Spesifikasi Hyundai Ioniq yang Jadi Taksi Online Seharga Rp500 Jutaan

tampak depan hyundai ioniq

Jumlah mobil listrik di jalanan Ibu Kota dipastikan akan bertambah. Salah satu penyebabnya karena Grab sebagai penyedia jasa transportasi meluncurkan armada terbarunya, yakni Hyundai Ioniq.

“Setelah meluncurkan EV (electric vehicle-red) Grab Ecosystem Roadmap tahun lalu, kami sangat senang hari ini bisa meluncurkan GrabCar Elektrik Powered by Hyundai yang pertama kali di Indonesia. GrabCar Elektrik merupakan bentuk nyata dari komitmen kami untuk mendukung ekosistem EV di Indonesia yang telah kami sampaikan ketika memperoleh investasi US$ 2 miliar dari SoftBank tahun lalu,” terang Ridzki Kramadibrata yang menjabat President of Grab Indonesia kepada media tanggal 27 Januari 2020, mengutip dari Auto Net Magz.

Perusahaan yang bermarkas di Singapura ini diketahui memang menjalin kerja sama dengan pabrikan asal Korea Selatan, yakni Hyundai, untuk menghadirkan mobil listrik di Indonesia.

Sontak kabar berikut menarik perhatian banyak orang karena terbilang cukup revolusioner. Apalagi melihat tren kendaraan listrik yang makin ke sini makin diminati.

Hyundai Ioniq menjadi produk yang dipilih Grab sebagai kendaraan transportasi online listrik pertamanya. Seperti apa kehebatan dari mobil ini? Yuk kita simak langsung aja spesifikasi dan fitur yang ditawarkannya berikut ini.

Hyundai Ioniq mempunyai kapasitas baterai 38,3 kWh dan bisa melaju hingga 373 Kilometer

tampak samping hyundai ioniq
Bisa tempuh jarak hingga 373 kilometer sekali pengisian. (Shutterstock)

Dari sektor dapur pacu, mobil yang pertama kali diperkenalkan tahun 2016 ini dipasok dengan baterai lithium ion polymer sebesar 38,3 kWh yang bisa menggeber kendaraan hingga 373 kilometer setelah sekali pengisian. Untuk durasi pengisian baterai dari 0 hingga 100 persen memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam.

Dengan jarak yang lumayan jauh tersebut kamu cukup mengisi baterai sekali aja dalam seminggu jika rata-rata jarak dari rumah menuju kantor sekitar 25 kilometer. Namun tentunya angka segitu bisa dicapai jika gaya berkendara kamu gak agresif dan jarang ngebut lho ya.

Performa baterai Hyundai Ioniq bisa sentuh 165 kilometer per jam

Untuk urusan performa, mobil yang satu ini bukan dibuat untuk kebut-kebutan di jalan. Kecepatan maksimal yang bisa ditempuh mencapai 165 kilometer per jam. Sementara itu, akselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam bisa diraih dalam waktu 9,9 detik aja.

Hal itu karena Hyundai Ioniq memiliki kekuatan sebesar 118 tenaga kuda yang disalurkan dari baterai bertegangan 360 Volt.

Perangkat safety Hyundai Ioniq merupakan salah satu yang terbaik di ASEAN

Kurang afdol kayaknya kalau ngomongin mobil listrik tanpa mengetahui perangkat keamanan yang dimilikinya. Hyundai Ioniq mempunyai berbagai macam fitur seperti Electronic Stability Control (ESC), Seat Belt Reminder System (SBR), Autonomous Emergency Braking (AEB), Vulnerable Road Users technologies, Lane Departure Warning (LDW), Forward Collision Warning (FCW) Systems, Lane Keep Assist (LKA) dan Blind Spot Technology (BST).

Jadi, pantes aja kalau produk ini mendapatkan rating keselamatan bintang lima dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP), sebuah simulasi tes kecelakaan untuk mobil yang baru akan dikomersialkan.

Desain Hyundai Ioniq terbilang cukup elegan dan dinamis

tampak belakang hyundai ioniq
Punya desain yang elegan. (Shutterstock)

Meskipun bermesin listrik, tapi desain yang diusung oleh Hyundai tetap kece. Itu bisa dilihat dari lekukan bodi yang elegan dan dinamis dari depan hingga bagian belakang. Begitupun dengan interiornya yang terlihat lumayan mewah.

Untuk lampu belakangnya sendiri sekilas terlihat seperti Toyota Prius yang mengusung teknologi Hybrid.

Berapa harga Hyundai Ioniq?

Buat kamu yang udah tergiur sama spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, mobil ini dijual dengan harga sekitar Rp 569 jutaan Off The Road. Sementara itu, untuk harga On The Road ditaksir sekitar Rp 2 jutaan lebih mahal.

Harga segitu terbilang cukup terjangkau untuk golongan mobil listrik di Tanah Air. Apalagi mengetahui banyak keuntungan yang bakal didapatkan dibandingkan mobil berbahan bakar bensin.

Nah itulah sedikit ulasan tentang Hyundai Ioniq yang menggunakan mesin elektrik. Jika kamu punya uang sebanyak itu, kira-kira bersedia gak membelinya? Atau memilih untuk menginvestasikannya ke produk lain? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →