajam, meskipun belum tentu semuanya tepat. 

5. Pendengar yang baik 

Semua orang bisa menjadi pendengar, tapi gak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik dan aktif. Pendengar baik itu artinya mengerti apa yang seluruhnya disampaikan oleh si pencerita, serta aktif memberikan respon ketika dimintai pendapat. 

6. Ahli dalam berorganisasi 

Soft skill kemampuan berorganisasi sangat penting dimiliki apabila kamu bekerja di perkantoran. Karena, di sana kamu tidak bekerja sendirian, tapi bekerja sebagai sebuah tim, yang harus kerja sama untuk menyelesaikan tugas. 

7. Manajemen waktu 

Buat yang punya banyak kerjaan, kemampuan memanajemen waktu sangat dibutuhkan. Dengan kemampuan itu, kamu bisa memprioritaskan mana tugas yang harus diselesaikan segera. Artinya, setiap proyek bisa diselesaikan tepat pada waktunya apabila kamu memiliki kemampuan yang satu ini. 

8. Kepemimpinan

Tanpa yang satu ini, sulit tentunya untuk bisa naik level ke jenjang yang lebih tinggi di perusahaanmu. Kepemimpinan itu bisa terlihat lho dari bagaimana cara kamu berinteraksi dengan rekan kerja, dan bagaimana kamu memecahkan masalah yang ada. 

Gak sedikit kok karyawan yang memang jago dalam urusan pekerjaan, tapi gak punya soft skill untuk memimpin. Alhasil, ketika di promosi, pekerjaan mereka malah kocar-kacir. Mereka gak ngerti harus berbuat apa untuk kebaikan si bawahan. Alih-alih bisa menjadi penyemangat dan pemimpin tim yang baik. Mereka justru jadi kelimpungan, dan mulai bersikap gak menyenangkan.

9. Networking

Jangan cuma jago dalam urusan bergaul di internal kantor. Bergaul dengan klien atau calon-calon klien juga hukumnya wajib. Skill ini tentunya harus dimiliki oleh mereka yang bertugas di bidang tenaga pemasaran, penjualan, atau pengembangan bisnis. Tanpa skill yang satu ini, mana mungkin kerjasama antar perusahaan bisa terjadi. 

10. Beradaptasi

Adaptasi dalam segala kondisi adalah kemampuan yang wajib dimiliki karyawan. Karena bukan apa, kita harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi. Bisa jadi, beberapa bulan yang akan datang kamu bakal di promosi dan diberikan tanggung jawab yang lebih besar. Atau bisa juga kamu dimutasi hingga ke luar kota. Tanpa kemampuan beradaptasi yang baik, sulit bagimu untuk bisa bertahan di situasi tertekan.  

Itulah 10 soft skill yang harus kamu miliki agar karirmu bisa melejit. Karena nantinya, di dunia kerja penilaianmu tidak hanya dilihat dari hard skill tetapi juga sikap, sifat, dan peranmu di dalam sebuah tim. Soft skill sangat berperan penting pada karirmu ke depannya. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →